Menabung Emas di Brankas Logam Mulia

brankas logam muliaDaripada pusing memikirkan ekonomi yang tidak kunjung membaik, karena memang bukan ahli ekonomi. Pun ikut berdebat panjang lebar yang tidak memberikan solusi. Lebih baik memikirkan bagaimana caranya bisa mengumpulkan uang yang terbatas itu sedikit demi sedikit akhirnya jadi banyak. Apalagi kalau bukan menabung namanya, tapi cara menabung yang akan saya tuliskan ini dijamin anti dengan namanya penurunan nilai.

Jujur saya orang yang paling tidak bisa nabung, apalagi kalau lihat di ATM ada isinya. Berasa banyak uang terus dan maunya belanja yang tidak penting, akhirnya uang yang ada ludes habis tidak tersisa. Tabungan tidak nambah bahkan bisa jadi nol besar. Jadilah harus sadar diri supaya punya tabungan. Saya akhirnya menemukan cara yang cocok untuk gaya menabung sesuai dengan dompet.

Menabung Emas

Menabung emas menjadi pilihan yang tepat, alasannya karena perlu usaha lebih untuk mengubahnya menjadi uang tunai. Tidak hanya datang ke ATM tapi perlu ke toko emas atau ke PT. Antam. Itu versi saya, jadi dengan menabung emas bisa lebih aman dan tidak mudah habis. Menurut ahli investasi, bila ingin menabung emas sebagai investasi dan tabungan untuk pengaman nilai. Maka emasnya adalah emas berupa logam mulia (LM) bukan emas perhiasan. Jadilah saya mencoba menabung dengan logam mulia.

Tapi sayangnya menabung logam mulia juga tidak semudah yang dibayangkan, alasannya tentu karena jumlah uangnya. Bayangkan saja untuk amannya dalam versi saya sekali menabung LM harus yang 10 gram, supaya harganya tidak terlalu mahal. Jadi sekitar lima jutaan sekali menabung. Tentu saja ini masih terasa berat bila ingin konsisten untuk menabung LM. Efeknya program menabung sering tersendat dan berjalan lambat tidak seperti yang diharapkan. Sering uangnya kurang bila harus menunggu hingga sejumlah lima jutaan 🙂 untuk membeli 10 gram LM.

Menabung Emas di Brankas Logam Mulia

Alhamdulillah sekarang saya dan juga anda bisa menabung emas di brankas logam mulia. Produk ini menjadi salah satu solusi dan memberi kemudahan bagi yang ingin memulai menabung emas dengan nilai kecil terlebih dulu. Mulai tahun 2015 lalu rupanya PT. Antam sudah mengeluarkan produk baru yaitu berupa brankas logam mulia. Awalnya saya mengenal brankas sudah tertarik dan berpikir ini adalah berbentuk brankas secara fisik. Ternyata salah, brankas hanya sebuah sebutan saja dan tidak ada bentuk fisiknya, tapi kurang lebih memiliki fungsi yang hampir sama dengan brankas yang secara fisik. Jadi brankas logam mulia adalah tempat untuk menyimpan emas logam mulia berbentuk virtual.

Barulah bulan lalu saya ingin juga mencoba menggunakan brankas logam mulia sebagai alternatif untuk menabung logam mulia. Kebetulan memang ada rezeki saya akhirnya datang ke PT. Antam di Pulogadung, Jakarta Timur. Untuk bertanya dan lebih mengenal dekat dengan brankas logam mulia. Kedatangan saya kali itu memang dari rumah sudah diniatkan untuk membuka sebuah akun brankas. Setelah bertanya kepada customer servicenya, barulah saya lebih mengerti tentang brankas logam mulia ini. Sekarang saya akhirnya menuliskannya untuk berbagi pengalaman dengan anda di blog ini.

Formulir aplikasi brankas logam muliaFormulir asuransiFormulir pembelian emasSama seperti membeli LM dalam bentuk fisik, cara membeli LM yang akan dimasukkan ke dalam brankas logam mulia. Namun bentuk LM fisiknya tidak akan diterima melainkan disimpan dalam sebuah akun virtual. Pemiliknya dapat mengecek setiap saat kapan saja secara online. Sebelum anda memiliki brankas logam mulia, maka harus mendaftarkan diri terlebih dulu dengan datang langsung ke PT. Antam. Setelah mendaftar dan membuka akun brankas, selanjutnya proses menabung emas di brankas logam mulia akan mudah. Oh iya saat pertama kali mendaftar jangan lupa membawa KTP sebagai identitas dan anda akan dikenai biaya 300 ribu sebagai biaya pendaftaran atau biaya sewa tempat selama 1 tahun. Jangan lupakan pula ada biaya materai sebesar 6 ribu rupiah.

Beberapa nilai lebih dari menabung emas di brankas logam mulia:

  1. Bebas riba
  2. Harga beli yang lebih murah dibanding dengan membeli LM dalam bentuk fisik, menggunakan standar harga per gram lempengan 250 gram
  3. Bisa membeli LM dengan jumlah sedikit yaitu 1 gram
  4. Insyaallah lebih aman, karena tidak perlu menyediakan tempat untuk menyimpan LM yang sudah dibeli
  5. Bertransaksi LM secara online dan tidak perlu datang ke PT. Antam
  6. Bisa dicek kapan dan dimana saja secara online jumlah LM yang dimiliki
  7. Harga jual yang juga lebih menguntungkan
  8. Bisa diambil dalam bentuk fisik, dengan hanya menambah biaya cetak untuk lempengan 10 gram biaya cetak 60 ribu, 25 gram biaya cetak 75 ribu, 50 gram biaya cetak 125 ribu, 100 gram biaya cetak 300 ribu.

Bagaimana anda tertarik untuk menabung emas di brankas logam mulia? silahkan datang ke PT. Antam.

Incoming search terms:

  • brankas antam

18 Comments

  1. Jadi tertarik juga nih pak.. saya ada 2 pertanyaan nih pak.
    1. untuk awal beli atau buka brankas ini minimal berapa gram ya?
    2. Ada aturannya gak pak kalau mau ambil fisiknya setelah punya fasilitas brankas ini?
    Trimakasih

    1. Ayo dicoba saja, karena mudah dan tidak memberatkan karena seperti menabung. Saya coba jawab ya:
      1. Minimal pembelian emas di awal bisa 1 gram ditambah biaya pendaftaran dan sewa selama setahun (RP. 300rb kalau belum berubah)
      2. Untuk pengambilan fisik karena ada biaya cetak sepertinya paling kecil 10 gram dengan biaya Rp. 60rb.

      Untuk lebih jelas silahkan datang atau hubungi Antam 🙂

  2. Yang mana lebih enak nabung emas di Pegadaian atau di Brankas ini mas? Soalnya kantor Pegadaian lebih banyak dibanding sama kantor Brankas

  3. Mulai Awal 2017 kemarin produk antam sudah bisa di beli di kantorpos kalo ga salah ya min, ini sumbernya,.

    [http://www.posindonesia.co.id/index.php/kini-masyarakat-bisa-membeli-emas-antam-di-kantor-pos/]

    cuman kalau yang brankas harus tetep ke kantor antamnya untuk pembukaan rekening brankasnya.

    1. Iya betul, sudah bisa beli lewat kantor pos, makasih untuk informasi tambahannya ya :). Sedangkan untuk brankas, pembukaan awal memang di kantor antam

  4. Mba untuk harga pembelian dan penjualan emas brangkas LM ini bisa dicek dimana ya? Apa sama dengan harga antam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.