Membuat Akte Kelahiran Yang Terlambat

Jumat yang lalu saya melihat tayangan reality show yang dihost oleh seorang pria plontos berkacamata. Isinya tentang perjuangan seorang bapak buta huruf yang berprofesi sebagai tukang parkir. Untuk membuat Akte Kelahiran yang terlambat beberapa tahun buat anaknya. Usahanya sempat terhambat karena harus melalui sidang terlebih dulu. Pada akhirnya dapat selesai atas bantuan anggota DPRD Surabaya. Yang kebetulan juga menggugat Mahkamah Konstitusi dan menang. Gugatan dalam hal denda ketika pengurusan akta kelahiran yang telat sampai dengan satu tahun.

Atas kemenangan itulah akhirnya sekarang ini pengurusan Akte Kelahiran yang sudah terlambat tidak dipungut biaya. Juga tidak perlu melalui sidang di pengadilan terlebih dulu. Pengurusannya pun sekarang sudah lebih mudah, cukup datang ke Kecamatan. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dilakukan saat  membuat Akte Kelahiran yang terlambat:

LaporanKelahiran

Mengisi formulir laporan kelahiran yang bisa didapatkan di kantor Kecamatan. Formulirnya seperti gambar di atas, dengan melengkapi persyaratan:

  1. Surat keterangan pelaporan kelahiran yang dikeluarkan oleh kelurahan
  2. Surat keterangan lahir asli yang dikeluarkan oleh rumah sakit atau bidan
  3. Fotocopy akta nikah
  4. Fotocopy kartu keluarga
  5. Fotocopy KTP kedua orang tua
  6. Menyediakan saksi sebanyak dua orang untuk datang ke kecamatan saat menyerahkan berkas
  7. Fotocopy KTP kedua saksi.

Apabila ada perbedaan nama dari orang tua maka perlu melampirkan fotocopy ijazah atau akte kelahiran orang tua. Perbedaan nama orang tua misalnya nama di akte Catcilku tapi nama di kartu keluarga Catcil. Bila fotocopy ijazah atau Akte Kelahiran orang tua tidak ada maka harus membuat surat pernyataan.

Isi suratnya menyatakan bahwa nama Catcilku memang nama Catcil dan memang nama sebenarnya. Lalu ditandatangani sendiri dan ditandatangani oleh dengan dua orang saksi yang mengetahui. Saksinya disamakan saja dengan saksi yang akan datang ke kecamatan saat menyerahkan berkas.

Demikian proses yang harus dilalui dan persyaratan harus disiapkan saat membuat Akte Kelahiran yang terlambat di kantor Kecamatan setempat. Proses membuat akte kelahiran ini tidak dikenai biaya apapun. Semoga postingan kali ini membantu anda yang memang ingin membuat Akte Kelahiran yang terlambat.

———————

Ada informasi tambahan untuk menjawab pertanyaan seputar akte kelahiran yang terlambat di postingan saya yang terbaru. Anda dapat mengklik dan membacanya jika membutuhkan. Ini linknya: pertanyaan seputar akte kelahiran yang terlambat. Saya pun sudah melengkapinya dengan postingan terbaru di Cara membuat akte kelahiran secara detail.

BACA INI:

Untuk lebih jelas silahkan anda baca postingan terbaru saya dengan judul informasi akte kelahiran seluruh Indonesia atau bisa langsung hubungi nomor telepon yang ada di daftar  ini , silahkan untuk diunduh terlebih dulu ya.

Incoming search terms:

  • biaya pembuatan akta kelahiran terlambat
  • cara membuat akte kelahiran orang dewasa
  • cara membuat akte kelahiran yang terlambat
  • cara mengurus akte kelahiran yang terlambat
  • cara membuat akte kelahiran setelah dewasa
  • cara membuat akta kelahiran terlambat
  • bikin akte kelahiran telat
  • biaya pembuatan akte kelahiran diatas 1 tahun
  • cara membuat akta kelahiran untuk orang dewasa
  • cara membuat akte kelahiran terlambat

125 thoughts on “Membuat Akte Kelahiran Yang Terlambat

  1. wah…bermanfaat bgt tuh..tapi apa masih berlaku sampai tahun 2014 ini??? saya punya anak umur 5tahun..tp blm punya akte’nya..dan ditambah saat ini saya bercerai bagaimana yah???mengingat saya juga seorang kristiani…mhon jawabannya dibalaskan melalui email saya..terima kasih

    • Saksi 2 orang bisa dari keluarga atau tetangga rumah. Yang memang bisa menjelaskan, yang akan dibuatkan akte kelahirannya memang benar anak bapak

  2. mba’ sya mau taya .saya mau urus akta ank saya yg telat skrg anak saya umur 3 th.masalahny saya tdk punya buku nikah ,sya nikah sirih sama suami sya.klo bgini gmana cara sya mengurus akta anak saya? mohon dibantu.tks!!!

    • Maaf mbak itu salah satu kerugian bagi seorang wanita bila menikah secara sirih. Karena wanita/istri yang dinikahi secara sirih tidak memiliki hak sebagai istri dihadapan hukum negara. Kerugian ini akhirnya juga berimbas kepada anak hasil pernikahan secara sirih. Anak tidak akan mendapatkan hak untuk dicatatkan sebagai anak sah secara hukum yang berlaku di Indonesia. Itu yang saya ketahui, mungkin agar lebih jelasnya mbak bisa datang ke dinas kependudukan dan catatan sipil (dukcapil) di Kecamatan tempat mbak tinggal.

      Dan untuk pernikahan mbak, maaf saya sarankan mintalah untuk dicatatkan di KUA setempat, dengan begitu kedudukan mbak sebagai istri dan anak mbak sebagai anak akan sah secara hukum pernikahan di Indonesia. Semoga membantu :)

      Saya baru mendapatkan tulisan yang mungkin berguna bagi mbak untuk mengesahkan pernikahan sirih mbak. Silahkan cek di [http://irmadevita.com/2013/prosedur-pengesahan-pernikahan-siri/]

      • Maaf mau tanya, surat keterangan luar kawin itu didapat dari dukcapil di tingkat mana?
        Di kecamatan atau di kotakabupaten nya langsung?

        • Waktu itu saya mendapatkannya dari petugas Sudin Dukcapil di Wilayah Jakarta Timur bu. Kalau mau bisa ibu ketik ulang melihat bentuknya dari postingan saya dengan judul membuat akte kelahiran yang terlambat atau tinggal di cetak saja

          • saya lahir 1991 blm punya akte lahir,,, baru saya mau mengurus bagaimana itu mas ??? apakah saya kena denda atau melalui sidang pengadilan? saya bertempat tinggal di makassar

  3. saya mw tanya apakah bisa bikin akta kelahiran diluar kabupaten kita lahir… masalahnya saya posisi dkalimantan sementara ktp saya jawa tengah…tlong beri jawabane makasih…

    • Maaf mas, untuk pertanyaannya saya tidak bisa menjawabnya. Coba datang ke kantor Kecamatan di tempat tinggal sekarang untuk menanyakannya :)

      • saya lahir 1991 blm punya akte lahir,,, baru saya mau mengurus bagaimana itu mas ??? apakah saya kena denda atau melalui sidang pengadilan? saya bertempat tinggal di makassar

        • Sepengetahuan saya bisa diurus akte kelahirannya, dengan menggunakan ijazah terakhir. Untuk denda dan sidang kalau di Jakarta sudah tidak ada lagi, tidak tahu kalau di wilayah lainnya

  4. Maaf mba saya mau tanya
    Anak saya sudah berumur 5thn tapi blom punya akte kelahiran • saya sempat bikin tapi memang saya suruh orang tapi saya dibohongin , bukan cuma 1 kali aja tapi udah 2 kali udah habis 1,5 • kira2 klo saya mau bwt lagi dipersulit atw gak ya? Udah gitu surat lahir anak saya yangasli juga ikut hilang

    • Insyaallah tidak akan dipersulit kok. Sebaiknya sempatkan datang dan urus sendiri supaya jelas dan tidak dibohongi lagi. Urusnya malah lebih dekat hanya di Kecamatan tempat tinggal mas Yudi.
      Srt keterangan lahir kalau memungkinkan minta lgi ke tempat lahiran dulu. Klo tdk memungkinkan coba saja pakai fotocpyannya dan terangkan apa yg terjadi mungkin masih bisa dipertimbangkan.

      Selamat berjuang demi anak tercinta :)

      • mbk saya mau tanya. kalau anak saya umur 3thn dan sudah punya akta kelahiran.. tp belum ada nama ayahnya.. dan saya sekarang udah nikah resmi sama ayahnya.. apa boleh aktanya diganti dan dikash nama ayahnya..apa perlu dimuda in umur anak saya..

        • Maaf sesungguhnya saya tidak tahu jawabnya, untuk pertanyaan ibu.

          Saya berasumsi kalau ibu sebelumnya menikah siri dengan suami ya. Yang berarti anak ibu adalah hasil setelah menikah siri (bukan maaf karena MBA). Waktu membuat akte tidak bisa mencantumkan nama ayah, karena syaratnya harus ada akte nikah. Sementara kalau nikah siri tentu tidak ada akte nikah.

          Sekarang sudah ada akte nikah, mungkin bisa ikut bila ada pemutihan bu. Atau untuk lebih jelasnya ibu bisa tanya ke Sudin Dukcapil, demi anak ibu.

          Mohon maaf kalau ternyata salah ya

          Ada info tambahan dari petugas di kecamatan saat saya tanya sekalian urus akte kelahiran anak:
          Untuk kasus ibu ternyata harus ikut sidang, sebagai pembuktiannya. Tentu disertakan bukti-bukti yang kuat. Kemungkinan untuk kasus ini ada biaya yang harus dikeluarkan

  5. Mohon maaf mau tanya, ini adik ipar saya sudah berumur 14 tahun dan 12 tahun, mereka berdua sama-sama belum memiliki akte kelahiran,
    Sulit gak ya mbak proses pengurusannya?
    Trus kira” berapa denda kedua adik ipar saya,
    Mohon bales di e-mail saya aja ya,
    Terima kasih atas bantuannya

    • Insyaallah tidak sulit kok mengurusnya, bahkan sekarang sudah tidak perlu sidang di pengadilan untuk yang terlambat seperti adik iparnya. Pak erfan tinggal datang ke kecamatan saja dengan membawa persyaratan yang sudah saya tuliskan di postingan blog ini. Masalah denda besarnya berapa, maaf saya kurang mengetahuinya karena waktu cari info ke kecamatan tidak bertanya dan tidak fokus tentang denda ini. Walaupun ada denda seharusnya itu denda/biaya resmi, jangan sampai bapak membayar biaya yang tidak resmi.

      Segera diurus ya pak supaya adik2 iparnya memiliki akte kelahiran untuk keperluan dalam hidupnya (sekolah), mumpung sekarang lagi ada kemudahan dari peraturannya. Khawatir kalau ditunda2 lagi akan ada perubahan dan nanti makin kesulitan pengurusannya.

  6. Saya lahir d Jogjakarta 30 tahun yg lalu dan tinggal d Semarang namun belum punya akta kelahiran. Apakah jika mengurus harus ke kota kelahiran atau apakah bisa di kecamatan tinggal sekarang.?

    • Mohon maaf informasinya saya tidak mengetahuinya, mungkin harus ditanyakan langsung ke kecamatan terdekat dengan tempat tinggal bapak terlebih dulu untuk mendapatkan informasinya :)

  7. Mau tanya ini, anak saya udah umur 17bln tapi belum punya akte semua persyaratan udah punya dan udah dikasih sama kecamatan tinggal buat ajaa, itu kena denda apa tidak yaa? Dan apa harus sidang dulu? Anak saya lahir tapi saya belum menikah, apa tidak masalah kalo diaktanya anak saya cuma nama ibu sedangkan nama bapak tidak ada?? Mohon infonyaa :)

    • Tidak perlu sidang, untuk masalah denda maaf saya tidak punya informasinya. Saya belum pernah dengar kasus seperti ibu yg dengan jujur mengakui kalau anak ibu (maaf)hasil sebelum menikah. Kalau secara hukum islam memang anak hasil hubungan di luar pernikahan, tidak memiliki nasab ayah. Hanya berhak dg nasab dari ibu

      • Seumpama dia sudah besar kalo menikah terus nama walinya siapa? Tetap ayahnya ato kakeknya yaa?? Kalo semua persyaratan udah dikasih dari kecamatan tinggal buat akta apa harus mengurus lagi?? Atau tetap dengan data itu? Data itu saya buat tahun 2013 dan akta anaksaya sudah telat 1 1/2th apa tidakpapa?

        • Insyaallah utk pengurusan aktenya tdk apa2, walau telat dan tidak perlu sidang. Silahkan bawa data2 yang telah disiapkan ke kecamatan tempat ibu tinggal. Untuk masalah wali saat anak ibu ingin menikah, mohon maaf saya tidak memiliki ilmunya. Saya sarankan ibu tanya ke ustadz atau ustazah yang lurus yang mengerti ilmu agama lebih baik. Sehingga tidak ada kesalahan.

  8. saya mau nnya umur saya 22 thn saya blm mempuyai akte kelahiran
    sedangkan orng tua saya ktp’nya ma kk’nya di padang tp saya mau bikin akte’nya di cikarang tu bisa ga ya???

  9. Saya mau tny…sejak lahir sy g ad akte ortu lupa ngurus hmpr 30 thn g pny akte..br sekarang mau ngurus..kira2 kena denda brp or prosesny sulit g sih ap sm seperti diatas,proses ny berapa lama nd syarat2 ny sama seperti keterangan diatas..mohon info secepatny…terima kasih banyak

    • Insyaallah syaratnya sama dengan yang ada di postingan ini. Sebisa mungkin segera diurus, karena sekarang sudah ganti pemerintahan khawatir peraturan juga ada yang berubah. Mengenai prosesnya berapa lama silahkan tanya petugas di kecamatan tempat anda tinggal. Semoga segera memiliki akte kelahiran :)

  10. Ass.. sy mau mengurus akte lahir anak saya yang sekarang berusia 11th. Tapi kondisinya sekarang saya hanya punya buku nikah dan Ktp saya sedangkan ktp suami ada fotokopy-nya saja itupun hanya yang berlaku sampai 2012 karena sejak 5 th lalu suami tidak tahu ada dimana. Jadi bagaimana apakah masih bisa mengurus akte lahir anak saya..? Mohon bantuannya ya. Trmksh. Wslm

    • Maaf bu, saya tidak tahu bagaimana untuk kasus ibu. Tapi coba dibawa saja ke kecamatan atau Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) dan tanyakan agar lebih jelas. Karena anak ibukan memang dari hasil pernikahan ibu dan bapaknya, jadi seharusnya diperbolehkan. Semoga berhasil untuk mendapatkan akte untuk anak tercinta ya bu :).

      Kecuali kalau memang anak lahir maaf hasil di luar pernikahan, barulah harus mengisi formulir tambahan dan di akte kelahiran hanya tertulis anak seorang ibu saja.

      • Saya udd umur 19th tp blom pnya akte trus surat lahir dr rmah sakit jga ga ada. Ibu saya udah mninggal sejak aku msh kecil itt gmana y ngurusnya….

  11. Maaf mbak saya mau tanya, saudara saya sebut saja namanya X ingin membuat akta kelahiran namun bingung bagaimana menguruskan. Masalahnya adalah, saudara saya yg ingin dibuatkan akta tersebut sudah berumur 29 tahun. Dia sudah lulus sekolah SMA. Nah, di Ijasah SD-SMP-SMA smuanya tercantum TEMPAT LAHIR di SURABAYA sesuai dengan SURAT KETERANGAN LAHIR dari RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA. Kemudian si X dan keluarganya sekarang berdomisili di KLATEN dan KARTU KELUARGA otomatis KARTU KELUARGA yang dikeluarkan di KLATEN.

    Lalu pertanyaan saya, apakah bisa mengurus akta tersebut dengan tempat lahir sama dengan yg tercantum di ijasah sekolah? Atau harus bagaimana?
    mohon pencerahan

    • Mengurus akte yang terlambat dan telah berumur dewasa bisa di tempat domisili sekarang, berarti untuk kasus ini di Klaten. Asalkan membawa bukti KTP dan ijazahnya. Demikian informasi yang saya dapatkan. Semoga membantu ☺

  12. Maaf mbak saya mau tanya, saudara saya sebut saja namanya X ingin membuat akta kelahiran namun bingung bagaimana menguruskan. Masalahnya adalah, saudara saya yg ingin dibuatkan akta tersebut sudah berumur 29 tahun. Dia sudah lulus sekolah SMA. Nah, di Ijasah SD-SMP-SMA smuanya tercantum TEMPAT LAHIR di SURABAYA sesuai dengan SURAT KETERANGAN LAHIR dari RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA. Kemudian si X dan keluarganya sekarang berdomisili di KLATEN dan KARTU KELUARGA otomatis KARTU KELUARGA yang dikeluarkan di KLATEN.

    Lalu pertanyaan saya, apakah bisa mengurus akta tersebut dikota klaten (domisili) dengan tempat lahir sama dengan yg tercantum di ijasah sekolah? Atau harus bagaimana?
    mohon pencerahan

    • Sekarang domisili di Klaten, maka mengurus aktenya bisa di Klaten. Walau lahir di Surabaya dengan dibuktikan surat keterangan lahir dari rumah sakit di Surabaya

  13. Maaf bu mau tanya…
    saya pria berusia 25 tahun dan blm memiliki akte kelahiran..apa bisa di urus di kecamatan tempat saya lahir dulu yaa? Soal nya saya lahir di surakarta tapi skrg domisili di klaten dan ktp klaten. Makasih

    • Kalau mau diurus di kota tempat lahir dulu bisa. Untuk mengurus di tempat tinggal (domisili) yang sekarang juga bisa. Silahkan segera mengurusnya ya :)

  14. Selamat pagi mbak, maaf saya mau tny..
    Saya punya anak 2 berumur 6 th dan 5 th, sdh pny akte dan saya ingin merubah nama dlm akte tsb,persyaratan sdh lengkap dan sidang, itu pun blm dikabulkan oleh pengadilan akhirnya sidang ditunda bulan januari 2015, dgn alasan kurang arti dr namanya.Apakah sesulit itu proses dan prosedurnya merubah nama anak?
    Mohon bantuan dan dibalas di email saya, mbak?
    Terima kasih

  15. Sampai dewasa saya masih blm punya akta kelahiran,saya cuma punya surat kelahiran itupun cuma tinggal fotocopy,saya mau buat tapi saya bingung,karna orang tua saya yg bercerai dan sekarang saya tidak tinggal dikota kelahiran saya,dan yg saya baca diatas foto copy orang tua kandung dan surat dari rumah sakit juga termasuk syarat membuat akta sedangkan saya tidak punya surat dari rumah sakit.Mohon solusinya terimakasih

  16. Saya mau tanya,,anak saya yg bungsu umurnya 8bln,,apa kalau saya bikin harus sidang dan kena denda? Dan prosedurnya seperti apa yaaa,,terimakasih infonya

    • Pada saat postingan ini dibuat, keterlambatan pembuatan akte sudah tidak pakai sidang lagi. Entah kalau peraturannya sekarang berubah atau tidak. Prosedurnya seperti yang tertulis dalam postingan ini

  17. ASS. saya mau tanya, umur saya sekarang 25 tahun tapi saya belum punya akta kelahiran, sedangkan orang tua saya sudah cerai, bagaimana cara nya menggurus dan apa syarat2 nya. Terima kasih.

  18. Ass. Mau nanya adik saya punya anak umur 17 th . Dan dia sudah cerai , gimana cara membuatkan akte kelahiran anak tersebut . Terima kasih Wss.

  19. Ass. saya ibu rumah tangga dari tangerang. umur sy 35 tahun sy mau membuat akte terlambat kena sidang gak dan membayar denda juga?? Berapa lama prosesnya?? Trimakasih

    • Informasi yang saya dapat saat postingan ini dibuat memang tidak ada sidang lagi. Tapi kalau sekarang peraturannya bagaimana, mohon maaf belum dapat info lagi bu. Coba silahkan ibu datang ke Kecamatan atau Dukcapil setempat untuk mengetahui info lengkapnya. Terima kasih

  20. Isteri saya usianya 35 tahun dan belum memiliki akte kelahiran. Bagaimana cara nya agar bisa mendapatkan akte kelahiran? Trims

  21. Maaf saya mau nanya, saya pemuda berusia 24 tahun yang sampai sekarang belum memiliki akte. Yang saya tanyakan adalah, apakah saya bisa membuat akte sedangkan kedua orang tua saya sudah meninggal. Yang ada hanya duplikat surat nikah mereka berdua. Soalnya saya berniat menganti nama saya, dan salah satu persyaratan dari pengadilan adalah dengan akte kelahiran…trimakasih sebelumnya :)

    • Klo menurut petugas Dukcapil harus ada fotokopi buku nikah ortu. Kalau ortu sudah meninggal mungkin bisa dilampirkan surat keterangan meninggalnya. Jangan lupa bawa fotokopi ijazah terakhir yang dimiliki ya

  22. Mau nanya dong mba… Adik saya usia 4th baru mau bikin akta lahir. Apa bisa saya sebagai kakak kandung (saat ini 21th) menjadi salah satu saksi? makasih…

    • Insyaallah bisa, dari anggota keluarga yang menjadi saksinya. Tinggal dilampirkan saja fotokopi ktp untuk permohonan surat keterangan dari kelurahan

  23. Ass.. Mohon bantuannya mba
    5 tahun yg lalu sy nikah siri dgn suami krn keluarga suami blm mrestui. anak pertama kami lahir 3 tahun yang lalu dan sampe skrg akta kelahiran anak blm kami buat krn tdk ingin mencantumkan status anak ibu saja. Dan baru tahun lalu kami mendaftarkan di kua krn keluarga suami baru saja merestui. Skrg kami ingin membuat akta kelahiran untuk anak kami. kira2 persyaratannya seperti apa? Dan bgmn jika anak kami lahir di kota lain dan tdk smpat meminta surat keterangan lahir dari bidan di kota tsb?
    Terima kasih
    Wassalam

  24. Asalamualaikum.. Mba sy mau tanya apakah benar klo skrng sudah tidak ada denda bagi pengurusan akte kelahiran yg terlambat.? Sy mau buat untuk anak sy yg ke 3 tetapi sy membaca keterlambatan pembuatan akte kelahiran dikenakan denda maksimal 1.000.000.
    Terima kasih
    Wasalam.

    • Wa’alaikumussalam.
      Iya pak, informasi terakhir yang saya dapatkan dari petugas Sudin Dukcapil Jakarta Timur tidak ada biaya apapun. Termasuk denda juga sudah tidak ada.

      Supaya lebih jelas lagi mungkin bapak bisa datang dan bertanya ke petugas di Sudin Dukcapil :)

  25. Misi, mau tanya nih saya umur 21thn, blm punya akte, kedua ortu udah cerai pas masih kecil, surat cerai kedua ortu ga ada, saat sekolah ijazah pakai nama kakek dan sampai skrng di KK pakai nama kakek
    Klo mau buat akte hanya pakai namaa ibu bisa? Hanya ada ktp saya dan ibu, kk, ijazah(nama kakek)

    • Bisa buat akte hanya dengan nama ibu kalau ortu tidak ada buku atau akte nikah. Nanti di akte kelahiran akan tercantum kalimat “…anak seorang ibu….”. Maaf, yakin akan tidak apa atau tidak malu kalau nanti di akte kelahiran hanya tercantum nama ibu saja tanpa nama ayah? Dicari saja dulu buku atau akte nikah ortu sebelum mereka bercerai.

      Nama kakek tidak bisa menggantikan nama ayah di akte kelahiran. Jadi nanti akan beda dengan yang di ijazah.

      Silahkan baca postingan saya yang ini untuk persyaratannya http://catcilkudotcom/cara-membuat-akte-kelahiran-secara-detaildothtml

      Untuk lebih jelas langsung datang saja ke Sudin Dukcapil.

  26. Mau nanya mbak..apakah bisa kalo urus akte tapi KTP saya DKI istri saya KTP jatim kami blm bikin KK keluarga, mau bikin akte kelahiran anak yg telat udah lebih satu tahun di daerah,karena istri saya orang jatim sedangkan , untuk syarat2 lainnya lengkap. dan apakah ngurusnya di kecamatan ato di ke dinas kependudukan kabupaten. makasih

    • Info terakhir yang saya dapatkan, sekarang malah kalau akan buat akte. Nama anak atau bayi yang akan dibuatkan aktenya harus sudah tercantum di dalam kartu keluarga terlebih dulu. Kalau untuk di daerah maaf saya kurang tahu juga, apakah bisa di kecamatan. Lebih baik bapak tanyakan ke pihak kelurahan, sekalian membuat KK terlebih dulu

  27. selamat pagi, mau tanya, saya saat ini sedang hamil 9 bulan dan perkiraan lahir besok, nah, calon suami saat ini sedang ada di lembaga permasyarakatan krn terkena kasus, saat ini saya belum menikah krn terhalang kasus suami tsb, yang mau saya tanyakan apabila mengurus akta lahir dan setelah saya sah menikah otomatis setelah anak saya lahir, apakah diakta lahir anak saya bisa di cantumkan nama ayahnya ? walaupun anak saya lahir sebelum saya sah menikah ?

    • Semoga lancar persalinannya dan sehat bayinya.

      Untuk pertanyaannya tentang pencantuman nama ayahnya di akte kelahiran untuk kasus anak ibu, terus terang maaf saya tidak tahu jawabnya.

      Setahu saya kalau dalam Islam, maaf karena anak ibu lahir hasil di luar pernikahan, maka anak ibu tidak memiliki nasab dari ayahnya.

      Kalau untuk akte kemungkinan bisa asalkan ada akte nikah. Lebih baik ibu tanyakan lagi ke Sudin Dukcapil untuk lebih jelasnya ya

  28. Selamat malam mbak, saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan tentang pengurusan akte lahir sbb:
    1. Apakah ada aturan batasan jumlah karakter huruf pada penulisan nama anak di akte lahir? Nama anak saya cukup panjang terdiri dari 5 suku kata dan berjumlah 30 karakter huruf.
    2. Petugas dukcapil menulis nama anak di akte lahir berdasarkan nama anak di kk atau berdasarkan nama anak yang tertera di surat keterangan lahir dari kelurahan? Karena ada sedikit perbedaan yaitu nama anak pada kk ada singkatan pada nama belakang sehingga ingin saya revisi nanti setelah akte lahir anak saya diterbitkan. Kalau di surat keterangan lahir dari kelurahan, nama anak saya jelas dan tidak disingkat nama belakangnya.
    Terima kasih untuk bantuan infonya.

    • Saya coba jawab ya bu ☺
      1. Saya tidak punya informasi apakah ada atau tidak aturan jumlah karakter huruf penulisan nama di akte kelahiran
      2. Saya kurang tahu mana yang dijadikan dasar oleh petugas dukcapil saat membuat akte kelahiran. Di KK jadi ada singkatan mungkin karena kolom nama yang disediakan tidak cukup ya bu. Berhubung nama anak di surat keterangan dari kelurahan sudah sesuai dengan yang diinginkan. Nanti saat di Sudin Dukcapil, ibu dapat menginformasikan dan menitipkan pesan ke petugas. Kalau nama yang diinginkan adalah yang ada di surat keterangan dari kelurahan bukan yang tertera di KK

  29. Saya mau tanya mba, anak saya sudah brumur 17 bulan tapi blm mempunyai akta kelahiran . karna saya baru menikah siri dengan ayahnya karna dia pergi k iran untuk urusan pekerjaan . kalo saya mengurus akte skarang dipersulit atau tidak dan harus mengikuti sidang atau tidak . makasih

    • Urus sekarang bisa, tidak dipersulit kok. Sudah tidak pakai sidang lagi. Tapi membuatnya harus di Sudin Dukcapil dengan membawa persyaratan. Jangan lupa nama anaknya segera dimasukkan ke dalam KK terlebih dulu. Karena persyaratan terbarunya harus masuk ke dalam KK

  30. Mohon bantuannya, sy br tau kl akte kelahiran anak sy(skrg berumur 9thn) ternyata palsu krn sy tertipu sm org yg dulu mengurusnya, tetapi bentuk sertifikat akte dan semua data anak sy yg ada di akte tsb sama dan benar, yg sy ingin tanyakan apakah nanti semua itu akan menjadi masalah dlm urusan sekolah anak sy ataupun pd saat anak sy ingin membuat paspor.. TERIMA KASIH BANYAK ATAS BANTUANNYA.

  31. Mohon bantuanya.., sy br tau kl ternyata akte kelahiran anak sy (skrg berumur 9thn) ternyata palsu krn dulu diurus oleh org yg tdk benar, tetapi bentuk dan semua data anak sy yg tertera di sertifikat tsb benar. Apakah akte tsb bs sy pergunakan terus dan apakah akan menjadi masalah dikemudian hr pd saat urusan sekolah ataupunpd saat anak sy ingin membuat paspor. MOHON SARAN DAN BANTUANNYA TERIMA KASIH BANYAK.

  32. ass. maaf saya mau bertanya apakah bisa saya membuat akte kelahiran anak saya yg sudah ber umur 1 tahun 3 bulan,apakah harus sidang lagi atau kaya mana atau akan di persulit.mohon informasi nya karena sangat bermanfaat buat saya.terima kasih

    • Wa’alaikumussalam Wr. Wb.
      Bisa bu silahkan datang ke Sudin Dukcapil sesuai domisili ibu. Sekarang sudah tidak pakai sidang lagi bu dan tidak ada biaya yang dipungut. Bawa seluruh persyaratannya yang sudah saya tuliskan. Jangan lupa masukan dulu nama anak ibu ke dalam KK ya sebagai salah satu syaratnya juga.

  33. Kak.. Mau tanya,klo mau bikin akte kelahiran lgi gtuh apa bisa? Syarat²nya apa aja? Trs udh 15 tahun,umurnya…
    Apa pke sidang gtuh? Apa pke denda juga?

  34. ka saya mau tanya,sodara sya sdah 19 thn blm pnya akta klahiran,, klo mau buat prosesnya bgaimana.apa ada syarat khusus untuk pembuatan akta bgi yg sdah dewasa? dan aktanya bisa jadi sampai jangka wktu brapa hr?
    trims

    • Tidak ada syarat khusus kok bu. Sekarang sudah tidak ada sidang ataupun denda, silahkan ibu lengkapi syaratnya saja. Jangan lupa masukan nama anak ibu ke KK terlebih dulu ya

  35. Ppermisi mbak saya mau tanya juga kalo mau ngurus surat akta bagaimna γα?
    Saya anak terlantar yg ditinggalkan orang tua saya dan saya ingin membuat surat tersebut namun belum ada jalan keluarnya hingga saya berumur 18, sempat saya urus di dispenduk namun dari dispenduk harus mnta surat pernyataan dari polisi kemudian hingga sekarang belum keluar juga, tlng di berikan informasinya mbak terimakasih atau langsung hubungi saya 082257483216

  36. Saya sdh hampir 30th tapi saya blm punya akta kelahiran dan skrg saya dwajibkan ada untuk mengurus suatu hal.sedangkan saya tidak punya surat keterangan lahir. Saya punya kk,surat nikah org tua,ktp org tua dan ijazah. Apa yang harus saya lakukan pertama kali? Apakah desa atau kelurahan itu sama cara mengurusnya?

    • Silahkan anda datangi Sudin Dukcapil di Kecamatan untuk menanyakan prosesnya lebih lanjut bawa serta kelengkapan persyaratannya ya

  37. mba saya lahir surabaya tapi sudah tinggal di tangerang.. umur sudah 20 tahun.. apakah bisa diurus ditangerang? tetapi surah dari kelurahan dan rumah sakit tinggal fotokopian yg asli hilang

    • Maaf untuk jawabannya yang lama. Insyaallah bisa diurus di Tangerang. Anda bisa menggunakan ijazah terakhir. Silahkan menghubungi Sudin Dukcapil untuk lebih jelasnya :)

  38. saya py anak umur 3thn blm buat akte. Mslhny dlu nikah sy d jakarta skrg tgl d jawa jd gmn cara legalisir surat nikahny?tanpa k jakarta bs g?

  39. maaf sy mau tanya.sy bru mengurus pembuatan akta. tp dlm waktu dkat sy mau menikah.apa bleh syarat2 menikah tanpa ada akta dan diganti dengan ijazah

  40. Maaf mbk ,kalau sy menikah 8th yg lalu dan anak blm bisa mengurus karena tidak ada fotocopy ktp suami.tp ada buku nikah ,dan sekarang sy dlm proses menunggu surat cerai .apakah sy dapat mengurus akte untuk anak saya dg surat cerai nanti ?

    • Saya kurang tahu bu kalau tidak ada fotocopy KTP bagaimana. Yang jelas ibu sudah memiliki buku nikah, segera urus sebelum bercerai demi anak ibu. Untuk lebih jelasnya silahkan datang dan bertanya ke petugas di Sudin Dukcapil ya

  41. Saya mau bertanya . Ank saya saat ini berumur 15bln dan belum mempunyai akte kelahiran . Dikarenakan kk suami dan saya blm jadi 1 . Kk suami tangerang kk saya sidoarjo . Apa untuk mengurus akte anak saya harus jadi 1 kk terlebih dahulu ? Dan keterlambatan pembuatan akte anak saya apa akan dipersulit ? Syaratnya apa saja ?

    • Pernah saya menanyakan hal seperti ini ke petugas Dukcapil yang ada di Kecamatan tempat saya tinggal. Akte anak bisa mengikuti salah satu KK ayah atau ibunya, namun harus dimasukkan terlebih dahulu nama anak ke dalam KK yang akan digunakan. Silahkan mengurus KK terlebih dahulu ke kelurahan untuk mencantumkan nama anak ke KK. Karena itu syarat awal untuk pengurusan akte kelahiran

    • Tidak pakai sidang bu, masalah biaya saya kurang tahu. Tapi pernah saya tanya katanya sudah tidak ada biaya lagi. Mana yang benar kurang paham. Silahkan datang ke Sudin Dukcapil untuk mendapatkan info lebih lanjut bu

  42. saya mau tanya cara bikin akta kelahiran anak yang sudah berumur 5thn,anak saya lahir di kebun kelapa sawit kota katingan kalteng,istri saya domisili kapuas kalteng,dan saya domisili temanggung jateng,saya belum punya kk,akta nikah kami alamat di kota katingan,pas anak saya lahir thn 2011 dah dibuatkan surat keterangan lahir dari bidan itu pun yang membuat bidan sendiri dan ditanda tangani oleh bidan itu sendiri dan atasan kepala kebun bukan kepala desa setempat.Atasan dan bidan yang bekerja sekarang dah keluar dari PT,posisi anak dan istri sekarang di kebun kelapa sawit kota katingan dan saya di temanggung,bbrp bln lagi anak dan istri mau pulang ke temanggung,yang saya mau tanyakan gimana saya mau buat akta kelahiran anak saya,gimana prosedurnya dari awal smp akhir? padahal saya di tinggal temanggung,apa bisa akta kelahiran di buat di temanggung trus 2 org saksi bisa di ambil dari siapa?apakah orangnya harus dari kebun kelapa sawit atau pihak keluarga yang ada di temanggung?syarat yang harus dipenuhi apa saja karena nantinya kami akan menetap di temanggung,terimakasih mohon bantuanya untuk dijawab pertanyaan saya sekaligus saran yang terbaik bagaimana?tolong dikirim ke gmail saya sekali lagi trimakasih..

    • Sudah dijawab ya pak. Bila berkenan nanti ceritakan pengalaman bapak saat mengurus akte anak di sini. Agar pengunjung yang lainnya juga terbantu :)

  43. anak saya lahir di kebun kelapa sawit th 2011 di kota katingan kalteng kami kerja disana,istri saya domisili kota kapuas kalteng,saya dari temanggung jateng,pas anak saya lahir dibuatkan bidan surat keterangan lahir yang di tanda tangani bidan dan kepala kebun(manager kebun)bukan kepala desa dan mereka dah keluar dari perusahaan.akta nikah alamat di kota katingan,untuk sekarang istri dan anak di kebun kelapa sawi kota katingan dan saya sekarang di temanggung jateng,2 bulan lagi anak dan istri akan menetap di temanggung,pertanyaan saya bagaimana saya membuat akta kelahiran anak saya padaha saya di temanggung,untuk saksi bisa diambil dari siapa? yang dari temanggung atau dari katingan,syarat dan ketentuanya apa saja yang harus dipenuhi?tanks tolong di bls di mail saya..

    • Saya tidak memiliki informasinya bu. Mungkin bisa segera diurus sebelum akte cerainya keluar. Untuk lebih jelas silahkan menghubungi Sudin Dukcapil ya

  44. Mbak klo 2 org saksinya gak bsa ikut ke kec.gmn?apa berkasnya bisa d bwa plg untuk d tsndatsngani saksi? Tanpa hrud saksi dtg

    • Beda petugas beda pelayanannya bu. Waktu saya, saksi diharuskan datang. Tapi ada juga pembaca blog ini yang punya pengalaman, tidak disuruh datang saksinya. Hanya fotokopi ktpnya saja. Dicoba saja bu

    • Ini tergantung petugas di kelurahannya bu. Ada yang tidak meminta saksi datang ada yang meminta saksi harus datang ke kelurahan seperti saat saya membuat surat keterangan itu. Formulir bisa dibawa pulang

  45. Mbk sya mo tanya?lo buat akte anak kedua harus legalisir lg..soalnya q nikahnya diluar jawa.tp kk sya sdah sni n anak pertama pun dah buat.

    • Untuk masalah legalisir akte nikah, saya kurang tahu informasinya pak, karena tidak punya pengalaman. Silahkan datang ke SUdin Dukcapil terdekat ya untuk informasi yang lebih lengkap

  46. min saya mau tanya, saya kan mau ngalamr pekerjaan terdapat persyaratan akte atau bukti lahir, apa bedanya antara akte sama bukti lahir? umur saya sekarang 23 tahun kalo mau ngurusnya di percepat bisa ndak ya min? makasih

    • Mohon maaf lama jawabnya. Saya rasa akte dan bukti lahir sama, hanya cara penyebutan saja. Janji layanan Sudin Dukcapil sesuai pengalaman saya sih 14 hari kerja. Untuk informasi lebih lanjut silahkan datang ke Sudin Dukcapil

    • Tidak sidang. Kalau masalah denda menurut petugas saat ditanya tidak ada. Tapi tidak tahu kebenarannya. Silahkan datang dan tanyalah kebpetugas Sudin Dukcapil

  47. apa hrs pakai saksi 2 org ya bukannya yg saya baca diatas sdh tdk ada sidang. dan apa itu benar-benar gratis ya..

    • Iya harus pakai saksi sekarang ini, walau buat baru sekalipun seperti pengalaman saya kemarin. Gratis dan tanpa biaya menurut petugas yang saya tanya. Coba datang dan tanyakan ke Sudin Dukcapil untuk info yang lebih lengkap :)

  48. Mba mau tanya, nenek saya mau membuat akta tapi tdk surat ket lahir dari bidan dan fc ktp ortu. Itu gmn ya Mba??

  49. maaf saya mau bertanya tentang anak hasil nikah sirih, yg saya tau
    ‘atas nama ibu’. sedangkan yg terjadi sama saya, kalau ibunya pergi/kabur bgmn utk mendaapatkan akta lahir anak saya tersebut. terimakasih infonya.

    • Maaf pak untuk pertanyaan bapak, saya tidak bisa membantu menjawabnya. Silahkan datang dan bertanya ke petugas di Sudin Dukcapil

  50. mba…sy mau nanya”klu k dua org tua udah meninggal dan semua data tentang org tua gak ada terus surat lahir asli dari dokter tdk ada jg, apakah masih bisa d buatkan akte kelahiran di usia 35 tahun?

  51. mba saya mau tanya
    anak saya yang kedua belum di buatkan akte karena waktu dilahirkan di RS, pihak RS menolak karna msalah KTP saya yg berbeda kabupaten padahal sama2 bekasi
    KTP sudah termasuk kotamadya, sedangkan RS anak saya lahir blum trmasuk kotamadya
    kira2 saya harus mengurus nya kemana ya…dan apa kah persyaratan nya sama dengan yg diatas…?

    terima kasih sebelum nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>