Peraturan Dan Adab Anggota Group

Group di whatsapp

Sekarang ini saya dan anda betul-betul dimanjakan oleh teknologi. Utamanya dalam hal berkomunikasi secara elektronik dengan orang lain. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk menunjang kemudahan dalam berkomunikasi. Baik komunikasi antar individu maupun kebanyak orang. Sudah menjadi surga tersendiri, karena didukung dengan sarana dan prasarana yang murah bahkan gratis.

Semua komunikasi menjadi lebih cepat dan terbuka, benar-benar tidak ada batasan lagi. Seolah-olah sudah tidak ada lagi batas antar negara, semua sudah menjadi satu. Itulah salah satu manfaat dari kemajuan teknologi saat ini. Saya cukup bersyukur karena adanya kemajuan tersebut. Membuat hidup menjadi lebih mudah dan dimudahkan.

Seperti yang saya bilang di awal tadi, ada bermacam aplikasi yang membantu dalam berkomunikasi secara elektronik. Ada whatsapp, line, facebook, telegram, dan lainnya. Dari masing-masing aplikasi itu bisa dibuatkan sebuah group atau kelompok. Yang dapat dimanfaatkan untuk komunikasi dengan banyak orang sekaligus. Ya saya dan mungkin anda, pernah masuk menjadi anggota sebuah group di salah satu aplikasi tadi. Group dibuat memang untuk memfasilitasi sebuah kesamaan kepentingan. Tujuannya untuk memudahkan dalam hal berkoordinasi antar banyak orang. Sekali dibuat tulisan di group semua anggota bisa ikut membaca. Sehingga dapat meringkas waktu dan mempercepat pekerjaan.

Sayangnya ada yang belum dapat memanfaatkan teknologi komunikasi dengan baik. Atau bahkan tidak mengerti ada batasan dan adab yang perlu dipatuhi. Jelang Dzuhur tadi, saya mendapatkan ide untuk membuat postingan tentang peraturan dan adab anggota group . Karena kejadian di sebuah group di mana saya jadi salah satu anggotanya, di whatsapp. Sudah sangat sering di group itu beberapa anggotanya ingin menonjol sendiri. Selain itu juga urusan pribadi dengan salah satu anggota saja dituliskan di group. Malas untuk menghubungi langsung orang yang bersangkutan. Dengan menggunakan jalur pribadi (japri).

Sering pesan antar pribadi, yang dituliskan di group. Ternyata melibatkan urusan yang sifatnya rahasia. Tidak sadar orang yang menuliskannya membuka sebuah rahasia. Baik rahasia dirinya sendiri atau orang lain. Akhirnya semua orang satu group jadi mengetahuinya. Tentu menjadi tidak baik ya kalau sudah seperti itu. Pesan lain yang dapat mengganggu anggota group lainnya adalah urusan yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan kepentingan group dibuat. Ibaratnya mencampuradukan berbagai kepentingan.

Peraturan dan Adab Anggota Group

Group di manapun seharusnya ada peraturan dan adab yang harus dijalankan dan dipatuhi oleh semua anggotanya. Baik dibuat secara tertulis dan diumumkan, maupun yang tidak diumumkan. Dianggap masing-masing anggota group sudah mengetahui dan taat dengan peraturan dan adab tersebut. Berikut adalah tiga peraturan dan adab anggota group yang harus dipatuhi:
1. Urusan pribadi harus menggunakan jalur pribadi (japri)
2. Hanya menuliskan informasi yang bermanfaat untuk kepentingan anggota group keseluruhan
3. Tidak menggunakan group sebagai tempat berjualan

Paling tidak, tiga peraturan dan adab anggota group di atas harus sudah dipegang masing-masing orang. Sebelum menjadi anggota dari sebuah group. Sehingga tidak mengganggu orang lain dan kesalahpahaman antar anggota di group dapat dihindari.

Incoming search terms:

  • peraturan grup whatsapp
  • peraturan group whatsapp
  • peraturan grup wa
  • contoh peraturan grup wa
  • peraturan grup line
  • membuat peraturan di grup
  • contoh peraturan grup whatsapp
  • contoh aturan grup wa
  • peraturan wa
  • etika wa digroup

One thought on “Peraturan Dan Adab Anggota Group

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>