Palu Dan Pintu Darurat

image

Seberapa sering anda menggunakan jasa angkutan umum? Kalau saya sering untuk tujuan jarak jauh, berhubung belum punya kendaraan sendiri. Sementara untuk jarak dekat seimbang antara menggunakan motor sendiri dengan menggunakan angkutan umum. Yang saya maksudkan sebagai angkutan umum di sini adalah bus. Baik jarak dekat maupun untuk jarak jauh.

Sudah menjadi rahasia umum kalau kondisi angkutan umum di negeri ini cukup memprihatinkan. Tidak terawat, tidak memenuhi peraturan, hingga tidak menghargai nyawa penumpangnya. Menunggu gebrakan dari Bapak Menteri perhubungan baru. Yang pernah berhasil membuat gebrakan di dunia perkeretaapian Indonesia. Setidaknya kondisi perkeretaapian kini sudah jauh lebih baik. Dibandingkan dengan moda transportasi lainnya.

Angkutan darat begitu banyak jenisnya, diantaranya ada bus. Di postingan ini saya memang ingin membicarakan sedikit tentang bus. Didukung oleh foto yang saya ambil setahun lalu. Yaitu tentang perlengkapan yang seharusnya ada di dalam bus. Yaitu palu dan pintu darurat .

Kedua barang–palu dan pintu darurat–yang saya sebutkan amat sangat sulit dilihat. Karena jarang sekali ada bus yang perlengkapannya lengkap. Walau bus antar kota sekalipun. Makanya ketika ada bus yang menyediakannya, menjadi susuatu yang wajib saya foto. Sekaligus menjadi ide untuk dibuatkan tulisan. Apalagi sekarang sedang ikut tantangan menulis tanpa putus selama 20 hari. Apa saja dijadikan sumber ide menulis. Kembali ke tulisan setelah curcol.

image

Pintu darurat sebuah bus adalah pintu yang memang khusus dibuat untuk keluar saat keadaan darurat. Bisa juga kaca-kaca jendela yang ada di sekeliling bus dijadikan sebagai pintu keluar. Jadi diperbolehkan untuk memecahkan kaca bus saat kondisi bahaya. Selanjutnya digunakan sebagai pintu keluar. Palu tentunya untuk memecahkan kaca-kaca jendela. Seharusnya memang para pemilik bus menyediakan dan mengharuskan palu dan pintu darurat selalu ada di semua armadanya. Tentunya demi keamanan para penumpangnya

Semoga perjalanan aman dan sampai tujuan dengan selamat.

One thought on “Palu Dan Pintu Darurat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>