Pedagang Telur Menggelar Dagangannya Di Atas Mobil Pick Up

image

Jauh sebelum Idul Fitri bahkan puasa Ramadhan belum juga mulai harga-harga kebutuhan sudah mulai merangkak naik. Salah satu penyebabnya tentu karena adanya kenaikan harga BBM, yang asalnya Rp. 4500 jadi naik jadi Rp. 6500.

Penyebab kenaikan kebutuhan pokok lainnya bisa juga dikarenakan banyaknya permintaan sementara persediaan sedikit. Mungkin juga terkait dengan adanya momen jelang Ramadhan. Semakin mendekati Idul Fitri biasanya harga-harga kebutuhan pokok semakin meroket tidak terkendali. Menjadi penyebab ibu-ibu rumah tangga pusing tujuh keliling.

Para ibu ini harus pandai-pandai mengatur uang yang diberikan suaminya untuk memenuhi semua kebutuhan. Anehmya kebutuhan pokok saat Idul Fitri juga bertambah dua kali lipat dari hari biasanya.

Harga yang tinggi “memaksa” para ibu untuk berburu barang-barang dengan harga murah. Peluang inilah yang diambil oleh para sebagian pedagang untuk mengais rejeki menjelang Idul Fitri.

Para pedagang yang ada hanya saat bulan Ramadhan atau hanya beberapa hari menjelang Idul Fitri, bisa disebut sebagai pedagang dadakan. Mereka ini pandai membaca peluang, menyediakan barang kebutuhan dengan harga murah. Yang tentunya sangat disukai oleh para ibu.

Seperti yang saya lihat hari Ahad kemarin. Di daerah Kranggan, Jakarta Timur ada yang menjual telur ayam dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga telur di warung. Pedagang ini menggelar dagangannya di atas sebuah mobil pick up yang dilengkapi dengan papan yang bertuliskan: telor Rp. 18.000/kg. Harga ini selisih Rp. 2000 dibandingkan dengan harga jual di warung yang lebih tinggi.

Pastinya pedagang dan pembeli akan sama-sama senang. Pembeli mendapatkan kebutuhannya dengan harga yang murah. Pedagang juga mendapatkan rejeki dari keuntungan penjualan yang dilakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>