Pertanyaan Seputar Akte Kelahiran Yang Terlambat

Pada November 2013 yang lalu, di blog catcilku ini saya sudah membuat postingan yang berjudul membuat akte kelahiran yang terlambat. Ternyata responnya sungguh luar biasa banyaknya. Jadi baru tahu juga kalau ternyata banyak juga yang sampai dewasa belum memiliki akte kelahiran. Sempat bertanya-tanya sih, jadi sebenarnya akte kelahiran itu dibutuhkan tidak ya? penting atau tidak bagi syarat kependudukan di Indonesia?

Seharusnya sih pihak Dukcapil lebih giat ya memberikan sosialisasi fungsi dari akte kelahiran. Mudah-mudahan memang sudah ada sosialisasinya buat masyarakat sehingga kasus terlambat membuat akte kelahiran tidak akan terjadi. Sambil mengingatkan juga bagi para calon orang tua dan orang tua, supaya segera membuatkan akte kelahiran untuk anak sesaat setelah anak lahir. Alasannya agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pendaftaran sekolah/kuliah anak dan melamar pekerjaan.

Bagi anda yang tinggal di Jakarta Timur, untuk pengurusan akte kelahiran, akte kematian, akte perkawinan, akte perceraian, kutipan kedua (duplikat), legalisir akte sekarang tidak lagi berada di Walikota Jakarta Timur. Tapi telah pindah ke Kantor Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administratif Jakarta Timur. Beralamat di Jalan Cipinang Baru Raya No. 16, Jakarta Timur mulai tanggal 5 Mei 2014.

Pertanyaan Seputar Akte KelahiranYang Terlambat

Dari postingan membuat akte kelahiran yang terlambat saya mendapatkan banyak pertanyaan di kolom komentar. Di postingan kali ini akan saya tambahkan informasi yang berhasil saya dapatkan. Untuk menjawab pertanyaan seputar akte kelahiran yang terlambat, diantaranya:

1. Perlu sidang atau tidak untuk mengurus akte yang terlambat? Tidak perlu sidang ke pengadilan lagi untuk pengurusan akte yang terlambat

2. Apakah diperbolehkan buat akte saat usia telah dewasa? Diperbolehkan, tinggal membuktikan dengan membawa ijazah dan kartu keluarga

3. Membuat akte di tempat yang berbeda dengan tempat saat dilahirkan? Diperbolehkan, asalkan membawa surat keterangan lahir dari bidan atau rumah sakit

4. Untuk anak yang terlahir karena nikah siri atau hasil dari perbuatan di luar pernikahan bisakah dibuatkan akte kelahirannya? Bisa dibuat akte kelahirannya, dengan syarat yang ada di postingan membuat akte kelahiran yang terlambat ditambah dengan mengisi formulir Surat Pernyataan Luar Kawin. Pada akte kelahiran hanya akan tercantum kalimat: “…anak dari seorang ibu…”. Kasihankan nanti untuk psikologis anak tentunya akan merasa rendah diri dan malu. Karenanya untuk mencegah hal tersebut terjadi ada baiknya menikah resmi terlebih dulu

Surat Pernyataan Luar Kawin

5. Akan dipersulit atau tidak dalam pengurusan akte kelahiran yang terlambat? Segala sesuatu yang sudah telat mungkin akan menjadi terlihat seperti lebih panjang dan sedikit menyulitkan dalam pengurusannya. Tapi ikuti saja prosedurnya dengan melengkapi seluruh persyaratan yang diminta. Berprasangka baiklah kepada para petugas di Sudin Dukcapil selama mengikuti seluruh proses membuat akte yang terlambat. Yang perlu diingat lagi, saat ini sudah tidak ada pungli untuk pengurusan akte yang terlambat. Tentunya harus bersabar, yang terpenting sering bertanya kepada petugas kapan akte kelahirannya akan jadi dan selesai.

Semoga dengan postingan ini dapat menjawab pertanyaan seputar akte kelahiran yang terlambat. Kalau boleh saya sarankan segera mengurus akte kelahirannya ya, walau terlambat. Tetap semangat untuk mendapatkan akte kelahiran :).

Untuk melengkapi bacaan anda tentang akte kelahiran bisa dibaca di:

  1. Membuat Akte Kelahiran yang terlambat
  2. Cara membuat akte kelahiran secara detail.

BACA INI:

Untuk lebih jelas silahkan anda baca postingan terbaru saya dengan judul informasi akte kelahiran seluruh Indonesia atau bisa langsung hubungi nomor telepon yang ada di daftar  ini , silahkan untuk diunduh terlebih dulu ya.

 

Incoming search terms:

  • bisakah menikah tanpa akte kelahiran
  • bolehkah menikah tanpa akte kelahiran
  • bisakah menikah tanpa ijazah
  • telat bikin akte kelahiran
  • menikah tanpa akte kelahiran
  • contoh surat keterangan pengganti akte kelahiran
  • nikah tanpa ijazah
  • surat pernyataan belum memiliki akta kelahiran
  • pertanyaan tentang akta kelahiran
  • surat pengganti akte kelahiran

60 thoughts on “Pertanyaan Seputar Akte Kelahiran Yang Terlambat

  1. kalo surat nikah orang tua abis karena waktu yg cukup lama,apakah saya masih bisa bikin akte kelahiran dengan usia sekarang 34 tahun?

    • Saya baru tahu kalau surat nikah ada masa kadaluarsanya. Surat nikah yang model mana itu ya pak?
      Umur 34 masih bisa buat akte kelahiran, walau terlambat. Tinggal membawa kelengkapannya saja seperti yang saya tuliskan dalam postingan ini, lalu bawa dan tanyakan ke Sudin Dukcapil tentang proses selanjutnya. Terima kasih

      • Mau tanya klu orgnya Uda meninggal cmn anaknya mau urus akte kelahiran nya untuk kelengkapan buat akte lahir,gmn caranya y

    • Mohon maaf bu, saya memang belum melihat atau bertanya ke Dukcapil apakah ada peraturan baru tentang pembuatan akte kelahiran yang terlambat. Apakah ada biaya dan apa saja syaratnya. Karena saat postingan ini dibuat memang informasi yang saya dapatkan tidak ada biaya. Silahkan bertanya lebih lanjut ke Dukcapil ya bu

  2. Saya berusia 22 tahun. Sejak kecil tinggal dengan keluarga bibi. Sehingga masuk ke dalam KK keluarga beliau. Apakah bisa jika saya ingin membuat akte tapi tidak memiliki surat keterangan lahir juga akte nikah orang tua. Kota tempat tinggal saya saat ini berbeda dengan kota tempat saya lahir. Mohon penjelasannya, prosedurnya bagaimana dan apa syarat-syaratnya. Terima kasih

    • Setahu saya harus ada surat keterangan lahir dan surat nikah ortu. Tapi coba tanyakan lebih lanjut ke Kecamatan atau Dukcapil tempat adek tinggal. Mungkin ada kompensasi atau formulir tambahan yang harus dilengkapi untuk pengganti surat keterangan lahir dan surat nikah ortu yang tidak ada. Selamat mencoba membuat akte kelahiran

  3. Anakq 4taun dan 1taun dan q pun blm membuatkan akte untk ke2 ankq
    … Apkh bisa ankq menjadi ankq sja tNpa ada nma ayah

  4. bgmn buat akta utk anakku, ini suami kedua, aku menikah gereja, blm ada cat sipi. suami pertama sdh pisah tapi gak cerai pengadilan, gmn buat akta anak dan akta nikah utk perkawinanku skrg

  5. Umur saya 26tahun sebelum ya KTP saya Medan berubah jadi KTP saya Jakarta Timur dan KK saya pun sudah keluar..waktu itu Orang tua saya tidak ada biaya buat urus Akte lahir saya..sedaangkan adik2 saya sudah punya akte lahir..
    Kemarin orangtua saya ingin urus akte lahir saya dimedan tapi ditolak dari kependudukan bahwa setahun yang lalu saya cabut KTP Medan dan saya sudah tercantum dengan di KTP jakarta timur ..
    Maaf pak/ibu bagaimana prosuder untuk buat akte lahir saya..
    Ada biaya..berapa biaya nya

    Ad

    Maaf pak/ibu saya ingin buat akte lahir t

  6. Saya menikah secara agama kristen thn 2007,dan telah mempunyai 2 org anak,saya sahkan pernikahan dicatatan sipil 2012,apakah akte lahir anak saya bisa mencantumkan nama ayah?

  7. Sy mau tanya,nik yang ada di kartu keluarga apakah tidak bisa keluar kalau tidak dpt menyerahkan akte kelahiran?berapa lama pembuatan akte kelahiran yg terlambat untuk jakarta timur?terimakasih.

    • Syarat terbaru untuk pembuatan akte kelahiran adalah harus memasukan nama anak terlebih dahulu kedalam KK bu. Lama pembuatannya sih sesuai janji layanannya 14 hari kerja bu

  8. saya mau tanya pak, anak ke 2 saya perempuan dan diaktenya tertulis anak pertama dan jenis kelaminnya laki2 , kalo cara merubahnya bagaimana ya pak?. berkas2 apa saja yang saya harus bawa?. terima kasih

  9. saya berumur 21 tahun
    namun ortu saya cerai dan beliau nikah lagi
    saya ikut sodara dan kartu keluarga saya ikut sodara juga
    ibu saya menikah dengan orang bogor
    ayah saya menikah dengan orang cilacap
    apakah saya masih bisa bikin akta sementara surat nikah kedua ortu kandung saya ngga ada
    gmna penjelasannya trimakasih :)

  10. saya mau tanya..apa bs urus akta lahir anak saya yg skrg umur 6thn dgn akta cerai?..krn saya sdh berpisah lama dgn suami..kira2 kena denda brp n brp lama proses pembuatan akta lahir ini smpe selesei?…trimakasih utk bantuan sarannya..

  11. Saya punya anak umur 3bln belum mempunyai akte karna saya hanya nikah sirih,, kata org tua dan om saya makin bertambah umur sianak makin susah dan makin bnyak pellngeluaran untuk Persidangan bikin akte,, apa bener??soalnya saya gak mau anak saya diadopsi sama tante saya demi dapetin akte kelahiran,, tolong dijawab ya

    • Mohon maaf untuk jawaban yang lama. Anak tetap bisa mendapatkan akte kelahiran. Karena nikah siri berarti tidak mempunyai buku nikah, maka nanti di akte akan ditulis “…anak dari seorang ibu…” Agar lebih jelas silahkan mendatangi Sudin Dukcapil di mana anda tinggal ya. Terima kasih

  12. saya mau tanya pak, saya punya kakak dia menikah sirih tahun 2009 lalu 2010 melahirkan anaknya kemudian ibu dari anak tersebut minta berpisah dari kakak saya dan anak tersebut diberikan ke kakak saya, sampai saat ini anaknya blm mempunyai akte lahir trus saya mau tanya bagaimana caranya supaya anak kakak saya yg tidak mempunyai ibu yg telah meninggalkannya ini membuat akte lahir ? mohon bantuannya pak. karna tanpa adanya akte lahir tidak bisa daftar sekolah.

    • Mohon maaf untuk jawabannya yang lama ya. Untuk anak yang terlahir di luar pernikahan yang tidak dicatatkan di KUA, maka anak tetap bisa membuat akte kelahiran. Tapi di akte akan hanya ditulis anak dari seorang ibu. Untuk kasus yang ditanyakan tetap harus ada KTP ibunya agar dapat diurus aktenya. Agar lebih jelas silahkan datang ke Sudin Dukcapil ya

  13. Pak/ibu mau tanya. Saya belum mempunyai akte kelahiran.
    Jika tempat lahir di ktp dan ijazah berbeda apakah masih bisa di urus akte kelahiran saya? Karna semua ijazah tempat lahir saya jakarta tpi di kk dan ktp tmpat lahir saya bekasi.
    Terakhir mengurus ijazah saya di mintain ijazah terakhir.

  14. Pak/ibu mau tanya. Saya belum mempunyai akte kelahiran.
    Jika tempat lahir di ktp dan ijazah berbeda apakah masih bisa di urus akte kelahiran saya? Karna semua ijazah tempat lahir saya jakarta tpi di kk dan ktp tmpat lahir saya bekasi.
    Terakhir mengurus akte kelahiran saya di mintain ijazah terakhir.

    • Setahu saya kalau mengurus akte kelahiran untuk orang yang sudah dewasa maka akan dimintai ijazah terakhirnya. Mungkin untuk menyamakan data dengan ijazahnya. Silahkan datang dan bertanya ke Sudin Dukcapil untuk lebih jelasnya

  15. Min mau nanya dong, saya kan udah 17 tahun tapi belum punya akte kelahiran. Pas mau daftar bidik misi jadi bingung soalnya kata guru bk harus ada akte untuk persyaratan juga. Akhirnya saya urus akte sendiri karena orangtua udah broken home dan kerja jauh semua. Nah ternyata nama saya di KK itu keliru, yg benar nama yg di ijasah. Itu gimana ya min? Apa ada kendala nantinya? Masak harus urus KK baru dulu sedangkan orangtua udah proses cerai di pengadilan.

    • Setahu saya kalau kasus untuk anak yang sudah besar dan mempunyai ijazah, bisa mengurusnya dengan melampirkan ijazah. Mungkin maksudnya agar nama di akte sama dengan yang di ijazah. Silahkan menghubungi petugas Sudin Dukcapil

  16. Mau tanya, bisakah akta kelahiran ganti nama orang tua? Soalnya nama ibu saya sudah di ganti, bisa atau tidak nama orang tua di akta yang dulu di ganti nama yang baru

    • Mohon maaf saya tidak mengetahui untuk hal seperti ini. Silahkan dan bertanya ke petugas di Sudin Dukcapil untuk mendapatkan informasi

  17. Yth, Bapak / Ibu Admin,

    Untuk pengurusan akta kelahiran yang terlambat ( baik anak dan dewasa ), apakah harus disiapkan surat keterangan ( bermeterai ) yang menyatakan bahwa keterangan kelahiran terlambat, apakah ada template/contoh

    terimakasih

  18. Maaf pak saya mau bertanya.
    Adik saya baru mngurus akte telat 7th,dengan biaya 1.7 ,apaa emang benar hargany segitu ???
    Mohon dibantu jawabny pak
    Trimakasih

  19. Asalamu alaikum.
    Saya lahir tgl 29 januari 1989. Dan sekarang saya usia 27. Tpi sampe saat ni saya blm buat akte kelahiran. Yg kupunya masih surat kelahiran dr dokter.
    Sekarang saya udah nikah.
    Saya mau buat akta kelahiran.apakah dipersulitkah? Apakah terkena denda? Mohon saran dan infonya.
    Terimakasih sebelumnya. Wasallamu alaikum .

    • Wa’alaikumussalam
      Insyaallah tidak sulit, ikuti saja alurnya. Janji layanannya sih 14 hari kerja. Waktu terakhir saya tanya sih tidak ada denda. Entah kalau berubah

  20. Pak saya mau bertanya saat ini usia saya sudah 47 tahun dan akte lahir saya hilang, bagaimanakah cara mengurusnya ?
    Saya tinggal di Cileungsi sudah masuk Bogor.
    Kami tunggu penjelasannya ya pak.
    Terima kasih.

    • Ibu silahkan membuat surat laporan kehilangan di Kantor Polisi, lalu buat surat pengantar RT dan RW untuk dibawa ke Kelurahan untuk meminta surat pengantar pembuatan akte kelahiran yang hilang. Selanjutnya silahkan ibu bawa ke Sudin Dukcapil. Demikian informasi yang saya dapatkan. Untuk lebih jelasnya silahkan hubungi petugas Sudin Dukcapil ya :)

  21. dear admin,umur saya 35 th dan blm punya akta lahir ,saya ingin buat akta lahir tapi tidak memiliki surat keterangan lahir dr rs,bidan atau lainnya dan tidak punya surat nikah ortu yg pada saat itu menikah th.69an.bagaimana buat akta lahir untuk kasus seperti saya. Terimakasih

    • bisa dengan menggunakan ijazah terakhir yang dimiliki bu. Baca juga postingan saya yang lain tentang membuat akte atau bisa datang ke SUdin Dukcapil untuk informasi yang lebih lengkap

  22. saya dan istri saya menikah dengan cara sirih ketika istri saya hamil 4 bulan saya melangsung kan pernikahan secara hukum negara setelah 5 bulan kemudian istri saya melahirkan anak pertama kami..

    1. pertanyakan pertama say apakah kami bisa membuat akte kelahiran anak kami dan bagaimana status yang tercatat di dalam akte tersebut. Apakah hanya nama ibu kandung nya saja atau nama kedua otang tua nya yang akan tertera..

    2. Kami belum mempunyai kartu keluarga sendiri. apakah saya harus membuat kk dulu atau akte kelahiran anak dulu.

    trims.

    • Saya coba jawab ya pak pertanyaannya, walau agak telat:
      1. Bisa dibuat akte dan nama yang tercantum kedua orang tuanya, karena sudah memiliki akte nikah
      2. Bapak harus membuat KK terlebih dulu, sekalian dimasukan nama anaknya yang akan dibuatkan akte kelahirannya. Karena syarat membuat akte sekarang harus mencantumkan nama di KK terlebih dulu.

      Semoga membantu. Untuk lebih jelasnnya hubungi Sudin Dukcapil ya pak :)

  23. Permisi Min.. Anak saya blm pnya akte smp umur 3thn ini. Dikarenakan mertua saya tdk mengijinkan istri saya pindah KK ikut saya di surabaya. Kami punya surat nikah,tapi KK kami masih blm jadi 1. Mohon Solusinya. Trimakasih.

    • Mohon maaf terlamabat jawabnya.

      Pernah saya tanya ke petugas Dukcapil Kecamatan (di Jakarta), tidak masalah KK orang tua tidak sama. Tinggal nama anak bapak didaftarkan saja dulu masuk ke KK salah satu orang tuanya (entah bapak atau Ibu)

    • seperti yang sudah dijelaskan di posting ini. Silahkan daftarkan dan dimasukan dulu nama anak ibu ke KK, selanjutnya baru diurus akte kelahirannya

  24. saya mau tanya pak ,,,
    anak saya sudah buat akte kelahiran dengan kutipan TANGGAMUS kabupaten dulu saya,,,,kecamatan PRINGSEWU,
    sedangkan PRINGSEWU sekarang sudah jadi kabupaten ,,,
    yang ingin saya tanyakan adalah haruskah anak saya bikin akte Kelahiran baru lagi untuk proses luar negri trima kasih untuk jawabannya .

  25. Salam hormat, 3 tahun yg lalu saya ngurus akta kelahiran anak saya melalui teman, karna begitu lamanya belum siap, saya abaikan, dan skarang ini saya ngurus kembali dan ternyata anak saya sudah terdaftar di dukcapil pada 3 tahun yg lalu, akhirnya saya tidak bisa ngurusnya kembali sebelum menunjukan surat biukti pengurusan 3 tahun lalu oleh teman saya. Sementara saya kesulitan menemukan teman saya tsb. Gmana caranya agar saya dapt mengurus kembali klw saya tdk bisa menunjukkan bukti surat pengurusan oleh teman saya tsb. Mohon bantuanya. Tmksh.

  26. Maaf mau tanya, mengenai persyaratan untuk pembuatan catatan sipil pernikahan apa saja? Saya sdh menikah secara agama okt 2016 lalu, tetapi blm mengurus akte nikah secara hukum. Jd ktp n kk sy & suami masih yg sbelumnya. Skarang sudah juli 2017, apa ada biaya keterlambatan mendaftar? Kalau ada, bisa tidak agar biaya itu tidak dikenakan / di per-ringan? Tks

  27. Slamat pagi, pak sy mau buat akte kelahiran umur sy skarang 30thn ,bapak & ibu sy nikah sah d KUA dan bapak sy sudah meninggal tp surat nikah ortu sy hilang,sy lahir D jember tp skarng sy berdomisili d manado sdh 10thn, sy sudah nikah d manado tp secara kristen kk ktp sy alamat manado, apakah sy masih bisa buat akte kelahiran ya pak soalx mau pake buat passport, kira2 sy buat akte k lahiranx d jember/ manado, makasih sebelumx

  28. kak mau tanya, saya rencana mau buat akte kelahiran terlambat
    orangtua udah pisah lama dan buku nikah atau aktr cerai nya gak ada
    dan sekarang ke2 orangtua tinggalnya berbeda dari tempat lahir saya, saya ikut kk kakek, prosedur bikin aktenya gimana ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>