Yang Dirasakan Saat Menjalani Kehamilan

Hamil atau mengandung akan menjadi sebuah pengalaman tak terlupakan bagi setiap wanita. Setiap kehamilan pun pasti akan berbeda rasanya. Jelasnya ada keunikan tersendiri di setiap kehamilan.

Tidak akan pernah ada kehamilan yang benar-benar sama. Bahkan pada kehamilan dalam rahim yang sama. Jadi berusaha menikmati setiap kejadian yang timbul dalam diri karena kehamilan adalah hal yang terbaik. Tidak ada orang yang akan mengatakan, menjalani kehamilan itu mudah. Tapi bukan berarti dengan kehamilan lantas membatasi diri terhadap segala aktivitas. Pada akhirnya setiap wanita akan menikmati setiap kehamilannya.

Mungkin yang belum pernah merasakan hamil, akan bertanya-tanya. Dulu saat masih sendiri belum menikah pun, pernah terlintas pertanyaan itu pada saya. Apa yang dirasakan saat menjalani kehamilan? Saya akan mewakili jawaban yang mungkin akan diberikan oleh para wanita yang telah merasakan hamil. Rasanya adalah Sangat Luar Biasa!

Sangat luar biasa.  Adalah sebuah kalimat yang pendek namun sarat akan makna di dalamnya. Masing-masing orang akan berbeda memaknainya.  Dimulai dari awal, yaitu menanti datangnya kehamilan. Harap-harap cemas pasti akan dirasakan oleh pasangan pengantin baru. Menanti apakah akan diberikan kesempatan untuk mengemban amanah berupa anak dari Yang Maha Kuasa. Setiap manusia tidak akan pernah mengetahui apakah kesempatan itu akan datang atau tidak.

Setelah ada kepastian kabar gembira kehamilan diterima. Maka selanjutnya adalah menjalani masa kehamilan selama 9 bulan lamanya, bagi seorang wanita. Dimulai dari awal kehamilan, bulan pertama hingga bulan kesembilan. Pasti ada saja yang akan dialami oleh wanita hamil. Ada beberapa wanita mengalami masa ngidam dan juga perubahan kondisi. Seperti muntah-muntah, pusing, dan lemah dan lemas. Bahkan tidak jarang pasangan (suami) nya juga akan mengalaminya. Tidak terbayang juga kalau ada kaum pria yang mengalami rasanya menjalani kehamilan. Karena akan sangat berat dan kepayahan dalam menjalaninya.

Yang Dirasakan Saat Menjalani Kehamilan

Di atas sempat saya tuliskan kalau dalam menjalani kehamilan pasti akan luar biasa rasanya. Tidak akan ada yang sama apa-apa yang akan dirasakan. Tapi kemiripan bisa saja terjadi, sehingga dari beberapa pengalaman bisa diambil pelajarannya. Buat anda yang sedang merencanakan kehamilan atau sekedar ingin mengetahui apa saja yang akan dirasakan saat menjalani kehamilan. Anda dapat melanjutkan membaca postingan ini, karena saya akan menuliskan pengalaman pribadi yang dirasakan saat menjalani kehamilan. Baik dari kehamilan pertama hingga kehamilan ketiga yang sedang saya alami sekarang ini.

  1. Seluruh punggung terasa pegal dan sakit. Pada kehamilan pertama saya mengalami rasa ini. Tepatnya setiap malam hingga pagi hari, yang dimulai dari bulan kelima kalau saya tidak salah. Ingin sekali dipijat seluruh badan, tapi pijatkan tidak memungkinkan dilakukan. Jadi saya minta suami untuk mengelus-elus punggung dan rasanya sudah seperti dipijat. Padahal elus-elusnya pelan, mungkin karena rasa pegal dan sakit yang sangat. Untuk mengurangi rasa sakitnya pernah saya menempelkan satu bungkus koyo isi 12 lembar dan saya tidak merasakan kepanasan akibat tempelan koyo-koyo tersebut
  2. Pantat yang pegal dan sakit. Kali ini pantat yang merasakan pegal dan sakit saat harus digerakkan. Rasa pegal dan sakit ini saya rasakan pada kehamilan anak kedua. Ya, berbeda dengan kehamilan pertama. Waktu menyerang rasa sakitnya saja yang sama, yaitu pada waktu malam hari. Biasanya rasa sakit akan mulai muncul setelah maghrib sampai dengan pagi hari setelah subuh. Adakalanya juga sih serangan pegal dan sakit di pantat sewaktu-waktu di saat pagi, siang atau sore hari saat beraktivitas
  3. Kram di betis. Terjadi pada kehamilan anak kedua setiap pagi sesaat akan bangun dari tidur, betis mengalami kram. Sayang saya lupa dimulai sejak kehamilan bulan ke berapa saya merasakan serangan kram ini. Yang jelas kram ini berlangsung hingga jelang kelahiran anak. Tidak ada yang bisa saya lakukan saat itu selain menahan sakit selama beberapa menit hingga serangan kram hilang dengan sendirinya
  4. Gatal-gatal. Menyerang di beberapa bagian badan tertentu, seperti lengan. Ini terjadi di saat kehamilan anak ketiga. Sampai takut sendiri melihat bekas garukan yang saya lakukan, karena meninggalkan bekas lecet-lecet luka. Alhamdulillah dalam waktu sebentar lukanya kering dan tidak meninggalkan bekas hitam yang sempat saya khawatirkan
  5. Sakit dibagian kewanitaan dan sekitarnya. Dari kehamilan pertama dan kedua masih belum ada apa-apanya. Memasuki bulan ke 4 kehamilan, tepatnya di bulan November yang lalu. Sakit di bagian kewanitaan dan sekitarnya menyerang. Baru enakan dan hilang setelah memasuki bulan ketujuh, pada bulan Maret ini. Tanpa sebab apa-apa, di malam hari sakit sekali. Sekedar untuk miring ke kanan atau ke kiri sakit. Apalagi untuk dibawa berjalan melakukan aktivitas sakitnya luar biasa. Bila ingin berjalan setelah duduk, perlu penyesuain beberapa detik untuk berdiri terlebih dulu. Sebelum dilanjutkan untuk mulai berjalan. Terasa sudah seperti orang lanjut usia, yang harus berjalan pelan-pelan
  6. Batuk, sakit gigi, dan pusing. Komplit sekali rasanya pada kehamilan yang ketiga ini. Setelah merasakan sakit seperti yang saya tuliskan di nomor 3 di atas, baru juga merasakan enak selama 2 pekan. Selanjutnya mendapatkan kesempatan sakit batuk. Tepatnya selama sepekan yang lalu bahkan saya sampai tidak dapat beraktivitas normal. Awalnya saya tidak merasakan sakit yang berarti pada kehamilan ketiga ini. Biasalah kalau hanya eneg, pusing, dan muntah terjadi pada wanita hamil. Nah baru pada 2 pekan yang lalu saya mulai terserang batuk. Tapi batuknya pun masih jarang-jarang saja dan tidak terasa berat. Sepekan saya diamkan saja batuk ini, tanpa meminum obat (baik kimia maupun tradisional) ataupun konsultasi ke dokter. Tapi di situlah kekeliruan yang saya buat, karena sepekan kemudian batuknya semakin parah dan berat. Sampai pada hari Jumat 20 Mei lalu tengah malam terbangun beberapa kali karena serangan batuk yang tidak berhenti. Batuk kering dan berdahak sepanjang malam. Hasilnya pada pagi harinya pusing menyerang dan diikuti dengan gigi yang nyut-nyut. Saya pernah dulu saat SD merasakan sakit gigi, karena 1 gigi geraham bolong dan rasanya nyut-nyut. Kali ini bukan 1 gigi yang sakit, melainkan 1 deret gigi kanan bagian bawah. Ya 1 deret bukan 1 gigi, anda tidak salah membacanya. Kebayang dong gimana rasa nyut-nyutannya. Saya sudah tempel 2 koyo di pipi tapi belum hilang juga nyut-nyutannya. Sampai sekarang batuknya masih ada dan belum benar-benar hilang. Alhamdulillah sudah mereda, baru kemarin dan semalam batuk tidak terlalu gencar menyerang. Gigi pun alhamdulillah sudah tidak sakit sejak Jumat kemarin. Jadi sudah bisa beraktivitas normal, tapi tetap harus membatasi agar tidak terlalu lelah. Khawatir juga kalau berulang lagi sakitnya, masyaallah rasanya.

Itulah yang saya alami dan rasakan saat menjalani kehamilan, keseluruhannya ada enam rasa. Postingan ini memang pengalaman pribadi, tapi beberapa ada juga teman atau orang lain yang saya dengar juga mengalaminya. Mirip-mirip rasanya, tapi beda waktu saat merasakannya. Seperti sakit di bagian kewanitaan, yang juga dialami oleh kakak seorang teman saya. Sementara batuk berkepanjangan pun pernah dialami oleh tetangga saya. Bahkan ada seorang teman mengalami batuk seperti saya selama 9 bulan kehamilannya. Adapula yang mengalami sakit gigi hingga mengeluarkan darah. Yah, pengalaman-pengalaman luar biasa yang tidak terlupakan dari para wanita hamil. Yang dirasakan saat kehamilannya.

Semua yang dirasakan saat menjalani kehamilan akan hilang dengan sendirinya, setelah melahirkan buah hati tercinta. Semua rasa yang dialami akan terlupakan dan terbayar lunas saat anak sudah berada dalam pelukan. Seberapa berat pun rasa yang harus dilalui, tidak ada satu pun wanita-wanita ini merasa kapok untuk hamil. Bahkan merasa ingin lagi, lagi, dan lagi mendapatkan kesempatan untuk hamil dan mengandung. Sebuah anugrah tak terhingga yang diberikan Allah Swt hanya kepada kaum wanita.

4 thoughts on “Yang Dirasakan Saat Menjalani Kehamilan

  1. Catcil yang pastinya manis nih, sang juara nulis postingan ketika ada acara di BlogDetik #30hariNonStopNgeblog, beberapa kali keluar tuh postingannya jadi Headline.Iicch Bunda OOT deh! hehe… Membaca postingan yang ini, mengingatkan kembali pada segala rasa sakit yang Bunda pernah alami alami ketika hamil dan ketika akan melahirkan. Sakitnya luar biasa dan yang segera sirna begitu mendengar pekik tangis bayi yang ‘brojol’ dengan selamat. Alhamdulillah lima kali melahirkan semuanya dengan normal. Aamiin…

    • Bunda bisa aja, bukan saya kok pemenangnya waktu itu hehe.

      Wah 5 kali ya bun. Pasti inget2 lupa rasanya ya. Karena dah kehapus dengan rasa senang lihat anak yang sehat dan selamat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>