Pasar Senen Akankah Jadi Kenangan?

image

Pasar Senen, anda tau dong? Kalau anda tinggal di Jakarta pasti tahu di mana letaknya. Tentu saja di kawasan Senen, Jakarta Pusat. Berseberangan dengan Stasiun Senen (Pasar Senen). Pasar ini kalau boleh saya sebut sebagai salah satu ikon Jakarta. Pasar yang menjadi pusat perdagangan yang ada di Jakarta Pusat ini dulu begitu megah. Bilang begitu dari kacamata saya sebagai anak kecil, sekitar tahun 80-an awal. Ibu yang kala itu masih bekerja di sekitar Tanah Abang sering mengajak saya ke kantornya. Pulangnya suka mampir ke Pasar Senen.

Pasar yang cukup besar dan komplit, apa saja ada di sana. Selain pasar tradisional, di pasar ini juga ada Matahari dan Robinson. Belum ada Atrium Senen kala itu dan Pasar Senen pun masih rapih dan tertata baik.

image

Berbanding terbalik kondisinya dengan sepuluh tahun terakhir ini. Pasar yang megah dan menjadi ikon Jakarta itu kini hanya menjadi sebuah gedung kumuh tak terawat. Apalagi setelah beberapa kali mengalami kebakaran. Terakhir kebakaran yang menghabisi pasar tradisionalnya. Kios-kios sayuran, ikan, ayam, dan daging kini dibuatkan pasar sementara. Ukurannya jelas lebih kecil dibandingkan yang sudah terbakar habis. Berantakan pastinya.

image

Pasar Senen kini ibarat kata, mati segan hidup tak mau. Mirip sekali kondisi dan keadaannya dengan dua buah bioskop yang berada di seberangnya. Tidak terawat. Sudah banyak toko yang tutup, mungkin kalah saing dengan Atrium Senen yang didirikan belakangan. Kini kalau melintas di Pasar Senen yang ada kesan kumuh dan ngeri.

Yang tertinggal hanya beberapa pedagang yang menjual aneka perabotan, aneka barang percetakan, kacamata, buah, sepatu, emas. Toko sepatu Bata yang cukup besar di lantai dasar, kini sudah tidak ada lagi. Digantikan dengan toko penjual pakaian-pakaian bekas. Sudah berbeda sekali dengan masanya saya sering diajak ke sana oleh ibu saat kecil. Sangat disayangkan sekali. Entah kenapa kondisinya dibiarkan seperti itu. Sebuah kesengajaankah atau sebuah kelalaian. Seharusnya gedung-gedung yang menjadi ikon kota haruslah dirawat dan dijaga. Agar kelak masih bisa menjadi peninggalan yang baik buat generasi berikutnya.

Sepuluh tahun dari sekarang masih adakah Pasar Senen? Atau tinggal kenangan? Kemudian digantikan dengan gedung pasar yang lebih modern. Tinggal menunggu saja kebijakan dari pemerintah dan pihak pengelola pasar.

4 thoughts on “Pasar Senen Akankah Jadi Kenangan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>