Sebuah Pembodohan Dari Judul Film Yang Tidak Mendidik

Pembodohan dengan media film

Tadi siang kebetulan bisa lewat daerah Senen dari arah Priok, lewat area PRJ terus melewati terminal Senen di jalan Bungur kalau tidak salah namanya. Lalu berbelok ke kanan menuju jalan Kwitang. Saat antri di lampu lalin yang berada di perempatan Senen, saya mengalihkan pandangan ke kiri. Melihat pandangan ke salah satu gedung bioskop lama berada di Senen.

Tidak ada yang berbeda dari tahun ke tahun atas tampilan bioskop ini, selain justru semakin tidak terawat. Mungkin bioskop-bioskop di Senen ini adalah bioskop terlama yang pernah ada di Jakarta. Dengan bentuk gedungnya yang seingat saya waktu kecil hingga sekarang tidak berubah. Tapi sejak kecil hingga sekarang belum pernah sekalipun saya masuk dan menonton di dalam bioskop itu.

Yang ingin saya komentari dalam tulisan kali ini adalah judul filmnya. Sejak beberapa tahun belakangan ini film-film yang diputar atau di iklankan di papan iklannya adalah film-film horor dan berbau-bau sex. Seperti yang saya sempat lihat dan foto tadi siang, filmnya memang buatan Indonesia. Tapi judulnya itu membuat saya prihatin tepatnya, karena masih tidak jauh-jauh dengan horor dan mistis.

Jarang sekali ada film produksi anak negeri ini yang terlepas dari horor dan mistis. Padahal kekayaan alam dan budaya Indonesia seharusnya bisa menjadikan ide hebat untuk pembuatan cerita dan film tentunya. Jauh dari kesan horor dan mistis, yang lebih menonjolkan nilai-nilai kebaikan dan keluhuran warganya.

Sebuah Pembodohan dari Judul Flm yang Tidak Mendidik

Entah karena memang permintaan pasar atau memang rakyat ini dipaksakan dan terus dicekoki dengan hal-hal yang menurut saya sebuah pembodohan (horor dan mistis). Sebuah pembodohan dari judul film yang tidak mendidik. Alasan kenapa sebuah pembodohan, karena saat ini saja teknologi sudah begitu tinggi. Orang-orang sudah berlomba-lomba agar dapat menembus angkasa. Sementara rakyat ini masih saja dijejali dengan yang bersifat masa lalu. Masa di mana kebodohan masih banyak dan agama Islam mungkin belum masuk ke negeri ini.

Sebuah pembodohan dan tidak mendidik, karena masih saja mempertontonkan ritual-ritual penyembahan kepada makhluk yang tidak berwujud yang seharusnya menjadi musuh utama umat manusia. Dibungkus dengan sebuah hiburan dan akhirnya menjadi biasa dan bersifat umum saja. Semua orang diajak untuk terus tidur menikmati semua kebodohan yang berbalut katanya sebuah seni. Ah, sampai kapan rakyat ini disuguhi film-film tidak mendidik seperti itu.

Bagi para pencinta seni dan film, ayo bangunlah. Jangan lagi anda mau dijejali dengan pembodohan seperti itu. Segeralah meninggalkan tontonan yang tidak mendidik dan membodohkan anda dan keluarga. Gantilah tontonan anda, agar menjadi manusia yang lebih bermartabat. Lebih baik anda tonton film-film yang menyuguhkan sesuatu yang menarik. Yang membuka cakrawala tentang bumi dan isinya adalah indah. Yang memberitahu anda tentang hewan-hewan dengan segala tingkahnya. Dengan tontonan tersebut anda bisa lebih mensyukuri dengan keberadaan alam ini.

Kalau ada para pembuat cerita atau film yang sempat membaca postingan ini. Saya meminta dan berharap kepada anda untuk memperbanyak film-film yang mendidik. Dengan begitu peradaban di negeri ini menjadi lebih maju dan baik. Jangan lagi melakukan pembodohan di tengah-tengah pendidikan dan teknologi yang telah maju. Mari bangun bersama negeri ini, dengan segala bidang dan minat yang digeluti. Utamanya di industri film yang anda geluti.

 

4 thoughts on “Sebuah Pembodohan Dari Judul Film Yang Tidak Mendidik

  1. Setidaknya sebagai penonton kita juga dituntut untuk cerdas dalam memilih film2 yang akan ditonton.

    Anehnya biasanya film dengan judul mistis dan fantastis… Menarik jumlah penonton yg lumayan banyak…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>