Yang Dilakukan Saat Proses Lamaran

Hari ini kami sekeluarga menghadiri sebuah acara lamaran. Yang dilamar adalah keponakan perempuan (anak dari kakak sepupu) saya. Acara berlangsung di kediaman sepupu saya di Cakung. Seperti biasa acara masih molor dilakukan.

Hampir satu jam telat, para tamu akhirnya datang juga. Di saat menunggu, biasanya para calon yang dilamar harap-harap cemas. Apakah pangeran pujaan benar-benar datang untuk melamar atau tidak :-). Alhamdulillah, tadi keluarga calon besan datang juga. Selanjutnya acara langsung dijalankan dengan serius dan santai.

Dalam beberapa acara lamaran yang pernah saya datangi. Banyak kebiasaan dan persamaannya. Dari sisi agenda yang akan dibicarakan dalam proses lamar melamar seorang wanita. Beberapa diantaranya yang dilakukan saat proses lamaran:

  1. Pembukaan oleh MC
  2. Perkenalan dari kedua belah pihak: satu persatu anggota keluarga dari pihak wanita dan prianya diperkenalkan. Berapa kakak beradik, siapa saja yang hadir dalam pertemuan saat itu
  3. Pertanyaan dari pihak wanita akan maksud kedatangan rombongan
  4. Jawaban dari pihak pria, akan maksud dan tujuan kedatangan
  5. Menunggu jawaban dari sang wanita yang sudah dilamar: biasanya di sini anak wanita yang dilamar akan ditanya. Kesediaannya untuk kelak diperistri oleh yang datang melamar. Kebanyakan, yang ditanya akan senyam-senyum malu. Tanda menyetujui lamaran yang datang kepada dirinya
  6. Penetapan waktu pelaksanaan pernikahannya: di sini waktu yang penting dalam proses lamaran. Yaitu kelanjutan ke proses selanjutnya, pernikahan. Di sini ada waktunya tawar menawar penetapan tanggal pernikahan. Disesuaikan dengan kesanggupan kedua belah pihak. Utamanya kesiapan dari calon pengantinnya
  7. Pembacaan doa: agar mendapat keberkahan, kelancaran, dan kemudahan acara maka ditutup dengan pembacaan doa
  8. Ramah tamah atau makan dan minum hidangan yang telah disediakan tuan rumah
  9. Selesai.

Tidak lama dan hanya butuh waktu yang singkat untuk melakukan proses lamaran. Yang jelas roman wajah dari kedua sejoli itu begitu cerah ceria. Dihiasi dengan senyuman gembira.

Kebetulan tadi kakak sepupu mengundang seorang ustadz. Jadi ada sedikit masukan dari ustadz tentang menyegerakan berlangsungnya pernikahan. Tujuannya tentu untuk menghindari fitnah.

12 thoughts on “Yang Dilakukan Saat Proses Lamaran

  1. Saya juga dua kali menerima lamaran dari pihak laki-laki. Juga menghadiri acara lamaran atau mewakili melamar dan dilamar. Urutannya memang mirip di atas.
    Salam hangat dari Jombang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>