Perpanjang SIM Online yang Mudah dan Cepat

Tahapan perpanjangan SIM OnlineHai, jumpa lagi di hari Kamis ini. Tidak terasa besok sudah hampir akhir pekan kembali. Kali ini saya akan menceritakan pengalaman tadi pagi saat memperpanjang SIM C. Semoga saja cerita pengalaman saya ini bermanfaat bagi pembaca blog catcilku.

Betul tadi pagi saya tanpa direncana melakukan perpanjangan SIM secara online. Diawali kedatangan seorang teman yang berprofesi sebagai sopir. Pak Opan namanya, datang sambil memegang SIM ditangannya. Melihat pemandangan tersebut, jadi teringat kalau pada bulan ini SIM C saya akan habis masa berlakunya. Langsung saja saya melakukan tanya jawab kepadanya.

Sampai pada kalimat usulan dari Pak Opan, di situ saja kalau memperpanjang SIM. Di SIM online Gorontalo. Cepat prosesnya, kalau tidak antri. Begitu kalimat tambahan darinya. Saya pun bertanya lagi, apakah bisa memperpanjang SIM di Jakarta Utara? Karena tempat tinggal di Jakarta Timur. Setelah diyakinkan kalau bisa memperpanjang di Gorontalo, Jakarta Utara. Saya pun mulai menimbang ingin segera memperpanjang SIM C. Karena masih sangsi dengan ucapan Pak Opan. Mungkin karena ada embel-embel SIM Online, jadi bisa di mana saja. Ucap saya dalam hati.

Kantor Satpas SIM Wilayah Jakarta UtaraJadi teringat akan artikel yang saya baca sehari sebelumnya di salah satu situs online, bahwa sudah ada aplikasi pembuatan SIM secara online. Tadi pun saya langsung membuka situsnya dan berharap dapat mencoba menggunakan aplikasi online itu. Setelah terbuka, saya malah menjadi ragu untuk melakukan pendaftaran secara online. Saya pun akhirnya memutuskan untuk datang langsung saja ke Gorontalo, karena dekat dengan posisi tadi pagi. Walau masih ada tersisa dua hari masa berlakunya saya memutuskan untuk segera memperpanjang SIM C. Kebetulan ada waktu dan ingat. Khawatir terlewat, karena akan repot bila sampai terlewat batas masa berlakunya. Pernah dapat broadcast di grup wa kalau sekarang ini ada peraturan kalau memperpanjang SIM tidak boleh terlewati batas masa berlakunya. Walau satu hari terlewatinya. Lebih baik lakukan perpanjangan SIM sebelum masa berlakunya habis.

Perpanjang SIM Online yang Mudah dan Cepat

Janji layanan perpanjangan SIM onlinePukul 08.40 pagi sendirian saya mencari kantor polisi, tempat pembuat SIM Online. Tujuannya tentu satu saja yaitu melakukan perpanjang SIM Online. Hanya berbekal informasi berupa alamat di jalan Gorontalo saja oleh Pak Opan.

Alhamdulillah, hanya sepuluh menit langsung ketemu tempatnya. Setelah satu kali bertanya kepada petugas penyapu jalan–lebih senang menggunakan kesempatan bertanya–daripada harus kesasar. Kantor Direktorat Lalu Lintas, Satpas SIM Wilayah Jakarta Utara memang tidak sebesar kantor Samsat yang terletak di Kebon Nanas. Tapi tempatnya cukup mudah untuk ditemukan. Entah karena masih pagi atau bagaimana, kantor Satpas ini masih sepi pengunjung. Saya pun memulai proses untuk pengurusan perpanjang SIM Online.

Sebelum berangkat ke Satpas tadi, kebetulan saya sudah mempersiapkan fotokopi KTP dan SIM yang ingin diperpanjang masa berlakunya sebanyak dua lembar. Ternyata dua lembar fotokopi tersebut merupakan syarat untuk mengurus perpanjangan. Alhamdulillah, jadi tidak repot cari tempat fotokopi. Berikut tahapan yang harus dilalui saat perpanjang SIM C Online:
1. Antri untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, dengan membawa fotokopi SIM yang ingin diperpanjang dan KTP yang masih berlaku. Masing-masing dua lembar
2. Siapkan uang sebesar Rp. 25.000,- untuk pemeriksaan kesehatan. Yang terdiri dari pemeriksaan mata secara sederhana, menimbang berat badan, dan pengecekan tensi darah. Pada tahap ini akan diberikan surat keterangan dokter yang memeriksa
3. Pendaftaran asuransi dengan membayar uang sejumlah Rp. 30.000,-. Pada tahap ini akan diberikan kartu keanggotaan asuransi Bhakti Bhayangkara
4. Melakukan pendaftaran di loket, dengan menyerahkan surat keterangan dokter, fotokopi KTP dan SIM
5. Melakukan foto diri
6. Tunggu sebentar untuk pencetakan, SIM C baru sudah jadi. Alhamdulillah. Saat pengambilan SIM akan dikenai biaya sebesar Rp. 75.000,- untuk SIM C (SIM A Rp. 80.000,-)

Pengalaman saya pagi hari tadi, 15 Desember 2016, total waktu yang dibutuhkan hanya 40 menit untuk mengurus perpanjang SIM Online yang mudah dan cepat. Berbeda 10 menit dari janji layanan yang terpampang di Satpas. Tidak mempermasalahkan perbedaan yang 10 menit, karena Itu sudah termasuk mengantri, karena tadi saat datang sudah mendapat antrian nomor urut 20. Sebelumnya ada empat orang lainnya yang juga masih antri tunggu panggilan pemeriksaan kesehatan. Bagaimana mudahkan mengurus perpanjangan SIM sendiri? jadi tidak perlu lagi tenaga calo untuk mengurus perpanjangan SIM anda. Sambil dukung program penghilangan pungli dari semua layanan.

3 thoughts on “Perpanjang SIM Online yang Mudah dan Cepat

  1. Loh on line dimananya mba? Kayaknya dulu saya perpanjang sim juga sudah seperti cerita si mbanya.. Itu tahun 2011. Saya pikir dengan sim online ngga perlu hadir ke kantor perpanjangan.

    Dan memang sekarang tidak ada toleransi keterlambatan meskipun hanya sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>