Sosialisasi Untuk Menyatukan Rakyat Dan Menciptakan Masa Depan

Bicara tentang komunitas berarti membicarakan tentang adanya kesamaan, diantaranya adalah kesamaan minat dan lokasi sehingga komunitas itu berdiri dan akhirnya berkembang. Begitu pula halnya dengan komunitas ASEAN, yang merupakan kumpulan dari sepuluh negara yang berada di kawasan Asia Tenggara dan memiliki kesamaan dalam minat yaitu terbentuknya persatuan keamanan, persatuan ekonomi serta persatuan sosial dan kebudayaan.

Dengan Komunitas ASEAN ini berarti ada keinginan untuk menjadikan “satu” seluruh anggota masyarakat dari kesepuluh negara anggotanya. Bukan hal yang mudah, namun layak dicoba untuk diwujudkan. Anggota komunitas berusaha untuk menyamakan pandangan agar dapat mewujudkan pembangunan yang satu dengan nama ASEAN.

Tujuan pembangunan yang diharapkan terwujud sesungguhnya bisa dilakukan dengan cara menyatukan pendapat dari warga atau rakyat masing-masing negara anggota komunitas. Berusaha untuk menyamakan pendapat memang menjadi pekerjaan rumah yang berat. Oleh karenanya harus ada sosialisasi yang yang dilakukan kepada rakyatnya, yang kemudian menjadi tanggung jawab dari pemerintah dan pengurus komunitas ASEAN.

Mampukah negara-negara ASEAN mewujudkan Menyatukan Rakyat, Menciptakan Masa Depan?

Sosialisasi perlu dilakukan agar tidak terjadi penolakan dari dalam. Yang menjadi penyebab penolakan biasanya karena tidak ada pengetahuan tentang pembangunan yang “satu” yang akan diwujudkan serta apa saja manfaat yang akan diperolehnya. Terus terang saya sendiri saja baru mengetahui kalau ada komunitas ASEAN 2015 dari lomba blog #10daysforASEAN, entah karena saya yang kudet atau memang kurangnya sosialisasi yang dilakukan pemerintah. Padahal tahun 2015 tinggal dua tahun lagi, di mana waktu dua tahun itu bukanlah waktu yang lama.

Setelah adanya sosialisasi yang insentif dari pemerintah diharapkan nantinya seluruh rakyat akan memberikan dukungannya terhadap pembangunan yang satu di dalam sebuah komunitas ASEAN. Sehingga masing-masing negara anggota ASEAN dapat menyatukan rakyatnya dalam satu komunitas untuk menciptakan masa depan bersama dalam mewujudkan kesejahteraan bersama.

Menyiapkan pendidikan sebagai penunjang kemampuan sumber daya manusia (SDM), menjadi langkah selanjutnya yang harus dilakukan. Dengan SDM yang profesional, memiliki keahlian dan kemampuan tinggi diberbagai bidang diharapkan dapat menjadi nilai tambah dan menjadi daya tawar tersendiri, sehingga dapat bersaing dengan SDM dari negara lain. SDM yang profesional, kreatif, dan inovatif dapat menciptakan masa depan.

 

 

 

 

 

 

One thought on “Sosialisasi Untuk Menyatukan Rakyat Dan Menciptakan Masa Depan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>