Yuk, Mengenal Istilah Literasi dan Manfaatnya

Mengenal istilah literasi dan manfaatnya

Daftar Isi

Entah kapan pertama kalinya saya mendengar dan mengenal istilah literasi. Sepertinya dalam 5 tahun terakhir, istilah literasi semakin sering terdengar dan digunakan. Yuk, mengenal istilah literasi dan manfaatnya

Mengenal Istilah Literasi

Mari lihat arti literasi dari KBBI daring, sebagai berikut:

Literasi adalah: 

  1. Kemampuan menulis dan membaca
  2. Pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu 
  3. Kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup. 

Kalau diartikan secara bebas dan sederhana. Yang dimaksud dengan istilah literasi adalah pengetahuan atau kemampuan yang dimiliki seseorang. Atau pemahaman atas sesuatu hal. Silakan, bebas saja mau menggunakan arti yang mana. 

Dari pengertian literasi di atas. Menurut saya jelas dalam literasi tidak hanya soal membaca dan menulis. Walau pada awalnya, literasi hanya soal membaca dan menulis. Namun semakin ke sini, literasi diartikan dan digunakan dengan luas.

Di mana titik fokus literasi ada pada keterampilan seseorang. Pada berbagai bidang dan ilmu pengetahuan. Baik membaca, menulis, mendengar, dan berbicara. Kesemuanya berguna untuk bertahan hidup. 

Ketika ada seseorang sudah memiliki literasi dalam bidang tertentu. Diharapkan orang tersebut akan terampil dan dapat menggunakannya. Di dalam kehidupannya, sehingga dapat mandiri. Namun sebelumnya, seseorang haruslah memiliki literasi dasar. 

Literasi Dasar

Siapa pun kita, dengan usia berapa pun. Anda dan saya harus memiliki literasi dasar. Bila sudah terpenuhi semua, maka bisa ditambah. Dengan literasi lainnya, sesuai dengan perkembangan zaman. Menurut Kemdikbud, ada 6 literasi dasar. Harus dimiliki oleh setiap orang, yakni:

Literasi dasar

Literasi Baca Tulis

Kecakapan untuk memahami isi teks tertulis. Baik yang tersirat maupun tersurat. Untuk mengembangkan pengetahuan dan potensi diri.

Baca dan tulis adalah kemampuan yang benar-benar mendasar. Harus dimiliki seseorang zaman sekarang. Baca dan tulis didapatkan ketika di sekolah dasar. Akan terus ditingkatkan di jenjang pendidikan berikutnya.

Literasi Numerasi

Kecakapan untuk menggunakan berbagai macam angka dan simbol. Yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis. Dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari

Literasi Sains

Kecakapan untuk memahami fenomena alam dan sosial di sekitar kita. Serta mengambil keputusan yang tepat secara ilmiah. 

Berguna ketika berada di alam dan kehidupan sosial. Sehingga dapat memberikan manfaat bagi lingkungan. Serta menghindari keburukan yang mungkin terjadi. 

Literasi Digital

Kecakapan untuk menggunakan media digital. Dengan beretika dan bertanggung jawab. Untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi.

Literasi digital saat ini memang paling penting untuk dimiliki. Baik oleh orang tua apalagi anak. Supaya orang tua bijak memperkenalkan teknologi digital kepada anak. Yang dimaksud di sini adalah penggunaan ponsel dan internet.

Literasi Finansial

Kecakapan untuk mengaplikasikan pemahaman. Tentang konsep, resiko, ketrampilan, dan motivasi dalam konteks finansial.

Literasi finansial menjadi penting. Mengajarkan kepada seseorang mulai dari. Cara mendapatkan penghasilan, menggunakan, dan mengatur uang. 

Literasi Budaya dan Kewargaan

Kecakapan dalam memahami dan bersikap terhadap kebudayaan Indonesia. Sebagai identitas bangsa, serta memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara. 

Diharapkan keenam literasi dasar tersebut sudah tuntas. Didapatkan oleh seseorang di jenjang sekolah dasar. Namanya juga literasi dasar pastinya hanya sekedar pengenalan. Contohnya membaca, anak hanya sekedar dapat mengeja huruf hingga dibaca.

Begitu pula dengan menulis hanya sekedar menuliskan susunan huruf. Disesuaikan dengan usia saat menerima literasi dasar.

Akan dilanjutkan ketika berada di jenjang yang lebih tinggi. Hingga akhirnya paham dan menguasai. Butuh waktu, setidaknya hingga 12 tahun. Dari SD sampai dengan SMA. Supaya  dapat diaplikasikan dalam kehidupannya. 

Jenis Literasi Lainnya

Selain dari literasi dasar yang wajib dimiliki. Tentu saja akan ada literasi lainnya yang patut dikuasai. Ini akan tergantung dari minat seseorang. Maka akan beda-beda pilihan literasinya. Berikut adalah jenis literasi lainnya. Yang dapat dijadikan pilihan untuk dikuasai oleh seseorang. Terutama oleh generasi emas, yaitu:

  1. Literasi Perpustakaan

Kemampuan untuk memahami cara menggunakan katalog dan indeks. Ini penting saat melakukan penelitian. Serta saat membuat tulisan atau laporan dari penelitiannya

  1. Literasi Media

Kemampuan mengetahui dan memahami berbagai bentuk media. Antara lain media elektronik, dan cetak. Serta bagaimana cara penggunaan setiap media. Karena masing-masing media memiliki lingkungan yang berbeda.

  1. Literasi Teknologi

Kemampuan untuk mengetahui dan memahami hal yang berhubungan dengan teknologi. Mulai dari cara hingga etika menggunakannya. Literasi ini akan berjalan beriringan dan saling melengkapi. Dengan literasi dasar yang harus dimiliki, yaitu literasi digital

  1. Literasi Visual

Kemampuan dalam menginterpretasikan dan memberi makna. Dari informasi yang berbentuk gambar atau visual.

Literasi lainnya

Siapa yang Butuh Literasi

Semua orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, membutuhkan literasi. Karena, literasi berhubungan dengan ilmu. Sementara menuntut ilmu, seperti diketahui bersama. Dilakukan sepanjang hayat dikandung badan. Baik dilakukan secara berbayar dan formal. Maupun yang gratis dan informal. 

Akan menjadi aneh di zaman sekarang. Kalau masih ada orang yang mengaku tidak bisa mendapatkan akses kepada sebuah literasi. Apalagi di kota-kota besar, yang memiliki infrastruktur lebih baik. Dengan kehadiran jaringan internet, seharusnya literasi akan sangat mudah didapat.

Tinggal pilihan masing-masing, kehadiran teknologi digital. Dimanfaatkan dengan baik atau hanya sekedar menghabiskan waktu. Bijaklah dalam menggunakan teknologi digital.

Manfaat Literasi

Manfaat inti dari memiliki literasi adalah supaya mandiri. Bisa bertahan hidup dan mau berbagi. Yuk kita bedah satu-satu ya:

  1. Mandiri 

Seseorang yang memiliki literasi. Menandakan orang tersebut memiliki kemandirian. Tidak tergantung bantuan dari orang lain

  1. Bertahan Hidup

Dengan keterampilan dan kemampuannya, seseorang dapat lebih menggali potensi dirinya. Sehingga dapat digunakan oleh dirinya untuk bertahan hidup. Dalam kondisi apapun dan di manapun. Tidak mudah patah dan putus asa

  1. Mau Berbagi

Setelah seseorang mengenal literasi dan manfaatnya. Pada gilirannya bersedia berbagi ilmunya kepada orang lain. Sehingga semua orang dapat terliterasi dengan baik. 

Setelah anda mengetahui apa yang dimaksud literasi dan manfaatnya. Ada baiknya, para orang tua dan juga pihak sekolah. Mempersiapkan sejak awal program literasi yang akan dilakukan. Nantikan postingan selanjutnya, cara membuat program literasi.

Referensi:

https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/yuk-mengenal-6-literasi-dasar-yang-harus-kita-ketahui-dan-miliki

https://sevima.com/pengertian-literasi-menurut-para-ahli-tujuan-manfaat-jenis-dan-prinsip.

blog catcilku

Terima kasih sudah membaca postingan di blog catcilku.com. Semoga dapat memberi pencerahan dan bermanfaat buat Anda.

28 Tanggapan

  1. Istilah literasi memang lagi naik daun banget ya ka. Saya pribadi semakin sering bertemu kata literasi ketika anak otw masuk SD. Saat ini berbagai keterampilan harus kita miliki di tengah kondisi jaman yang semakin menantang, salah satunya literasi finansial alias keterampilan mengatur uang.

    1. Ah iya batu ingat, anak SD saja sekarang udah dikenalkan dengan istilah atau bahasa kekinian ya
      Seperti literasi ini
      Literasi baca itu jadi program unggulan di sekolah anak saya
      Meski anak saya sepertinya malah malas baca. Halah…

  2. Saya juga dulunya tidak paham apa itu literasi. Dan saya kira literasi hanya seputar baca tulis. Padahal literasi itu beragam. Dan khusus untuk anak-anak, literasi itu dikenalkan lewat cerita anak.

  3. Wah banyak juga ya ternyata cakupan literasi ini.
    Saya awalnya hanya tahu beberapa, literasi finansial, literasi baca, sama literasi digital
    Hehe…
    Dan saya merasa miri dengan tingkah literasi baca masyarakat kita yang begitu rendah

  4. Pendidikan literasi adalah hal yang penting
    Tak heran sekarang ini pendidikan di Indonesia juga di fokuskan pada literasi dan numerasi
    Dan literasi sendiri emang banyak jenisnya

  5. Wah ternyata banyak sekali ya kak jenis literasi ini, saya taunya baru yang literasi baca dan tulis, literasi digital, literasi keuangan, tapi setelah baca pengertian dari literasi itu sendiri, memang banyak ya cakupan literasi ini.

  6. Terkadang orang tuh membaca aja udah males ya mbak. Kalau enggan membaca (melalui media apapun itu), lalu yang mau diimplementasikan dalam hidup apa coba. PR banget nih bagi kita semua untuk meningkatkan literasi masyarakat dalam berbagai hal.

  7. Ternyata yang namanya literasi itu ada banyak jenisnya ya. Memang literasi itu sangat penting ya agar kita dapat hidup dengan mandiri. Kebayang kalau hidup minim literasi, pasti akan kesulitan di mana mendatang.

  8. cakupan literasi memang luas begini ya. jadi peer banget bagi sekolah dan orang tua untuk membelajarkan anak, kalau literasi buka hanya membaca aja.

  9. Pentingnya memiliki kemampuan literasi dasar yang akan dipergunakan juga dalam kehidupan sehari-hari, tapi perlu ditambah juga dengan literasi lanjutan supaya tetap terupdate ilmunya. Gak pelru malu untuk terus update ilmu termasuk dalam hal literasi supaay bisa bertahan hidup

  10. Kalau sekarang lagi happening literasi digital ya. Cakupan literasi emang luas gak hanya perihal baca dan tulis aja. Makin semangat nih para orangtua mempersiapkan sejak awal program literasi juga buat anak2

  11. Literasi tak hanya sastra dan baca-tulis yaa ternyata. Tapi juga ada literasi keuangan, sains, dll. Meski gak semuanya menguasai minimal tahu lah artinya dan paham dikit2 jadi kalo diajak ngobrol orang lain gak nge-blank.

  12. Aku sering dengar literasi ini beberapa tahun terakhir. Literasi dasar, alhamdulillah bisa meski ya dalam banyak hal masih kurang. Seperti keuangan atau budaya dan kewarganegaraan. Soalnya kadang gemas dengan negara sendiri yang aswkanajjbxhvjs

  13. Ada banyak macam literasi yng tanpa kita sadari sebenarnya sudah ada yang dilakukan ya. Tingg bagaimana menerapkan secara rutin literasi ini secara berkesinambungan

  14. Literasi ini memang banyak macamnya, khususnya memang sekarang ini anak yang akan masuk sekolah harus dipersiapkan dulu. Terutama untuk literasi baca dan tulis, agar anak sudah mengenal lebih dulu sambil ia belajar di sekolah. Orang tua juga harus terus belajar untuk dapat meliterasi anak-anak atau dirinya sendiri.

  15. keren banget ulasannya. nambah ilmu molly nih tentang literasi. Sebagai pegiat literasi, tentunya mesti bangga dong.

  16. Literasi visual ini berarti kemampuan untuk menyampaikan informasi seperti model infografis gitu bukan sih kak? Aku baru tahu kalau budaya dan kewarganegaraan termasuk dalam literasi basic.

  17. Wah ternyata ada juga literasi visual ya, anak anak wajib ini mengerti karena sering apa yang mereka lihat dipraktekkan tanpa tau maksud dan tujuannya

  18. Ada banyak sekali literasi yang harus dikuasai yaa..
    Aku pikir, literasi hanya sebatas hal-hal yang berkaitan dengan membaca buku. Huhuhu.. kayanya aku lemah sama literasi numerasi. Kaya uda sadar diri duluan.. tapi semangat banget baca tulisan ka Titi mengenai literasi ini.
    Aku lanjut baca-baca artikel lainnya yaah.. Nuhuun~

  19. Ah iya, literasi itu emang luas banget ya mbak
    Bukan sekadar baca tulis saja ya
    Dan sekarang, literasi adalah indikator penting dalam pendidikan

  20. Baru tahu akau kalau literasi itu banyak macamnya kupikir awalnya hanya baca dan tulis lho mba…

    Dan Manfaat inti dari memiliki literasi supaya mandiri. Bisa bertahan hidup dan mau berbagi… Setuju sih kedepannya kalau kita paham literasi bermanfaat banget

  21. Penting banget nih literasi adalah tingkat pemahaman terhadap sesuatu. Percuma punya uang banyak, bisa ngitung uang, tapi masih terjerat pinjol. Artinya literasi keuangannya masih rendah. Percuma cepat baca buku, sering menulis, tapi ga bisa memahami sebuah utas yang sedang viral misalnya. Dan literasi ini dibangun sejak dini lho. Ada peran orangtua juga

  22. ternyata kalau dikulik lebih dalam lagi, literasi itu banyak banget ya jenisnya, apalagi manfaatnya ya begitu banyak sampai literasi gak boleh disepelekan lho ini.

  23. Selama ini kita menangkap literasi itu lebih ke membaca informasi yg ada di depan kita, ternyata cakupan literasi itu luas ya. Makasih infonya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

catcilku.com

Hai selamat datang di blog catcilku. Blog ini adalah catatan kecilku untuk saling berbagi macam-macam cerita dan cita. Semoga bermanfaat

- Titi Bdy -

PROGRAM
Peserta BRT Network Growth Organic Periode April - Agustus 2024
KOMUNITAS

Copyright ©dinti 2024 | All Rights Reserved