Soto Kaki Khas Masakan Ibu Saat Idul Fitri

Idul Fitri yang baru berlalu empat hari kali ini, tidak seramai seperti tahun-tahun yang lalu. Alasannya ada lima keluarga (adik-adiknya ibu) yang sudah mudik ke Purworejo. Masing-masing keluarga saja minimal ada lima orang. Jadilah Jumat kemarin sepi, tidak penuh di rumah.

Ya, ibu adalah anak tertua di perantauan ini. Setiap tahun saat Idul Fitri menjadi jujukan dari adik-adik serta keponakannya. Penuh sekali saat para om dan tante beserta anaknya datang berbarengan. Senang tentu saja, apalagi saat tahu kalau pada sehat dan sejahtera. Lelah sehari sebelumnya saat mempersiapkan masakan untuk suguhan terbayarkan.

Soto Kaki Khas Masakan Ibu Saat Idul Fitri

Di rumah kami memang selalu menyediakan makan bila Idul Fitri. Menu yang dipersiapkan oleh ibu tidak pernah berubah sejak kurang lebih lima belas tahun yang lalu. Soto kaki ala ibu yang memasak. Alasannya masakan itu paling mudah, irit, dan bisa untuk orang banyak. Paling tidak memasaknya dilebihkan kuahnya hehe. Pernah menunya diganti ternyata repot dan tidak cukup untuk banyak orang. Walau ibu memang memasak dan menyediakan yang lainnya. Selain itu tetap ada yang menanyakan soto kakinya kok tidak ada. Yup soto kaki memang sudah menjadi ciri khas masakan ibu untuk Idul Fitri di rumah. Jadi kalau tidak ada terasa berbeda dan ada yang kurang.

Walau ada masakan lainnya seperti rendang, sambal goreng kentang, ayam opor, bebek semur, mi soun tetap lebih laris soto kakinya. Pernah juga masak lidah sapi, malah tidak laku sama sekali hehe. Tetap soto kaki yang dicari oleh para saudara yang datang. Ada juga om atau tante yang suka mencari tulangannya. Karena ingin menyeruput sumsum yang ada di dalam tulang. Untung-untungan sih, soalnya kalau lagi tidak ada sumsumnya ya tidak ada. Atau sumsumnya sudah keluar sendiri dan tercampur dengan daging kikilnya.

Semoga momen Idul Fitri tempat berkumpul saudara setahun sekali ini masih bisa dirasakan tahun depan. Yang terpenting semua dalam kondisi sehat wal afiat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>