Perlu Atau Tidak Visa Bagi Perjalanan Wisata?

No visa untuk berkunjung ke Indonesia dari negara ASEANKalau ditanya tentang visa, terus terang saya tidak tahu, lihat saja juga belum. Pernah ke luar negeri juga belum, jadi tentang paspor dan per-visa-an sama sekali tidak mudeng hehe. Cuma pernah dengar-dengar, kalau visa adalah sebuah ijin yang dikeluarkan oleh suatu negara kepada seseorang yang akan mengunjungi negaranya pada suatu waktu. Sementara untuk pengurusan visa ini pemohon atau wisatawan diharuskan membayar sejumlah uang.

Dengar-dengar lagi kalau ada wisatawan yang akan berkunjung ke negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara atau yang berada di kawasan negara anggota ASEAN maka akan bebas visa. Saya pikir semua negara anggota ASEAN akan memberlakukan peraturan yang sama tentang visa ini. Ternyata tidak semua negara anggota ASEAN yang membebaskan visa, adalah negara Myanmar yang belum melakukannya. Imbasnya kalau kamu ingin menjadi wisatawan dan berkunjung ke Myanmar, harus siap-siap mengurus visa dan membayar sejumlah uang karena tidak cukup dengan hanya mengandalkan paspor yang dimiliki saja. Pengurusan visa bisa di Kedubes Myanmar yang ada di Jakarta atau bisa diurus saat kamu sudah tiba di terminal kedatangan Myanmar (Visa on Arraival).

Alasan apa yang dipakai oleh pemerintah Myanmar yang masih memberlakukan visa bagi wisatawan atau pengunjung yang berasal dari negara Anggota ASEAN, terus terang saya tidak mengetahuinya. Padahal Indonesia sendiri sudah memberlakukan bebas visa bagi pengunjung atau wisatawan yang berasal dari Myanmar. Mungkin terkait masalah keamanan bagi negara itu sehingga pemerintahnya tetap memberlakukan syarat adanya visa, bila ingin memasuki negaranya.

Perlu atau tidak visa bagi perjalanan wisata?

Kalau tujuannya agar suatu negara dikenal secara internasional melalui pariwisata, maka menurut saya visa tidak diperlukan lagi. Orang dengan tujuannya hanya untuk berwisata yang artinya terbatas waktu berkunjungnya maka sebaiknya dibebaskan dari urusan visa. Indonesia sendiri sudah memberlakukan pembebasan visa kepada para wisatawan yang berasal dari negara Anggota ASEAN berdasarkan azas timbal balik. Alasan memberlakukannya adalah untuk meningkatkan kualitas hubungan sosial dan ekonomi antara Indonesia dengan negara-negara di kawasan ASEAN.

Sehingga dengan kemudahan yang diberikan yaitu tanpa diperlukan visa, diharapkan akan menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia lebih banyak lagi. Yang berarti akan mendukung pariwisata yang mengusung tagline Wonderful Indonesia. Namun selain pembebasan visa bagi wisatawan yang berasal dari kawasan ASEAN, kalau untuk menarik lebih banyak lagi adalah dengan pelayanan dan keramahan yang harus diutamakan. Berikanlah senyum dan keramahtamahan yang sudah menjadi ciri khas Indonesia kepada wisatawan, sehingga diharapkan dapat membuat mereka terkesan dan puas.

 

 

 

 

 

 

4 thoughts on “Perlu Atau Tidak Visa Bagi Perjalanan Wisata?

  1. jalan-jalan untuk menikmati keindahan alam
    kalau visa-visa gitu biasanya untuk transaksi jual beli eh tapi gak tau juga sih belum pernah keluar negeri 😀
    menurutku gak penting banget pakai visa 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>