Petugas Kebersihan Yang Mempertaruhkan Nyawa

Petugas kebersihan di stasiun keretaBeberapa bulan yang lalu saya pernah menggunakan jasa dari PT. KAI. Tepatnya menggunakan commuter line bersama anak-anak untuk jalan-jalan dalam kota. Walau hanya beberapa stasiun saja yang kami lewati tapi cukup menyenangkan. Asalkan dilakukan dengan hati riang walau hanya jalan-jalan murah dan singkat tapi cukup memberikan pengalaman bagi anak-anak.

Postingan ini hanya ingin berbagi cerita saat berada di stasiun sambil menunggu kedatangan kereta. Naluri seorang blogger pasti muncul saat melihat sesuatu yang menarik. Dengan bermodalkan kamera yang berada di telepon genggam pintar, tentunya saya jepret sana jepret sini. Harapan dari foto dan melihat langsung dapat segera diceritakan kembali di blog.

Namun sayang terkadang keinginan untuk segera menuliskannya terlupakan ketika telah sampai di rumah :D. Seperti kali ini saya baru sempat menuliskannya. Padahal foto dan kejadian ini dialami pada bulan April yang lalu. Begitulah karena seringnya mengambil foto sampai terkadang terlewat untuk diceritakan.

Petugas kebersihan mempertaruhkan nyawa

Petugas kebersihan di stasiun yang menarik mata saya untuk mengambil fotonya. Bukan petugas kebersihan biasa yang biasa berada di tempat aman. Tapi petugas kebersihan yang mempertaruhkan nyawa untuk memberikan kenyamanan bagi para calon penumpang kereta api. Bagaimana tidak mempertaruhkan nyawa petugas kebersihan ini memunguti sampah-sampah yang berada di rel kereta api. Menyusuri rel lintasan kereta api untuk mencari sampah dan ditempatkan ke dalam kantong plastik. Tanpa menggunakan alat keamanan yang dapat melindungi dirinya.

Seperti yang dapat anda lihat di foto di atas. Petugas kebersihan tersebut harus jongkok mendekam di bawah peron untuk menghindari kereta yang akan lewat. Petugas kebersihan hanya dibekali dengan kantong plastik sampah untuk mengumpulkan sampah-sampah yang ada. Tanpa memakai topi pelindung ataupun baju pelindung khusus. Meski saya mengetahui tidak akan ada alat pelindung yang dapat melindungi dari hempasan kereta api. Tetap seharusnya petugas kebersihan tersebut dibekali dengan alat keamanan dan pelindung bagi dirinya saat bekerja.

Terbayangkan, bagaimana petugas kebersihan tersebut mempertaruhkan nyawa. Kelalaian dan kelengahan sedikit saja maka nyawa langsung melayang. Mungkin pihak PT. KAI ataupun pihak perusahaan pemberi kerja dapat memikirkan untuk memberikan perlindungan bagi petugas kebersihan tersebut.

Bagi saya dan juga anda bisa juga kok membantu petugas kebersihan tersebut. Caranya tentu saja dengan membuang sampah pada tempatnya. Dengan tertibnya para penumpang kereta api dalam membuang sampah. Maka tidak akan ada lagi petugas kebersihan yang harus mempertaruhkan nyawanya.

Yuk bantu agar petugas kebersihan di stasiun kereta api tidak lagi mempertaruhkan nyawanya saat bekerja.

8 thoughts on “Petugas Kebersihan Yang Mempertaruhkan Nyawa

  1. Beresiko sekali yang dikerjakannya yah, Bun. demi menyambung hidupnya dan keluarganya. mudah-mudahan bapak tersebut dan petugas kebersihan lainnya, selalu mendapat perlingdungan.

  2. Sungguh sebuah pekerjaan yang beresiko.
    Beruntung banget kita yang memiliki pekerjaan yang lebih baik dari mereka.
    Tapi salut deh, setidaknya pekerjaan yang mereka lakukan halal :)
    Semoga Tuhan selalu melindungi mereka, amin :)

  3. Selain yg di KAI yg suka bersihin jalan2 juga sama2 bersiko apalagi biasanya mereka nyapu pagi2 dan pas jam padat, ga kebayang kalau ada pengendara yg ga ati2 bisa celaka jadinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>