Puasa Juga Belum, Sudah Sibuk Belanja Lebaran

Pengunjung Swalayan Penuh di Akhir atau Awal BulanTanggal enam Juni yang lalu saya pergi ke sebuah swalayan yang ada di Jakarta Timur untuk berbelanja bulanan. Seperti biasa saat akhir atau awal bulan–waktunya gajian–swalayan ini memang sangat penuh sesak oleh pengunjung. Tentunya dengan tujuan yang sama seperti saya untuk belanja bulanan. Ada juga para pedagang yang memang belanja untuk kulakan lagi.

Harganya yang cukup miring dibandingkan toko waralaba yang dekat dengan perumahan membuat swalayan ini menjadi pilihan konsumen termasuk saya untuk belanja bulanan dan dalam jumlah banyak. Namanya juga ibu rumah tangga selisih 500 hingga 1000 rupiah pasti akan tetap dicari hehe.

Suasana swalayan yang penuh terkadang memang membuat ketidaknyamanan, karena untuk jalan saja harus antri. Apalagi bila harus mendorong troly harus ekstra hati-hati, agar kaki pengunjung yang lain tidak terlindas. Barang yang dipajang pun sering kehabisan stok bila memang jumlah pembeli sedang puncak. Saya sering mengalami kehabisan stok di bagian deterjen dan cairan pencuci piring.

Swalayan sudah siap menyediakan kue-kue lebaran

Kebetulan tanggal 6 Juni adalah hari libur dan bertepatan dengan tanggal muda, jadilah swalayan itu penuh sesak dengan orang yang ingin berbelanja. Ditambah lagi ada stand yang berisikan kue-kue kering yang biasanya diburu oleh pembeli saat jelang Lebaran. Ramadhan saja belum dimasuki, eh ini sudah menyediakan aneka kebutuhan Lebaran :(. Jadi bisa terbaca ya, kalau ternyata yang penting bagi masyarakat adalah seremoni belanjanya bukan ibadahnya.

Nafsu belanja itulah yang dimanfaatkan oleh para pedagang untuk mencari keuntungan. Dan sebagai umat Islam tentunya kita harus instropeksi diri, agar jangan sampai terjebak kepada nafsu belanja dan melupakan ibadah yang seharusnya kita jalani.

Selamat memasuki bulan yang penuh keberkahan. Marhaban ya Ramadhan.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>