Pilihan Membuka Rekening Tabungan BNI Syariah

Situs BNI Syariah

TIba-tiba terbesit keinginan untuk memiliki tabungan syariah. Bukan karena belum punya. Sebenarnya saya sudah pernah punya tabungan di beberapa bank syariah. Rekening tabungan syariah yang pertama kali dibuka adalah di bank Muamalat, sekitar tahun 2003. Selanjutnya pernah punya dan merasakan menjadi nasabah di bank¬† syariah lainnya. Berturut-turut adalah Bank Syariah Mandiri, BCA Syariah, dan BRI Syariah. Nasib semua rekening tersebut sekarang sudah ditutup, karena tidak pernah diisi ūüėÖ. Namanya juga usaha untuk menabung. Kalau harus tutup di tengah jalan. Sebab tidak ada yang bisa disetor, apa boleh buat. Eh, tapi masih ada rekening tabungan yang belum ditutup di BRI Syariah. Semoga tidak ditutup oleh sistem, karena sudah lama tidak melakukan penyetoran.¬†

Sebelum Membuka tabungan di Bank Syariah

Alasan ingin membuka rekening kali ini, adalah untuk menghindari biaya. Dalam arti, supaya kalau melakukan kegiatan mentransfer uang tidak kena biaya. Tahu sendirikan, tiap melakukan transfer antar bank dibebani biaya cukup lumayan. Jumlahnya antara 4500 sampai 6500 rupiah per transaksi. Alasan kedua, supaya punya rekening di bank syariah khusus untuk bertransaksi. Walau sudah punya preferensi, bank syariah mana yang akan dituju. Berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya. Saat memiliki tabungan dari beberapa bank syariah. Kali ini sebelum membuka rekening dan supaya nyaman ke depannya memiliki tabungan di bank syariah. Sengaja mencari informasi lebih dahulu melalui internet. Tiga hal dipertimbangkan sebelum membuka tabungan di bank syariah.

Biaya Administrasi dan Kartu

Hampir semua bank baik konvensional maupun syariah. Membebankan biaya administrasi dan kartu, yang nilainya lumayan. Bahkan kata seorang teman, uang tabungan bisa habis hanya untuk membayar biaya administrasi dan kartu. Tentu saja ini berlaku dan amat terasa bagi para nasabah yang jarang menabung. Apalagi saldo tabungan yang mengendap hanya sedikit jumlahnya. Dari pengalaman memiliki tabungan di BRI Syariah. Mulai dari buka tabungan pertama kali di tahun 2010 hingga sekarang. Bank ini tidak membebankan biaya administrasi dan kartu, kepada nasabahnya.

Fasilitas dan Jaringan ATM

Penggunaan ATM bagi pemilik tabungan di bank tentu tidak dapat dipisahkan. Dengan ATM memudahkan transaksi perbankan dilakukan oleh nasabah. Walau sekarang ini sudah ada fasilitas internet banking dan mobile banking. Dengan beragam manfaat yang dapat digunakan. Fasilitas ATM tetap tidak bisa tergantikan. Salah satunya adalah fungsinya sebagai kasir pribadi. Yang dapat memberikan pelayanan untuk tarik tunai uang. 

Jumlah dan jaringan ATM yang diberikan juga amat berpengaruh. Itu berarti pihak bank amat mengerti kebutuhan dari nasabahnya. Selain bank Muamalat, bank syariah yang ada biasanya memiliki bank konvensionalnya. Walau antara bank konvensional dan syariah sudah berbeda manajemen. Tetap saja ada beberapa bank yang memberikan fasilitas ATM sebanyak jaringan ATM bank konvensional. Sehingga menguntungkan nasabah, karena jumlah mesin ATMnya jadi lebih banyak. Selain itu, transaksi menggunakan ATM milik bank konvensionalnya tidak dikenakan biaya sama sekali. 

Kantor Pelayanan Bank

Entah kenapa, perkembangan bank syariah di Indonesia terkesan lambat sekali. Padahal pangsa pasarnya sudah sangat jelas. Yaitu umat muslim yang jumlahnya hampir 90% dari total penduduk. Namun sepertinya bank syariah diurus setengah hati, sehingga kemajuannya tidak begitu kentara. Beda sekali dengan bank konvensional, yang sangat memanjakan nasabahnya. Mulai dari jumlah kantor pelayanan, fasilitas ATM, fasilitas dan pelayanan lainnya. 

Kantor pelayanan bank syariah yang ada sekarang ini jumlahnya teramat sedikit. Dibandingkan dengan bank konvensionalnya. Mengatasi tersebut, akhirnya ada bank syariah yang memanfaatkan bank konvensionalnya. Untuk memberikan pelayanan kepada nasabah, dalam hal kemudahan bertransaksi. Salah satunya adalah untuk penyetoran uang tabungan. Hal ini tentu saja menggembirakan bagi para nasabah bank tersebut. Memudahkan nasabah untuk menabung, melalui kantor pelayanan bank konvensional yang terdekat dari rumahnya. 

Asalkan ada jaminan dari pihak bank syariah, bahwa layanan ini hanya sebatas menerima setoran uang tabungan saja. Selanjutnya untuk pengelolaan harus dilakukan oleh bank syariah yang bersangkutan. Agar prinsip syariahnya jelas dan tidak tercampur dengan bank konvensionalnya. 

Pilihan Membuka Rekening Tabungan BNI Syariah 

Mempertimbangkan ketiga hal penting dalam membuka tabungan bank syariah di atas. Saya pun menjatuhkan pilihan membuka rekening tabungan BNI syariah. Sebagai tempat membuka rekening dan menyimpan uang. Walau kantor pelayanan bank untuk membuka rekening pertama kali cukup lumayan jaraknya. Tapi kalau ingin menabung saya bisa menggunakan layanan dari BNi konvensional. Kebetulan letaknya cukup dekat dari rumah. Kurang lebih berjarak satu kilometer, jadi sambil jalan atau naik sepeda. Masih bisa dilakukan. Hitung-hitung nabung bonus bisa olahraga, supaya badan bergerak dan berkeringat ūüėä.¬†

Selain itu yang saya suka adalah saat melakukan salah satu transaksi antar banknya. Yaitu transfer dari BNI Syariah ke BNI konvensional atau sebaliknya tidak dikenakan biaya sama sekali. Ini salah satu fasilitas dan pelayanan yang membuat senang. Masih jarang bank syariah lain menerapkannya. Kebetulan suami memiliki rekening di BNI konvensional. Sebagai rekening untuk menerima gaji dari kantornya. Selama ini kalau beliau setoran uang belanja pasti terkena biaya transfer antar bank. Sebesar 4500 sampai 6500 per transfer, kalau dipikir-pikir lagi amat sayang mengeluarkannya. Setelah memiliki rekening baru di BNI Syariah, untuk urusan transfer mentransfer jadi bebas biaya. 

Cara Membuka Rekening Tabungan di BNI Syariah

Cukup mudah cara membuka rekening tabungan di BNI Syariah. Sebelumnya anda dapat mencari informasi di situsnya BNI Syariah. Tentang jenis tabungan yang dapat dipilih dari beberapa yang ditawarkan. Siapkan persyaratan administrasinya untuk membuka rekening tabungan, yakni KTP dan NPWP. Serta sejumlah uang yang akan disetor sebagai isi tabungan anda pertama kalinya. Jumlahnya tentu saja terserah, tapi perhatikan batas minimum yang harus disetor. Jumlahnya berbeda-beda tergantung jenis tabungan yang dipilih. Paling sedikit jumlah yang disetor sebesar 20 ribu rupiah, untuk jenis tabungan bernama Tabunganku. Bagi anda yang belum memiliki NPWP, bisa menggantinya dengan kartu keluarga. Jangan lupa untuk mendaftarkan diri anda secara daring terlebih dahulu. Melalui tautan membuka rekening tabungan secara daring, sebelum datang ke kantor BNI Syariah terdekat. 

Pengalaman saya pada tanggal 4 September 2020 lalu, langsung datang ke BNI Syariah di Rawamangun. Di luar disediakan wastafel lengkap dengan sabun pencuci tangan dan tisu. Diperuntukan bagi para pengunjung bank untuk mencuci tangannya. Baru masuk ke BNI Syariah sudah disambut oleh petugas keamanan di depan pintu. Yang meminta para pengunjung untuk melepas jaket yang dipakai dan menggantungkannya di rak yang sudah disediakan di luar. Kemudian ditanya untuk keperluan apa datang dan ditunjukkan tempat mengambil nomor antrean. Saat sedang duduk menunggu nomor antrean dipanggil, saya ditanya kembali oleh petugas keamanan. Apakah sudah membuka rekening secara daring sebelumnya? 

Ternyata tetap harus membuka rekening secara daring terlebih dahulu. Walau kita sudah datang ke bank. Untungnya tetap bisa dilakukan di banknya, tidak diminta kembali ke rumah lagi. Setelah membuka rekening secara daring, barulah nanti diproses oleh petugas bank. Berdasarkan kode dari QR code yang diberikan saat mendaftar di situsnya. Proses membuka rekening tabungan lumayan lama juga, entah kenapa ya? Tidak bank syariah tidak bank konvensional, urusan membuka rekening pasti membutuhkan waktu yang lama sekali. Bisa sampai satu jam, kalau diperhatikan. Dari dulu sepertinya belum ada bank yang berhasil memberikan terobosan baru, terhadap pelayanan pembukaan rekening tabungan. Coba ada ya, bank syariah yang dapat mempeloporinya. Pasti dapat meningkatkan pamor dari bank syariah di masa depan. 

Bingkisan di Hari Pelanggan Nasional

Rezeki memang terkadang tidak dapat diprediksi datangnya. Termasuk rezeki mendapatkan bingkisan dari BNI Syariah, Rawamangun. Selesai proses pembukaan rekening tabungan baru. Petugas pelayanan pelanggan memberikan tas kertas, berisi bingkisan di Hari Pelanggan Nasional (HPN). Alhamdulillah, senangnya. Sesampainya di rumah langsung dibuka, isinya lumayan banyak. Berupa perlengkapan yang sangat berguna di masa pandemi virus korona. Ada botol minum, satu set sujeo (sendok, garpu, sumpit), sedotan beserta pembersihnya. Ditambah lagi masker bahan motif batik, dan penyanitasi tangan. Ternyata saya datang dan membuka rekening tabungan di BNI Syariah, bertepatan dengan perayaan Hari Pelanggan Nasional. Niat baik membuka tabungan di bank syariah langsung diberi rezeki bingkisan di Hari Pelanggan Nasional, Alhamdulillah.

Bingkisan di Hari Pelanggan Nasional dari BNI Syariah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.