Terminal Manggarai Sekarang

image

Manggarai adalah nama sebuah tempat yang berada di wilayah Jakarta Selatan. Pada musim hujan seperti sekarang ini biasanya nama Manggarai akan sering disebut. Tentunya untuk sebuah pemberitaan yang berkaitan dengan masalah air. Itu dikarenakan di Manggarai terdapat pintu air. Yang berfungsi sebagai alat ukur ketinggian air yang melewati sungai Ciliwung.

Kali ini saya belum akan menulis tentang pintu air Manggarai, melainkan akan menulis tentang terminal Manggarai. Kebetulan letak dari terminal ini tidak jauh dari pintu airnya, kurang lebih dua puluh meteran jaraknya. Hanya terpisahkan oleh terowongan yang diatasnya ada jembatan (viaduct: jembatan atau flyover) saja. Kenapa saya tertarik untuk menulis tentang terminal Manggarai?  Karena teminal ini baru saja diperbaiki.

Teminal Manggarai

Lebih tepatnya sih dibuat baru, bila melihat perbedaan dan perubahan besar yang ada pada terminal Manggarai ini. Kalau boleh dibilang terminal ini adalah terminal yang kecil. Dibandingkan dengan terminal-terminal lain yang ada di Jakarta, yang pernah saya lihat dan kunjungi. Melihat dari posisinya terminal Manggarai ini berada pada posisi yang strategis, salah satunya karena dekat dengan stasiun Manggarai.

image

Saat ini terminal Manggarai dibangun cukup megah menurut saya, melihat ukurannya yang kecil. Terdiri dari dua lantai yang dihubungkan dengan tangga jalan menuju ke lantai atas. Disediakan tiga jalur yang disesuaikan dengan ukuran bus. Jalur 1 dan 2 untuk bus sedang, sementara jalur 3 untuk bus kecil. Dari terminal ini juga tersedia bus transjakarta. Selain itu ada metromini dengan berbagai jurusan, antara lain ke Blok M, Pasar Minggu, dan Pulogadung. Bagi anda yang penasaran dengan bentuk bemo dan ingin mencoba menaikinya. Datang saja ke terminal Manggarai, anda pasti akan mendapatkan beberapa bemo yang terparkir menunggu penumpang.

One thought on “Terminal Manggarai Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>