Menjadi Pelanggan Cerdas Dan Mandiri Dengan Cetak Tiket Mandiri

Petunjuk untuk cetak tiket mandiri

Akhir bulan Juli yang lalu arus mudik di Indonesia begitu terasa. Seperti tahun-tahun sebelumnya tradisi mudik memang masih banyak dilakukan oleh masyarakat. Yang bertempat tinggal berbeda dengan orang tua dan sanak saudara, dikarenakan pekerjaan. Mudik tiap tahun adalah suatu “keharusan” yang dilakukan demi mengobati rasa rindu dengan sanak saudara.

Seperti saya yang lahir dan besar di Jakarta, tentu tidak memiliki tradisi mudik itu. Jadi hanya bisa melihat dan mendengar cerita dari saudara atau teman yang mudik. Mulai dari sulitnya mendapatkan tiket, harga tiket yang mahal sampai dengan macet yang harus dilalui selama di perjalanan. Saya hanya dapat menyimpulkan dari tradisi mudik yang dilakukan itu ada suka dan dukanya.

Calon pemudik di Stasiun Senen

Bicara mudik dengan kendaraan umum, pastilah ada yang namanya tiket. Postingan kali ini saya ingin berbagi cerita tentang tiket kereta api. Mungkin ada dari pengunjung blog catcilku ini yang masih belum mengetahuinya. Ternyata PT. KAI terus memperbaiki semua layanannya kepada masyarakat pengguna jasa kereta api. Diantaranya adalah masalah pertiketan. Walau masih ada kekurangan di sana sini dan masih perlu perbaikan. Saya hanya ingin memberikan satu apresiasi positif tentang pertiketan ini.

Cetak Tiket Mandiri 

Struk pemesanan tiket

Entah sudah sejak kapan layanan cetak tiket mandiri ini diberikan. Sementara saya baru saja mengetahuinya pada Kamis, 31 Juli yang lalu. Saat mengantarkan ibu yang ingin mencetak tiket keretanya. Ibu memang berencana ingin ke Jawa Tengah. Menghadiri undangan ratipan (selametan yang diadakan oleh orang yang ingin pergi haji) kakak sepupunya. Sebelum ke stasiun ibu memang sudah membeli tiket kereta api melalui indomart dekat rumah. Berbekal struk dari indomart barulah kami menuju stasiun Senen.

Suasana stasiun pada waktu itu memang masih ramai bahkan cukup padat. Para calon pemudik yang ingin menuju kampung halamannya, ternyata masih banyak di hari H+3 itu. Setelah memarkirkan motor, kami pun menuju suatu tempat yang berdinding kaca. Letak mesin cetak tiket mandiri bersebelahan dengan tempat parkiran motor. Berhubung saya tidak punya informasi,maka tujuan pertama saya adalah cari petugas untuk bertanya.

Cetak tiket mandiri

Belum berhasil menemukan petugas untuk ditanyai, kami malah menuju sebuah kerumunan orang. Kebetulan di kerumunan orang tersebut memang ada petugas. Jadi sekalian saja, begitu pikir saya. Setelah melihat dari dekat dan membaca papan petunjuk, ternyata kami tidak salah tempat. Kerumunan di tempat yang kami datangi itu adalah tempat untuk mencetak tiket tiket kereta api secara mandiri.

Menjadi Pelanggan Cerdas Dan Mandiri Dengan Cetak Tiket Mandiri 

Mesin cetak tiket mandiri

Rupanya PT. KAI dalam usahanya memperbaiki dan meningkatkan layanan yang diberikan kepada pelanggannya. Juga ingin membuat para pelanggan menjadi pelanggan yang cerdas dan mandiri, dengan cetak tiket mandiri. Layanan mesin cetak tiket mandiri disediakan bersinergi dengan layanan urusan tiket lainnya. Yang juga bertujuan untuk menghindari praktek percaloan.

Cetak tiket mandiri memang menuntut para calon penumpang untuk cerdas dan mandiri. Dimulai dari mengenal teknologi yang digunakan pada mesin, yang berarti penumpangnya cerdas. Hingga melakukan cetak tiket kereta api secara mandiri. Semua dilakukan sendiri (mandiri) oleh penumpang. Saat ini memang masih ada petugas yang berjaga. Untuk membantu para calon penumpang yang ingin mencetak tiket kereta apinya. Di kemudian hari bukannya tidak mungkin keberadaan petugas di cetak tiket mandiri ditiadakan.

Cara menggunakan mesin cetak tiket mandiri cukup mudah kok. Anda hanya cukup menyiapkan kode booking, yang didapatkan saat memesan atau membeli tiket di mini market (alfamart atau indomart) atau secara online.

Tiket hasil cetak di mesin CTM

Setelah kode booking yang terdiri dari alfa numerik anda masukan. Selanjutnya anda tinggal menekan tombol cari, untuk mencari nama-nama yang tercantum di tiket. Selanjutnya akan muncul daftar nama-nama yang akan dicetak di tiket. Anda dapat mencocokan data-datanya, bila telah sesuai tinggal menekan tombol cetak. Yang berarti perintah untuk mencetak tiket yang anda beli. Berapa pun jumlah tiket yang dipesan dalam satu kode booking akan langsung tercetak. Jadi tidak perlu masing-masing tiket dicetak satu per satu.

Mesin cetak tiket mandiri di Stasiun Jatinegara

Di Stasiun Senen jumlah mesin cetak tiket mandiri disediakan cukup banyak. Ada 5 buah mesin untuk mempermudah calon penumpang kereta api untuk mencetak tiketnya secara mandiri. Sementara kalau di stasiun Jatinegara hanya disediakan 1 buah mesin saja. Mungkin karena melihat stasiunnya yang lebih kecil dibandingkan dengan di Senen, makanya disediakan hanya 1 mesin saja.

Incoming search terms:

  • cetak tiket mandiri jatinegara

5 thoughts on “Menjadi Pelanggan Cerdas Dan Mandiri Dengan Cetak Tiket Mandiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>