Tempat Suntik Vaksin Meningitis Di Jakarta

KartuKuningUmrohSetelah beberapa waktu yang lalu saya memposting cara membuat paspor secara detail. Postingan di blog catcilku kali ini tentang di mana tempat suntik vaksin meningitis untuk mendapatkan kartu kuning. Yang merupakan persyaratan untuk umroh dan haji.

Bagi anda yang berencana untuk berangkat ibadah umroh atau haji, pasti diminta untuk suntik vaksin meningitis. Setelah suntik vaksin meningitis maka akan mendapatkan kartu kuning. Yang dalam bahasa Inggrisnya disebut International Certificate of Vaccination or Prophylaxis (ICV).

Kartu kuning bukti sudah vaksin meningitis

Kata seorang teman, kartu kuning merupakan syarat yang diminta oleh Kedubes Arab Saudi saat membuat visa. Saya sendiri belum pernah membuat visa, jadi belum mengetahui cara membuatnya :D. Kembali ke cara mendapatkan kartu kuningnya. Kartu kuning bukti sudah vaksin meningitis. Biasanya sih kalau anda menggunakan jasa travel untuk umroh dan haji, ada beberapa yang menyediakan kemudahan. Salah satu diantaranya memanggil petugas dari Kementerian Kesehatan untuk memberikan vaksin secara kolektif.

Tapi kalaupun tidak, anda bisa minta diantar oleh petugas travel ke tempat suntik vaksin meningitis. Tentu ada biaya tambahan selain biaya PNBP yang resmi yang harus dibayarkan. Pengalaman ibu saya sekitar tahun 2010 diantar oleh petugas travel ke tempat di daerah Halim, dekat dengan kantor Bea dan Cukai yang ada di Halim. Tapi sayang saya tidak menanyakan apa nama tempatnya ke ibu. Lagi pula masih menurut ibu, di tempat itu antriannya luar biasa panjang sekali.

KantorKesehatanPelabuhan

Paling enak sih di dekat pelabuhan Tanjung Priok. Lagi-lagi berkat pengalaman ibu, waktu mengantarkan mbah saya  ke tempat suntik vaksin meningitis pada tahun 2011. Saya jadi mengetahui di mana tempatnya. Walau ibu hanya memberikan ancer-ancernya saja. Yaitu di sebelah kantor Bea dan Cukai di Tanjung Priok sana. Berbekal ancer-ancer yang diberikan ibu, tanggal 29 Oktober lalu saya dan suami pergi mencarinya. Setelah tiga kali bertanya akhirnya dapat ditemukan juga tempatnya.

Tempat suntik vaksin meningitis

Nama tempat suntik vaksin meningitis adalah Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Tanjung Priok. Beralamat di Jl. Raya Nusantara No. 2, Tanjung Priok, dengan telepon: 43931045. Saat tiba di poliklinik itu sudah menjelang waktu istirahat. Tepatnya sepuluh menit lagi. Walau harus diburu-buru oleh ibu petugasnya untuk cepat-cepat. Alhamdulillah masih dilayani dan tanpa antri sama sekali.

PNBPKemenkesLangsung saja kami harus mengisi formulir kecil berwarna biru. Yang harus diisikan adalah nama, tempat tanggal lahir, dan alamat. Formulirnya tidak saya isi seluruhnya, karena diburu-buru oleh petugasnya yang ingin segera istirahat :). Setelah mengisi formulir saya diharuskan tes kehamilan dan harus membayar Rp. 25.000.  Selesai memberikan urine untuk di tes, saya pun langsung menyusul suami. Untuk mendapatkan suntikan vaksin meningitis yang berada di ruangan berbeda.

Setelah di suntik kami pun mendapatkan kartu kuningnya. Kalau boleh saya bilang sih bukan kartu, tapi buku. Karena memang berbentuk seperti buku kecil yang berisi lembaran-lembaran. Seperti tampak pada gambar di atas. Biaya yang harus dibayarkan oleh suami adalah sebesar Rp. 260.000 per orang. Kali ini tidak mendapatkan bukti pembayarannya :D.

Total waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan suntikan hingga keluar kartu kuningnya hanya lima belas menit. Cukup singkat, mengingat waktu lima belas menit itu untuk kami berdua. Oh iya, suntikan vaksin meningitis ini ada jangka waktu berlakunya. Yaitu berjangka waktu dua tahun. Jadi kalau lewat dua tahun bila ingin umroh atau haji lagi harus mengulang suntikannya. Yang paling perlu diingat saat menuliskan nama anda. Di formulir kecil berwarna biru harus sama dengan nama anda di paspor. Karena sebagai dasar menuliskan nama di kartu kuningnya.

Incoming search terms:

  • suntik meningitis di jakarta
  • tempat suntik meningitis
  • suntik meningitis di halim
  • tempat suntik meningitis di jakarta
  • suntik meningitis
  • Vaksin meningitis
  • tempat vaksin meningitis
  • vaksin meningitis di Jakarta

5 thoughts on “Tempat Suntik Vaksin Meningitis Di Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>