Pencanangan Hari Bea dan Cukai

Hari Bea dan CukaiSelamat pagi Indonesia!

Semangat dan doa saya tertuju untuk Indonesia tercinta agar menjadi baik :).

Sudah lama tidak mengisi blog ini dengan yang baru, hari ini saya pun ingin memberikan cerita yang baru untuk anda para pengunjung blog catcilku. Bicara tentang yang baru ada juga yang baru nih, yaitu Hari Bea dan Cukai.

Kenapa saya bilang baru tentang Hari Bea dan Cukai? Karena saya saja baru dengar dan baru tahu kalau ada hari Bea dan Cukai. Apa saya yang cupu dan kudet ya? Kebetulan pula baru hari dicanangkan secara resmi Hari Bea dan Cukai ini. Selama ini yang dirayakan dan diketahui oleh masyarakat dan bahkan para pegawai Bea dan Cukai sendiri adalah Hari Kepabeanan Internasional, yang jatuh setiap tanggal 26 Januari.

Pagi hari ini secara serentak Hari Bea dan Cukai dicanangkan pertama kalinya di seluruh Kantor Bea dan Cukai se Indonesia. Bahkan pagi hari ini di Kantor Pusat Bea dan Cukai di Jl. Jend. A. Yani diadakan apel pagi sekaligus pencanangan Hari Bea dan Cukai, dihadiri oleh Ibu Sri Mulyani Indrawati sebagai Menteri Keuangan secara langsung. Dalam apel tersebut Ibu Menteri pun memberikan amanatnya kepada seluruh pejabat dan pegawai di jajaran Bea dan Cukai.

Bea dan Cukai sendiri merupakan sebuah instansi pemerintah tingkat eselon I, yang berada di bawah Kementerian Keuangan. Sejarah telah mencatat bahwa Bea dan Cukai sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dahulu. Menurut cerita seorang teman yang menjadi pegawai di Bea dan Cukai, namanya dahulu disebut dengan Douane. Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, douane pun melebur dan masuk ke dalam salah satu urusan dalam struktur Pejabatan Pajak di Departemen Keuangan.

Dalam perjalanannya selama satu tahun, ternyata terdapat perbedaan karakter tugas dan posisinya yang strategis. Pada tanggal 1 Oktober 1946 Bea dan Cukai akhirnya menjadi sebuah Pejabatan sendiri di Departemen Keuangan (=sebutan untuk Kemenkeu). Pejabatan ini bertugas untuk mengoptimalkan peneriman negara urusan Bea dan Cukai. Ditunjuk sebagai Kepala Pejabatan Bea dan Cukai pertama kali adalah R. A. Kartadjoemena.

Masih kata teman yang bercerita dan kebetulan pernah terkena dirumahkan akibat Inpres. Saya baru tahu cerita lengkapnya seperti ini dari isi amanat yang disampaikan oleh Ibu Menteri. Bea dan Cukai pernah kehilangan kepercayaan publik sehingga oleh Presiden Soeharto dikeluarkanlah Inpres nomor 4 tahun 1985. Dengan Inpres tersebut sebagian kewenangan Bea dan Cukai dipangkas dan diberikan kepada surveyor (=Sucofindo) yang menjalankan Pre Shipment Inspection (PSI). Bea dan Cukai terus berbenah melakukan deregulasi dan debirokratisasi melalui penerapan Customs Fast Release System (CFRS) pada tahun 1990.

Dengan semangat perubahan dan untuk menjaga kepentingan nasional, pada tahun 1995 disahkan dua undang-undang yang mengatur tentang kepabeanan dan Cukai, yaitu: UU nomor 10 tahun 1995 tentang Kepabeanan dan UU nomor 11 tahun 199 tentang Cukai. Seiringa dengan implementasi UU Kepabeanan, maka pada tahun 1997 sistem PSI resmi dicabut. Diganti dengan sistem on arrival inspection yang berdasarkan pada prinsip self assesment dan penggunaan sistem pertukaran data elektronik–Electronic Data Interchange (EDI) mulai diterapkan.

Pencanangan Hari Bea dan Cukai

Tanggal 1 Oktober telah ditetapkan sebagai Hari Bea dan Cukai, yang dicanangkan pagi hari ini oleh ibu Sri Mulyani Indrawati. Dengan begitu pada tahun ini Bea dan Cukai sudah memasuki umur 70 tahun. Tentunya masih banyak harapan dari seluruh masyarakat dan negara terhadap Bea dan Cukai. Melalui fungsinya yang menjadi: pengumpul pendapatan (revenue collector), perlindungan kepada industri tertentu (industrial assistance), pemberi fasilitas dalam perdagangan (trade facilitator), pelindung masyarakat (community protector)  diharapkan Bea dan Cukai akan terus menjadi lebih baik dari sekarang.

Dirgahayu Bea dan Cukai yang ke-70

5 thoughts on “Pencanangan Hari Bea dan Cukai

  1. Wah ada harinya juga ya? Punya 2 sahabat bekerja disana. Yang di lapangan pekerjaannya nyerempet bahaya terus, gak beda dg polisi. Dia pernah mengejar penyelundup di perairan Batam sampai tembak2an segala. Dirgahayu bea cukai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>