Malu Menandakan Manusia Berada di Peradaban

Ternyata umur memang benar-benar tidak mempengaruhi tingkat kedewasaan seseorang. Kedewasaan di sini dalam artian memandang dan menyikapi kehidupan ini. Bagaimana orang yang sudah berumur bahkan memandang, menyikapi dan menyelesaikan permasalahan dalam hidup pun tidak sesuai dengan umur yang dimiliknya.

Yang anggapan orang, kalau sudah memiliki umur cukup banyak (tua maksudnya… hehe) akan lebih bijak namun kenyataannya malah seperti anak kecil yang masih butuh bimbingan dari keluarganya (ibu, kakak, dan adik). Bahkan tindakan yang dilakukan cenderung di luar harapan sebelumnya.

Entah, karena sebab apa ada orang yang seperti itu. Mungkin karena dahulu ada kesalahan dalam proses pengasuhannya. Tapi menurut saya setiap manusia sudah dibekali akal, sehingga seharusnya dengan akal itu manusia bisa berpikir dan berusaha memperbaiki dirinya. Sehingga tidak lagi ada yang menyalahkan pola pengasuhan yang diterapkan oleh orang tua kepada anaknya. Kasihankan para orang tua yang sudah berusaha sebaik mungkin untuk mengasuh anaknya sejak bayi hingga dewasa, namun akhirnya dipersalahkan. Bahkan sikap menyalahkan akhirnya akan menjadi sikap yang tidak adil yang dibebankan kepada orang tua.

Manusia dengan umur yang sudah lebih dari 40 tahun, normalnya sudah harus bisa mengurus dan bertanggung jawab atas diri bahkan keluarganya. Bagaimana jadinya kalau dengan umur yang lebih dari 40 tahun itu masih mengandalkan bantuan dari orang tua, kakak, dan adiknya untuk menjalankan hidupnya? Tentu sangat aneh, tapi hal itu nyata adanya. Komentar saya kepada orang itu tentu sangat menyedihkan.

Sepertinya budaya untuk malu dan mandiri memang sudah hampir dilupakan di negeri tercinta ini ya. Malu kalau masih meminta kepada adik, kakak bahkan orang tua, malu kalau umur sudah banyak tapi belum mandiri, malu kalau…

Padahal, dengan adanya malu menandakan manusia berada di peradaban.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>