Senam dan Jalan Sehat di Milad ke-20 PKS

Sambutan dari Asisten Kesejahteraan Rakyat (mewakili Gubernur DKI Jakarta)

Ahad, hari untuk bercengkrama dengan keluarga. Bisa diisi dengan aneka kegiatan, antara lain istirahat, liburan, arisan, olahraga, dan sebagainya. Tentunya semua dilakukan bersama keluarga atau orang-orang tersayang. Kebetulan Ahad kemarin saya sudah ada rencana untuk gowes ke monas lagi bersama anak-anak dan jiddah. Sayangnya selepas isya, si kakak membatalkan dengan alasan capek. Ya sudah akhirnya batal gowesnya, tapi anak-anak tetap minta ke monas. Perubahan rencana dibuat malam itu juga, kebetulan dapat informasi akan ada kegiatan senam dan jalan sehat bersama keluarga yang diadakan oleh partai dakwah. Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangkaian acara milad ke-20 partai itu. Untuk di Jakarta dilaksanakan di Balai Kota DKI Jakarta pada tanggal tanggal 20 April 2018.

Sebuah kebetulan yang menyenangkan, karena saya utamanya tidak bingung mau ajak anak ke bagian monas manalagi. Setelah diputuskan oleh suami, kalau kami akan lihat dan ikut jalan sehatnya. Saya bersorak gembira, dengan begitu punya bahan untuk dibuatkan postingan di blog ini. Lumayan bisa menambah tulisan baru dari hasil lihat, ikut, foto sana-sini. Jadilah Ahad pagi sekitar pukul 7, setelah beres mandi dan anak-anak sarapan pagi. Kami berangkat ke monas, kali ini dengan jumlah lengkap berlima dengan suami 😊.

Peserta kegiatan senam dan jalan sehat di milad ke-20 PKS

Rencananya kami akan parkir di lapangan IRTI, urung ke sana karena antrean masuknya saja sudah membludak. Ternyata antrean yang panjang itu akibat ada kegiatan yang dilakukan oleh para kader dan simpatisan PKS. Yang juga akan mengikuti kegiatan senam dan jalan sehat. Melihat parkiran IRTI yang penuh, suami mengajak untuk parkir di stasiun gambir. Walau sepanjang jalan menuju stasiun ada parkir liar, tapi suami tetap memilih yang aman dan jelas pengelola parkirnya. Setelah parkir, kami pun akhirnya harus jalan lumayan jauh untuk menuju lokasi. Untungnya sebelum jalan tadi saya mengingatkan suami untuk bawa kereta dorong. Jadi lumayan terbantu daripada kena jatah gendong bocah 15 kilogram.

Senam dan Jalan Sehat di Milad ke-20 PKS

Rupanya senam sudah selesai dilakukan oleh para kader dan simpatisan Partai Keadilan Sejahtera. Ketika kami mendekati dan tiba di lokasi kegiatan senam dan jalan sehat di milad ke-20 PKS yang berada di halaman kantor Balai Kota. Baru sebentar kami sampai, sambil tengak-tengok menyesuaikan diri. Terdengar dari area panggung, pengumuman kalau jalan sehat akan segera dilakukan. Kami pun bersiap bersama kader dan simpatisan untuk ikut jalan sehat yang digelar oleh PKS DKI Jakarta ini. Rombongan kecil kami ikut di dalam arus pejalan sehat lainnya. Rute yang ditempuh adalah Balai Kota-Jl. Medan Merdeka Selatan-Jl. H. Agus Salim-Jl. Kebon Sirih-Jl. M. I. Ridwan Rais-Jl. Medan Merdeka Selatan-Balai Kota. Alhamdulillah, anak-anak kuat berjalan sepanjang kurang lebih 2,4 km (menurut hitungan om google). Malah, adek terkecil kuat ikut jalan, mulai dari depan perpustakaan nasional sampai dengan belokan Jl. Kebon Sirih (kurleb 800 meter). Tidak mau naik ke kereta dorongnya, mungkin mau merasakan juga jalan bareng yang lainnya. Tidak jauh dari belokan di Jl. Kebon Sirih, adek mulai minta gendong, nasib buat saya yang kali ini harus menggendongnya. Dipindah ke ayahnya tidak mau 😭. Jalan sambil gendong bocah perempuan seberat 15 kg sepanjang 400 meter itu sesuatu banget rasanya. Setelah dibujuk rayu, akhirnya mau juga dipindah gendongannya ke ayah. Melewati kolong rail kereta, dibujuk lagi supaya mau didorong pakai kereta dorongnya dan dia mau, senangnya 😊.

Peserta memulai jalan sehat

Logistik yang disediakan gratis untuk peserta senam dan jalan sehat PKS

Kembali lagi ke titik awal, seluruh peserta jalan sehat di milad ke-20 PKS berkumpul di halaman balai kota. Acara dibuka lagi dengan sambutan dari ketua DPW PKS DKI Jakarta, Sakhir Purnomo dan dari Gubernur DKI Jakarta namun karena berhalangan hadir diwakilkan oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat, Catur Laswanto. Sebagai penggembira kader dan simpatisan, yang telah ikut kegiatan senam dan jalan sehat di milad ke-20 PKS. Pihak panitia membagikan 17 hadiah hiburan. Dengan hadiah unggulannya berupa sepeda gunung, tentunya diberikan kepada mereka pemilik kupon hadiah. Disisakan 3 hadiah terakhir untuk diselingi dengan orasi kebangsaan dari presiden PKS.

Orasi Kebangsaan Presiden PKS

Berikut ini adalah penggalan dari orasi kebangsaan yang disampaikan oleh Presiden PKS kepada kader dan simpatisan partainya pada kegiatan senam dan jalan sehat di milad ke-20 PKS yang dapat saya tuliskan:

Kegiatan senam dan jalan sehat yang diadakan di balai kota Jakarta, merupakan rangkaian roadshow ke seluruh Indonesia. Sebagai wujud rasa syukur karena PKS tetap eksis. Sejak 20 tahun lalu hingga kini telah memberikan warna pada perpolitikan nasional. PKS telah menunjukan kepada rakyat Indonesia bagaimana berpolitik yang sehat dan modern. Yang memiliki misi utamanya adalah untuk melayani rakyat Indonesia. Dimana adagium (pepatah) yang dipelihara oleh PKS adalah “sayyidil qoumi khodimuhum” (= pemimpin suatu kaum adalah pelayan mereka). Memandang jabatan bukan sebagai kemuliaan (tasyrif), melainkan sebagai beban tugas (taklif). Sehingga akan selalu menegur dan mengarahkan kader yang menjadi pejabat publik supaya tidak berprilaku OKB.

Untuk menghadapi pilkada yang akan dilangsungkan di seluruh Indonesia, ada 4 provinsi yang akan difokuskan: Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Ada 3 modal Partai Keadilan Sejahtera yang tidak dimiliki partai lain:
1. Kader yg militan
2. Soliditas struktur
3. Amal jamai

PKS tidak melihat politik sebagai politik, tapi sebagai sarana untuk berkhidmat (mengabdi) kepada masyarakat. Keberkahan yang Allah Swt. berikan kepada PKS, yaitu:
1. Kesadaran politik umat dan warga yang sudah berubah
2. Pengalaman pada pilkada-pilkada sebelumnya, utamanya di DKI Jakarta
3. Peluang kader PKS untuk menjadi capres dan cawapres,

Dengan keberkahan yang diberikan, semoga kelak Partai Keadilan Sejahtera bisa menjadi partai kelas atas. Mudah-mudahan keberkahan kolektif Allah Swt. berikan kepada kita semua. Aamiin.

Setelah mendengarkan orasi tersebut, kami langsung meninggalkan balai kota. Sengaja kami memang tidak mengikuti kegiatan senam dan jalan sehat di milad ke-20 PKS yang dihadiri para kader dan simpatisan PKS itu sampai selesai. Karena anak-anak sudah mulai tidak betah berada di tempat itu. Selain itu kami juga punya rencana lain, anak-anak menginginkan untuk jalan-jalan. Kami pun beranjak dari balai kota menuju tempat parkir yang berada di stasiun gambir kembali. Untuk melanjutkan perjalanan mencari makan, karena hari memang sudah menjelang waktu makan siang.

One thought on “Senam dan Jalan Sehat di Milad ke-20 PKS

  1. Pingback: Sedapnya Sop Daging Masakan Betawi di Rumah Makan Berkah | Catatan KecilkuBlog Catcilku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>