Ini Semangkaku Mana Semangkamu?

Ini semangkaku mana semangkamu

Ini semangkaku mana semangkamu?

Akhir-akhir ini buah merah yang manis dan banyak manfaat ini sedang naik daun. Tepatnya pada hari Rabu kemarin. Saya kebetulan melihat ada status dari salah satu gurunya anak bergambar sepotong buah semangka. Iya, buah merah yang manis tersebut ramai di media sosial. Tentu saja tidak secara tiba-tiba buah semangka itu menjadi perbincangan. Sebab saya yakin sudah banyak yang mengetahui manfaat dari buah semangka. Tidak mungkin pula begitu banyaknya orang yang membuat status menggunakan gambar semangka di media sosial tanpa sebab. Pasti ada sesuatu dibalik viralnya gambar buah manis berwarna merah tersebut. Pasti anda sudah tahu dong dengan buah semangka ini. Buah ini memiliki banyak kandungan dan banyak manfaatnya bagi tubuh manusia loh.

Manfaat dari Buah Semangka

Siapa tahu ada dari anda yang belum tahu tentang buah semangka. Berikut saya tuliskan beberapa manfaat dari buah semangka yang saya rangkum dari berbagai sumber. Buah semangka adalah buah yang pernah dimakan oleh Rasulullah bersamaan dengan kurma. Bahkan Beliau bersabda “Panas buah ini (kurma) akan dinetralisir oleh undur dingin di buah ini (semangka).” Buah manis ini memiliki nama latin citrullus lanatus, berasal dari gurun Afrika bagian selatan. 

Semangka mengandung berbagai macam vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan asam folat, serta mineral seperti kalium dan magnesium. Selain itu juga memiliki kandungan air yang tinggi (92%), karbohidrat (7%), protein (1%), lemak (0,2%), dan serat (0,4%). Semangka juga memiliki manfaat bagi orang yang mengkonsumsinya, yaitu: 

  1. Membantu tubuh tetap terhidrasi
  2. Mengurangi peradangan
  3. Membantu kesehatan kulit
  4. Anti kanker
  5. Meningkatkan kesehatan jantung
  6. Baik untuk mata
  7. Lindungi sendi
  8. Membantu mengurangi kram

Dengan banyaknya kandungan bermanfaat, pantas saja kalau buah semangka ini pernah disebutkan oleh Nabi SAW. yang mulia. 

Penasaran dengan banyaknya orang yang dalam 2 hari terakhir ini meramaikan statusnya di media perpesanan. Dengan menggunakan gambar potongan semangka yang berdaging merah, bukan yang berwarna kuning. Saya pun mencoba mencari infonya, sebenarnya apa yang sedang terjadi. Ternyata semangka saat ini dipakai oleh masyarakat di seluruh dunia. Tidak hanya di media perpesanan melainkan di semua media sosial yang memungkinkan untuk dipakai. Sebagai simbol perlawanan dan pembelaan terhadap negara dan rakyat Palestina yang terjajah #sliceofresistance. 

Simbol Perlawanan

Perlawanan yang dilakukan oleh rakyat Palestina, tidak hanya dilakukan akhir-akhir ini saja. Melainkan sudah sejak tahun 1967. Di mana mereka mulai merasakan tidak enaknya kondisi terjajah, yang dilakukan oleh zionis israel. Perlawanan yang kalau dilihat secara kasat mata sungguh tidak seimbang. Rakyat Palestina hanya menggunakan peralatan seadanya, sementara israel mengerahkan segala kecanggihan yang dimiliki. Namun tidak menyurutkan semangat mereka untuk terus berjuang. Mempertahankan tanah airnya dan masjid yang menjadi warisan bagi umat muslim di seluruh dunia. Yaitu masjid Al-Aqso yang menjadi kiblat pertama bagi umat muslim. Yang harus dilindungi dari tangan-tangan kotor kafir si penjajah israel.

Berbagai perlawanan sudah dilakukan baik oleh pejuang Hamas maupun oleh rakyat sipil Palestina. Baik orang dewasa maupun anak-anak, tanpa mengenal lelah dan takut. Walau nyawa sebagai taruhannya. Batu, ketapel, dan pena sudah menjadi senjata untuk melawan penjajah di negerinya. Walau hingga saat ini Allah SWT. belum juga memberikan keputusannya untuk memenangkan rakyat Palestina. Namun sebagai muslim tentu saja harus selalu ingat dan percaya bahwa pertolongan Allah SWT, itu sangat dekat dan pasti.

Semangka sebagai Simbol Perlawanan

Buah semangka yang tumbuh di sepanjang wilayah negara Palestina dari Jenin hingga Gaza. Dibuat sebagai simbol perlawanan ternyata sudah ada sejak tahun 1967. Di mana zionis israel mulai merampasi rumah dan mencaplok tanah-tanah milik warga Palestina. Saat itu pengibaran bendera Palestina di tempat umum pun mulai dilarang bahkan dianggap sebagai pelanggaran pidana. Karenanya untuk menyiasati hal tersebut maka rakyat Palestina menggunakan simbol buah semangka. Di mana warna dari buah tersebut mewakili warna dari bendera Palestina, yaitu hijau, merah, putih, dan hitam. 

Mari tengok warna bendera Palestina dan semangka. Warna hijau diwakili oleh kulit, merah diwakili daging, putih diwakili oleh lapisan setelah kulitnya, dan warna hitam diwakili oleh biji yang dimiliki oleh semangka. Sungguh apa-apa yang ada dan terjadi di dunia bukanlah sebuah kebetulan semata. Tapi sudah ada yang menciptakan bahkan sudah kering tertulis di kitab lauh mahfudz. Termasuk kejadian buah semangka yang menjadi simbol perlawanan bangsa Palestina terhadap penjajah israel.

Pelarangan terhadap pengibaran bendera Palestina pun akhirnya berakhir di tahun 1993 bersamaan dengan dibuatnya perjanjian Oslo. Baru di tahun 2007 setelah intifada kedua, buah semangka diakui penggunaannya sebagai simbol perlawanan terhadap penjajah. Setelah seorang seniman bernama Khaled Hourani membuat kisah semangka “The story of the watermelon” pada sebuah buku berjudul Subjective Atlas of Palestine. Pada tahun 2013 pun Khaled membuat satu karya seni berjudul “Warna bendera Palestina” yang membuat banyak orang melihatnya. Maka menjadi terkenallah simbol semangka sebagai simbol perlawanan. 

Entah karena bacanya kurang banyak atau kurang gaul. Saya kok belum pernah mengetahui tentang simbol semangka perlawanan ini. Karenanya dengan membuat tulisan ini semangkaku mana semangkamu? Saya berharap bisa ikut membantu menyebarkan tentang perlawanan dan perjuangan Palestina. Khususnya yang menggunakan buah semangka sebagai simbol. Sehingga anda yang membacanya tahu dan tidak ketinggalan berita seperti saya. Syukur-syukur kalau anda pun bersedia menyebarkannya lagi kepada yang lain. Sehingga dukungan terhadap perjuangan bangsa Palestina mengusir penjajah menjadi semakin luas. 

Aksi Damai Indonesia Bela Palestina

Bicara dukungan, maka saya akan ikut menyebarkan ajakan aksi akbar bela Palestina. Biar semakin banyak yang hadir dalam aksi tersebut. Betul sekali, aksi bela palestina yang akan datang diselenggarakan pada hari Ahad tanggal 5 Novermber 2023. Bertempat di Monas dan akan dimulai dari pukul 06.00 sampai dengan 10.00 pagi. Seperti yang sebelumnya sudah dilakukan pada tanggal 28 Oktober 2023 yang lalu. Anda bisa baca di postingan berjudul tidak usah menjadi muslim untuk membela Palestina, cukup menjadi manusia.

Aksi bela Palestina kali ini di inisiasi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Mengajak seluruh rakyat dan bangsa Indonesia lintas agama, suku, dan ras untuk hadir. Anda bisa ikut serta dalam aksi damai Indonesia bela Palestina ini sebagai bentuk dukungan. Terkhusus bagi anda yang muslim, tentu saja dengan ikut aksi sebagai bentuk keberpihakan kita, Dalam membela sesama muslim yang tersakiti dan terzalimi. Iya, kita harus menunjukkan keberpihakan seperti kisah dari semut Ibrahim dengan setetes air yang dibawanya. Semut tersebut telah memposisikan dirinya ada di pihak yang benar (Haq) yaitu membela Nabi Ibrahim.

Mari bersama kita tunjukkan kepada rakyat Palestina. Bahwa kita saudaranya di Indonesia memberikan dukungan dan doa untuk perjuangan mereka melawan penjajah. Sesuai dengan UUD 1945, bahwa segala penjajahan di muka bumi harus dihapuskan. Karena bertentangan dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan.

Ayo bantu ramaikan dan sebarkan, mari posisikan diri seperti semut Ibrahim. 

Terima kasih telah membaca postingan ini, semoga bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar dan bantu share ya, terima kasih 😊.  |  -Titi Bdy-

50 Responses

  1. Kita bisa melakukan apa pun semampu kita sebagai bentuk dukungan terhadap apa yang dirasakan saudara-saudara kita di Palestine. Dengan menyebarkan informasi tentang Palestina, Aksi damai, bahkan sampai tren berbagi gambar semangka sebagai simbol perlawanan

      1. BTW ada yang bilang, sebaiknya bendera Palestina jangan diganti simbol buah semangka. Tetap pasang bendetanya saja. Jadi sebaiknya gimana, dong?

        BTW kalau untuk buah semangka dlm aryi an dich buah, aku gak berani banyak2 mengonsumsinya walaupun suka. Karena tensiku cenderung rendah, malah kebalikan sama kebanyakan orang. Begitu pula klo makan mentimun atau melon.

        1. Iya, kalau saya sendiri lebih suka pakai bendera Palestinanya langsung mbak.

          Loh ngaruh ya untuk tensi yang rendah? Coba dicampur dengan kurma mbak. Semoga sehat selalu ya mbak 😊

    1. Buah paling segar dikonsumsi saat cuaca panas begini, dan Alhamdulillah lagi musim jadi gampang buat dapetinnya.

      Btw untuk simbol dukungan terhadap Palestina sah aja, yang penting dukungan kita tulus ikhlas mau dalam bentuk apapun

  2. Di sekolah anakku bulan lalu juga ada acara solidaritas Palestina, bekerja sama dengan Alquds Volunteer, ada doa bersama dan penggalangan dana. Alhamdulillah sehari bisa terkumpul 43 juta dan sudah dijadikan bantuan bersama donatur lainnya dalam bentuk Paket Sembako di daerah Jabaliya. Semoga bantuan, dukungan, doa kita semua bisa meringankan saudara-saudara kita di sana.

  3. Semangka.
    Luarnya hijau dalamnya merah.
    Hijau lambang relijius.
    Merah lambang sosialis dan komunis.
    Apakah seorang relijius selalu bersifat radikal seperti gerakan komunis?

  4. Semangka salah satu buah terfavorit aku, Kak, apalagi kalau dimakan dalam keadaan buah dingin, dari kulkas. Nikmat sekali. Hihihi. Ngomongin semangka yang viral sebagai simbol perlawan, aku tetap menilainya positif. 🙂

    1. Iya, apapun akan dilakukan oleh bangsa yang terjajah untuk melakukan perlawanan. Seperti dulu bangsa Indonesia, bambu runcing sebagai simbol dan memang digunakan sebagai alat perlawanan kepada penjajah. Hingga akhirnya mendapatkan kemerdekaan

  5. Buah yang banyak manfaatnya ini ternyata memiliki arti yang mendalam bagi rakyat Palestina. Mari kita doakan kemerdekaan untuk Palestine dari penjajahan Israel.

  6. Semangka sebagai simbol perlawanan itu banyak dipakai di media sosial untuk menghindari banned juga sih. Akun medsos beberapa teman sudah kena banned (sementara dan permanen) karena memakai bendera dan menyebut nama negaranya.

  7. Terima kasih ya mba sudah aktif menyuarakan perjuangan ini. Semoga kita semua gak akan bosan dan gentar turut memberi dukungan meski dari jarak jauh.
    Saya juga baru tahu kalau semangka ini memang simbol perlawanan, kirain hanya untuk menghindari banned, thanks sharingnya mba.

  8. Semangka ini buah yang paling enak dimakan saat panas-panas. Apalagi baru keluar dari lemari pendingin. Semoga semangat semangka membuat semua manusia di dunia berkepala dingin dan mulai bersuara untuk ketidak adilan yang terjadi

  9. Semangka tuh buah yang selalu ada saat panas2 kemarin, rasanya enak dan seger banget kalau sudah memakannya. Dan menjadikan semangka sebagai simbol perlawanan menurut aku perlu didukung. Apapun bentuk dukungannya akan selalu baik drpd tidak melakukan apa2

  10. Buah yang lagi ngehits banget belakangan ini. Pas dimakan di siang hari yang panas, menyegarkan. Jujur saja, saat mulai viral di beranda medsos, aku awalnya gak ngerti ada apa. Ternyata itu adalah simbol perlawanan ya. Baru tahu deh

  11. Di media sosial saya juga mbak, banyak bertebaran simbol buah semangka. Suka banget dengan semangatnya untuk turut membela Palestina, meski dilakukan dari Indonesia. Semangat terus mbak

  12. Sayangnya kita hanya bisa mendoakan dan support saudara kita dari jauh. Semoga perjuangan mereka tidak sia-sia dan bisa segera merdeka seperti Indonesia

  13. Wuah jadi pengen makan semangka. Sangat suka buah ini kaerena segar apalagi ketika diminum dalam keadaan baru keluar dari kulkas.
    Ini buah yang sempat jadi perdebatan nitijen tentang sebaiknya pakai simbol atau gak usha. Kalau menurutku pribadi gak usah diperdebatkan toh yang dibela negara yang sama.

  14. Buah semangka salah satu buah yang sering saya konsumsi terutama ketika balik kampung karena selain banyak manfaat semangka juga dapat berbagi sesama keluarga

  15. Salah satu cara untuk membela Palestina ya ini dengan tetap aktif menyuarakan perlawanan di sosial media dan berdoa untuk mereka. Semoga Palestina segera merdeka dan anak-anak bisa kembali sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Catcilku

Hai selamat datang di blog catcilku. Blog ini adalah catatan kecilku untuk saling berbagi macam-macam cerita dan cita. Semoga bermanfaat.

-Titi Bdy-

Yang Menarik
Baca Juga yang Ini
Komunitas
Site Map

Copyright ©dinti 2022 | All Rights Reserved