Sultan Penolong Orang Patah Tulang di Pondok Bambu

Beberapa postingan terakhir di blog ini isinya cerita jalan-jalan ke Turki 2018. Kali ini mau nulis cerita yang lainnya, biar tidak bosan. Semoga bisa bantu juga, mungkin saja ada pembaca sedang butuh tulisan ini. Yuk mulai ceritanya, baca terus sampai selesai ke bawah ya.

Kenal dan tahu dengan penolong orang patah tulang di Pondok Bambu, kurang lebih 7 tahun yang lalu. Saat itu ibu jatuh di dalam rumah, karena terpeleset. Akibatnya tulang dengkulnya retak. Berhubung ibu tidak mau ke rumah sakit, pilihannya adalah mencari penolong orang patah tulang. Setelah bertanya, ada seorang kerabat memberikan informasinya. Ibu setuju untuk diantar ke Pondok Bambu, tempat praktek dari Sultan, penolong orang patah tulang. Dengan menggunakan jasa dari bajaj, kami pergi ke alamat yang diberikan. Tapi sebelumnya sudah telepon lebih dulu, khawatir sudah tutup jam prakteknya.

Sultan Penolong Orang Patah Tulang di Pondok Bambu

Kurang lebih tiga puluh menit kami sampai di tempat praktek Sultan penolong orang patah tulang di Pondok Bambu. Berupa rumah layaknya tempat tinggal, karena memang sekalian rumah tinggal Sultan dan keluarganya. Ada seorang penjaga yang membantu kerja dari Sultan. Tugasnya memberikan nomor urut antrean untuk para pasien. Dan membantu mendorong dengan kursi roda atau mengangkat pasien yang memerlukan bantuan. Kami pun diberikan satu nomor antrean dan diminta untuk menunggu di ruang tunggu. Wangi balsam yang begitu khas langsung menyapa dan memenuhi hidung. Bagi yang tidak kuat dengan bebauan tentu akan sedikit merasa terganggu. Termasuk untuk saya yang hidungnya cukup sensitif terhadap bebauan. Sebentar saja sih, setelah hidung bisa menyesuaikan, wangi balsam justru akan terasa melegakan.

Kami menunggu di kursi tunggu yang sudah disediakan. Tidak antre lama, hanya menunggu satu pasien yang sedang ditangani. Mungkin karena sudah sore di atas jam 4 dan hari kerja, jadi jarang pasien. Kemudian kami masuk ke ruangan praktek, setelah dipanggil nomor urutnya. Kalau anda membutuhkan alamat praktek dari Sultan penolong orang patah tulang di Pondok Bambu. Alamatnya, saya akan berikan di akhir postingan dan bisa anda catat. Jadi lanjutkan membaca dulu.

Nama dari penolong orang patah tulang yang kami datangi adalah Sultan Soffat Asmawi. Lebih dikenal dengan panggilan Sultan. Tidak terbayangkan kalau Sultan, penolong orang patah tulang ini masih muda. Gambaran yang ada di pikiran saya tentang sosok pria yang berprofesi sebagai penolong orang patah tulang, biasanya adalah seorang yang sudah tua. Ternyata salah besar. Cukup terkejut ketika melihat secara langsung kalau pria yang menjadi penolong ibu adalah pria muda dengan umur saat itu masih sekitar 24-25 tahunan dan masuh bujangan alias belum menikah. Belum lagi Sultan satu ini pun memiliki pendidikan sampai S2. Beda benar dengan gambaran yang biasa ada tentang penolong orang patah tulang. Mungkin karena saya membandingkan dengan penolong patah tulang yang ada di tempat lain.

Proses pengobatan yang dilakukan oleh Sultan adalah dengan diurut di tempat yang sakit dengan menggunakan balsam. Pasien yang diurut tidak merasa sakit dan terlihat seperti dielus-elus saja. Sepertinya tidak sampai sepuluh menit proses pengobatan yang harus dilalui oleh tiap pasien. Selanjutnya pasien diberikan ramuan berupa serbuk dan baunya seperti daun teh yang sudah dihaluskan. Sesampainya di rumah, ramuan tersebut harus diseduh air dan diminum. Sementara ampasnya diborehkan ditempat yang sakit. Pasien diminta untuk kembali lagi sepekan kemudian. Oh iya, sebelum pulang Sultan juga memberikan daftar yang dilarang dan diperbolehkan untuk dimakan minum.

Sultan praktek tiap hari untuk menolong orang patah tulang, hanya tutup saat libur nasional saja. Begitupun dengan hari Sabtu libur prakteknya, karena masih masuk kuliah. Sementara hari Ahad tetap buka praktek. Untuk waktu praktek sudah sejak pagi buka dan tutup malam hari. Kalau tidak salah sejak pukul 7 pagi hingga 8 malam. Layaknya tempat pengobatan di manapun, pasien pasti harus menunggu antrean bila ingin berobat. Sama dengan di tempat Sultan penolong orang patah tulang di Pondok Bambu. Kami pernah antre lama sekali, hampir dua jam. Mau sebentar atau lama, tetap saja kalau namanya menunggu itu tidak enak 😅. Walau begitu tetap harus dijalani karena ingin sembuh dan sehat. Alhamdulillah setelah berapa kali balik untuk urut ke Sultan, tulang ini sudah dinyatakan sembuh dan tidak sakit.

Tapi jangan khawatir lagi sekarang, kalau anda ingin datang ke tempat Sultan penolong orang patah tulang di Pondok Bambu. Menurut pengalaman saya ketika di bulan Oktober 2018 mengantarkan seorang kerabat untuk berobat ke Sultan. Sekarang sudah lebih rapi dan teratur untuk masalah nomor antrean. Waktu praktek sudah dibagi dengan beberapa tahapan. Untuk pasien darurat dan anak kecil diberikan nomor antrean khusus dan akan didahulukan pengobatannya. Jadi semua harap maklum dengan nomor antrean khusus. Dengan sistem nomor antrean baru yang diterapkan oleh Sultan. Satu pasien diharapkan hanya menunggu paling lama satu jam. Karena Sultan sudah memiliki keluarga sendiri (sudah menikah dan memiliki anak). Buka praktek hanya Senin sampai Jumat saja (hari kerja). Hingga saat ini Sultan tidak memasang tarif untuk pengobatan yang dilakukan. Semua pasien bebas ingin memberi berapa, seikhlasnya.

Dalam kehidupan, namanya orang hidup ada kalanya akan menemui atau mengalami apa yang ada dalam peribahasa. Bunyinya: untung tidak dapat diraih malang tidak dapat ditolak. Maksudnya adalah walau sudah usaha mati-matian bahkan sampai melakukan yang tidak benar. Kalau memang belum rezekinya tidak akan dapat diraih. Sementara di sisi lain, walau sudah hati-hati sekali dan menghindari hal-hal yang berbahaya. Kalau memang waktunya kena celaka ya akan kena juga kemalangan. Tidak perlu jauh-jauh harus ke hutan di gunung atau ke lautan, kalau mau celaka di mana juga bisa. Semoga anda dan saya selalu dilindungi oleh Allah Swt. di manapun berada. Dijauhkan dari bala dan bencana, Aamiin.

Alamat Sultan penolong orang patah tulang:

Jl. Tutul II No. 319, Kavling Pondok Bambu, Jakarta Timur. Telepon: 021-8617011

One thought on “Sultan Penolong Orang Patah Tulang di Pondok Bambu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>