Mau Banget Dapat Lukisan Ukiyoe

Sudah Mengirimkan Ukiyoe Potrait Entah awalnya saya membuka sebuah situs apa, yang kebetulan menampilkan sebuah iklan yang membuat saya begitu tertarik untuk mengkliknya. Setelah diklik ternyata menampilkan sebuah situs Waku Waku Japan 1st Unniversary Campaign. Dapatkan lukisan wajah anda dengan gaya lukisan Ukiyoe dari 1000 pemenang undian!. Begitu bunyi kalimat yang ada di halaman depan situs yang saya buka.

Terus terang saya sendiri tidak punya informasi tentang apa itu Waku Waku Japan dan gaya lukisan Ukiyoe. Setelah mencari di situsnya sendiri yang menyebutkan kalau Ukiyo-e adalah cara melukis tradisional Jepang yang lahir sekitar 400 tahun yan lalu. Biasanya lukisan Ukiyo-e berupa potret, budaya, penorama dalam sentuhan yang unik. Sedangkan kalau mencari di wikipedia maka disebutkan kalau Ukiyo-e adalah sebutan untuk teknik cukil kayu yang berkembang di Jepang pada zaman Edo yang digunakan untuk menggandakan lukisan pemandangan, keadaan alam dan kehidupan sehari-hari di dalam masyarakat. Dalam bahasa Jepang “ukiyo” berarti zaman sekarang sedangkan “e” berarti gambar atau lukisan.

Istilah ukiyo-e sekarang semata-mata digunakan untuk lukisan berwarna-warni (nishiki-e) yang dihasilkan teknik cukil kayu (woodprinting), tetapi sebenarnya pada zaman dulu istilah ukiyo-e juga digunakan untuk lukisan asli yang digambar dengan menggunakan kuas. Untuk lebih jelasnya tentang Ukiyo-e silahkan baca sendiri di wikipedia. Sementara dari situsnya yang berbahasa Indonesia, Waku Waku Japan adalah sebuah saluran televisi berbayar, yang menampilkan acara televisi langsung dari Jepang selama 24 jam. Arti kata dari waku waku sendiri adalah perasaan kegembiraan, menyenangkan, mendebarkan, dan lebih dalam bahasa Jepang.

Dibalik itu semua, baru kali ini saya tertarik dan bersedia untuk mengunggah foto diri saya ke sebuah situs. Mau banget dapat lukisan ukiyoe. Alasannya karena sedang ada perayaan hari jadi yang pertama dari sebuah saluran televisi berbayar di Indonesia. Sebagai hadiahnya sebuah lukisan foto wajah dalam gaya Ukiyoe yang menarik, yang dilukis oleh pelukis profesional. Hadiah ini diberikan terbatas hanya untuk 1000 orang saja. Dengan periode pengiriman mulai tanggal 30 Maret sampai dengan 30 April 2015.

Iseng-iseng akhirnya saya mencoba mengirimkan foto untuk dilukis dengan gaya ukiyoe. Kalau dilihat dari kalimat yang ditampilkan di situsnya, saya berhak mendapatkan lukisan diri. Tinggal tunggu kabar dalam 2 pekan ke depan, konfirmasi dari pihak penyelenggara. Mudah-mudahan memang nanti dibuatkan lukisannya dan tinggal diunduh. Mau banget dapat lukisan ukiyoe.

Caranya gampang kok, yakni:
1. Siapkan foto diri yang akan buatkan lukisan ukiyoe
2. Klik tombol mengajukan permohonan
3. Pilih gambar latar yang akan dijadikan latar buat lukisan ukiyoe
4. Unggah foto yang sudah disiapkan
5. Isikan data alamat email yang nantinya sebagai penerima emaik konfirmasi serta link untuk mengunduh hasil lukisan ukiyoe.
6. Selanjutnya buka email anda dan cari email konfirmasi dari pihak penyelenggara, bisa jadi ada di keranjang spam
7. Menanti kabar selanjutnya kiriman link untuk mengunduh hadiah lukisan ukiyoe.

Gampangkan caranya, makanya saya jadi tertarik untuk mendapatkan lukisannya. Semoga memang benar dikirimi lukisannya, walau hanya dalam bentuk digital. Kalau memang dikirim, tinggal dicetak saja di studio foto barang kali nantinya. Jika benar saya berhak mendapatkan hadiah berupa lukisan ukiyoe, saya akan perbarui postingan ini. Tapi tidak janji untuk menampilkan hasil lukisannya ya :D.

Titi Ukiyoe

Baru saja buka email, ternyata lukisan ukiyoe saya sudah jadi sejak tanggal 21 April 2015. Berhubung email pemberitahuannya masuk ke spam jadilah saya jadi terlambat untuk mengetahui kalau lukisan sudah jadi. Alhamdulillah hadiah lukisannya benar. Cukup senang dapat lukisan wajah bergaya ukiyoe, walau lukisannya sedikit berbeda dari aslinya hehe.

One thought on “Mau Banget Dapat Lukisan Ukiyoe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>