Serunya Indonesia Community Network 2013

Pre event #ICN2013Kemarin datang ke acara pre event Indonesia Community Network nih. Bersama teman-teman dari @OptimasiInggris saya mencoba masuk dan mengikuti acara pre event kemarin. Seru banget pastinya, karena ketemu dengan orang-orang muda, yang berjiwa muda yang kesemuanya sama yaitu memiliki keinginan untuk berbagi.

Indonesia Community Network itu sendiri digagas oleh tiga orang muda yang optimis, mereka adalah:

  1. Doddy A. Matondang – @doddymatondang (Aktivis & Pengusaha)
  2. Gerryl Besouw – @gerryl_besouw (Aktivis & Pengusaha)
  3. Taufan T. Akbari – @taufanakbari (Dosen &Youth Personal Mastery Coach)

Ketiganya kemudian bersepakat untuk membuat OptimisME  yang menganggap bahwa kemajuan Indonesia adalah ada dan menjadi tanggung jawab dari generasi mudanya. 

Berbagai komunitas berkumpul untuk membuat sebuah terobosan kalau boleh dibilang begitu. Acara tanggal 1 Juni kemarin merupakan awal dari kegiatan berikutnya yang akan diadakan pada tanggal 29 September 2013 nanti, yang merupakan hari Komunitas Nasional.

Sabtu kemarin itu, dari jam 9 yang dijadwalkan acara berlangsung molor, baru dimulai jam 10 lewat hingga akhirnya membuat molor selesainya acara. Yah dari molornya acara, cukup mencederai semangat optimis yang digaungkan sih, menurut saya. Seharusnya keoptimisan itu tetap ditunjukan sejak awal di mana setiap pemuda haruslah menghargai waktu yang berarti dia akan menghargai diri dan orang lain untuk maju dan optimis menatap masa depan.

So far acara berjalan cukup menarik, dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Bangun Pemuda Pemudi. Perwakilan dari puluhan komunitas yang hadir akhirnya membentuk diskusi-diskusi mandiri yang dibagi menjadi tiap-tiap task force. Kebetulan saya bersama seorang teman, yang kebetulan adalah founder english optimizer ikut berdiskusi pada task force pendidikan.

groupdiscussion

Di forum diskusi para peserta yang berasal dari berbagai komunitas tentunya saling memperkenalkan diri. Dilanjutkan dengan diskusi itu sendiri. Dalam  diskusi sabtu siang kemarin itu perwakilan dari masing-masing komunitas membuat rumusan akan dibawa kemana #ICN 2013 ini dan dari hasil rumusan tersebut akan dibuat sebuah buku yang berjudul “Buku Do Nation”

Buku Do Nation itu sendiri berisi misi optimis dari kumpulan beberapa komunitas yang ikut dalam pre event kemarin. Sebuah kesempatan yang membuat mata ini terpukau dan berdecak kagum, datang ke acara pre event Indonesia Community Network ini.

Kagum karena ada nuansa berbagi dari para peserta, pendiri, relawan komunitas yang tujuannya akhirnya adalah demi Indonesia. Kesemuanya dilakukan oleh para orang muda dan yang berjiwa muda. Bahkan saya bisa banyak mendapatkan ilmu tentang komunitas itu sendiri, Subhanallah.

Acara ini di rancang secara santai yang diselingin dengan games yang menarik perhatian, karena selama acara berlangsung ada juga games untuk melakukan live tweet. Hadiahnya tidak tanggung-tanggung loh ada tiket untuk satu orang Jakarta-Lombok-Jakarta dan Jakarta-Singapura-Jakarta yang dipersembahkan oleh Garuda Indonesia.

Yang terpenting lagi jangan sampai ketinggalan untuk ikutan di acara mendatang pada Hari Komunitas Nasional, insyaallah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 thoughts on “Serunya Indonesia Community Network 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>