Mengerikan, Minuman Beralkohol Bebas Dijual Di Mini Market

image

Hari pertama di bulan Januari di tahun 2015. Saya keluar rumah bersama kedua putri. Tidak jauh hanya ke sebuah mini market yang berada tidak jauh dari rumah. Hanya ingin membeli keju. Belum juga sampai untuk mengambil keju di raknya. Saya sudah tertarik untuk ke sebuah mesin pendingin yang berisi aneka minuman dingin.

Terlihat berjejer rapi botol-botol minuman mulai dari susu, jus, air mineral, susu fermentasi, dan minuman bersoda dari beberapa merek.  Berbagi tempat berada dalam dua mesin pendingin. Sementara ada satu mesin pendingin lagi yang disediakan khusus untuk minuman beralkohol aneka merek. Ya mesin pendingin inilah yang saya datangi pertama kali saat memasuki mini market. Selanjutnya baru saya mencari keju yang dibutuhkan.

Mengerikan, Minuman Beralkohol Dijual Bebas Di Mini Market

Sebagai seorang ibu, muslim dan warga masyarakat, saya terusik dengan kondisi sekarang yang begitu terbuka dan mudahnya jual beli minuman beralkohol. Bahkan beberapa waktu lalu saya pun mendapatkan kiriman foto. Yang menggambarkan botol-botol minuman beralkohol dipajang di samping kasir di salah satu mini market. Jelas sekali maksud pemajangan tersebut, yakni mempermudah orang melihat kemudian tertarik dan akhirnya membelinya. Pokoknya sungguh mengerikan, minuman beralkohol dijual bebas di mini market.

Tadi pun saya sempat bertanya kepada salah satu petugas mini market, yang namanya tidak dicantumkan di sini. Apakah setiap pembeli minuman beralkohol itu diperiksa identitasnya? Jawabannya tidak. Hanya mengandalkan porsi tubuh saja kalau terlihat masih kecil, muda, dan anak-anak tidak diizinkan untuk membeli. Hanya sebatas itu saja saringan dari petugas mini matket kepada pembeli minuman beralkohol itu. Kalau hanya sekedar saringan sederhana begitu, mana mungkin dapat diketahui usia sesungguhnya dari pembeli. Padahal di mesin pendingin tertera kalimat peringatan: Produk bir tidak boleh dibeli atau dikonsumsi oleh pelajar atau usia di bawah usia 21 tahun. Masih menurut keterangan petugas, banyak juga anak-anak yang masih kecil berusaha dan mencoba-coba untuk membeli minuman beralkohol. Bagaimana tidak ada anak-anak mencoba membelinya. Mereka pasti penasaran dengan apa yang ada di dalam minuman beralkohol yang telah dijual bebas di mini market.

image

Pertanyaan saya selanjutnya kepada petugas mini market adalah apakah setiap hari ada pembeli minuman beralkohol? Yang kemudian dijawab dengan jawaban yang mengejutkan. Yakni, iya setiap malam dan tiap hari ada saja yang membeli minuman beralkohol. Jumlah yang berhasil dijual pun luar biasa banyaknya. Tiap harinya satu gerai mini market mampu menjual 2-3 krat kemasan botol dan 5 karton kemasan kaleng. Satu krat berisi 12 botol sementara satu karton berisi 24 kaleng. Bisa dibayangkan kalau satu gerai saja mampu menjual 36 botol dan 120 kaleng minuman beralkohol. Pastinya akan beribu-ribu minuman beralkohol terjual dalam satu harinya dari seluruh mini market yang ada di negeri ini. Penjualannya sudah seperti air saja, akibat minuman beralkohol bebas dijual di mini market.

Akan jadi apa generasi muda negeri ini kalau sudah masuk dalam dirinya barang-barang haram? Sampai kapan generasi muda dicekoki hal-hal yang buruk dalam perkembangan hidupnya. Wahai para pemilik usaha, para pemegang kebijakan, pembuat peraturan sadarkah kalian akan kondisi ini? Secara sengaja telah menjerumuskan generasi muda negeri ini. Imbasnya tentu tidak langsung diraskan sekarang, melainkan pelan tapi pasti kehancuran Indonesia sudah dapat dibayangkan seperti apa. Akankah anda rela melihat kehancuran Indonesia? Silahkan jawab dengan hati nurani masing-masing.

Semoga kelak Indonesia tidak menjadi negeri yang dipenuhi oleh generasi muda yang senang mabuk dan madat. Melainkan generasi yang kuat, sehat dan cerdas sehingga Indonesia menjadi negeri yang makmur dan sejahterah. Untuk mencapai ke sana tentu harus bekerja keras. Salah satunya tentu dengan melarang penjualan bebas minuman beralkohol.

Incoming search terms:

  • minuman kaleng beralkohol

7 thoughts on “Mengerikan, Minuman Beralkohol Bebas Dijual Di Mini Market

  1. Hello, i read your blog occasionally and i own a similar one and i was just
    wondering if you get a lot of spam responses?
    If so how do you prevent it, any plugin or anything you can suggest?

    I get so much lately it’s driving me insane so any help is very much appreciated.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>