Main di RPTRA Utan Kayu Selatan

Pagi ini dengan agak malas saya memaksa diri untuk bergerak dan berolahraga. Awalnya ingin sekali berjalan kaki menempuh jarak 5 km. Berhubung masih malas dan anak-anak meminta ikut tapi mengajak naik sepeda. Akhirnya kami pun mengenjot sepeda masing-masing. Seperti biasa gowes kami kali ini bertiga saja, saya, nona kecil, dan gadis kecil.

Gowes bareng

Rute yang diambil awalnya hanya menuju pasar Jatinegara dan belok melalui pasar Enjo untuk arah kembali ke rumah. Tapi perjalanan yang dimulai pada pukul 6 pagi ini berbeda sedikit. Kami gowes lebih jauh lagi, melewati rute yang awalnya sudah disepakati. Hasil negosiasi dengan anak-anak di bawah jembatan Jatinegara, Rutenya diubah menjadi rumah, Utan Kayu Raya, pasar Pramuka, Matraman.

Terus menuju pasar Jatinegara, stasiun Jatinegara. Lanjut naik ke flyover baru ke arah Cipinang. Terus melewati balai diklat bahasa milik POLRI sampai di samping RSUP Persahabatan. Gowes berlanjut melewati samping restoran pagi sore hingga lampu merah perapatan Rawamangun.Kembali lagi ke jalan Utan Kayu Raya hingga berbelok masuk ke kalan Balai Rakyat.

Saat melewati UIJ kami sempat berhenti mampir ke ATM. Di sini anak-anak meminta tukar sepeda, saya mengalah untuk jalan kaki sambil menuntun sepeda gadis kecil. Saya bersedia jalan karena ingin memenuhi target berjalan kaki 1500 langkah per hari. Yang sudah saya mulai sejak tanggal 23 Maret.

Sambil menuntun sepeda dengan tangan satu, tentu saja gerak dan jalan jadi sedikit kesulitan. Tapi tidak mengurangi semangat saya untuk berjalan 1500 langkah. Saya pun memilih jalan agak memutar, untuk mencapai target langkah harian. Belum juga sampai rumah gadis kecil mengusulkan untuk lanjut terus sampai ke RPTRA. Awalnya saya menolak karena repot dengan sepeda yang dituntun. Tidak kehabisan akal, gadis kecil mengusulkan untuk menaruh sepedanya dulu baru ke RPTRA.

Main di RPTRA Utan Kayu Selatan

Setuju dengan usulan itu, sepeda-sepeda dikembalikan ke rumah kemudian kami jalan kaki bersama menuju RPTRA. Yang letaknya tidak jauh dari rumah. Benar kata anak-anak yang sudah beberapa kali main di RPTRA Utan Kayu Selatan yang baru saja diresmikan di awal bulan Maret ini. Kalau di RPTRA ini selalu ramai dan penuh dengan anak-anak.

RPTRA Utan Kayu Selatan

Cukup terkejut saat melihat RPTRA kedua yang berada di kelurahan Utan Kayu Selatan ini. Perubahannya begitu banyak dan nyata dari kondisi sebelumnya. Di tempat yang sama ini, awalnya adalah taman bermain sederhana yang berada di RW. 012. Sekitar Januari 2019 taman bermain ini dibangun kembali oleh pemerintah. Menjadi lebih baik dan berubah pula namanya menjadi RPTRA Puspa Hati Utakase.

Area bermain di RPTRA Utan Kayu SelatanArea pijat refleksi dengan batuRPTRA Utan Kayu Selatan sudah penuh dengan anak-anak yang bermain, baik bermain bola ataupun di arena permainan. Ada seluncuran, jungkat jungkit, dan ayunan yang disediakan. Selain itu ada juga orang dewasa yang bermain tenis meja (pingpong) atau sekedar pijat refleksi di area pijat kaki dari bebatuan yang tersedia. Tadi kebetulan juga banyak bayi yang sedang dijemur ☺. Selain area bermain untuk anak fasilitas RPTRA Utan Kayu Selatan juga dilengkapi dengan kantor pengelola, perpustakaan, dan kantin kecil. Sayangnya untuk perpustakan sepi peminatnya, anak-anak lebih memilih bermain di luar dibanding untuk membaca.

Ruang perpustakaan di RPTRA Puspa Hati UtakasePemerintah kota juga menyediakan tenaga pengelola. Yang dipekerjakan untuk memastikan RPTRA Puspa Hati Utan Kayu Selatan dalam kondisi baik, bersih, dan ramah anak. Bahkan saya pun baru tahu kalau ada jam operasional dari RPTRA Utan Kayu Selatan. Dibuka dari pukul 06.00 sampai dengan 21.00. Dengan 6 orang pengelola yang terbagi jadi 2 shift (06.00-14.00 dan 14.00-21.00). Kalau shift pertama dijaga oleh 3 orang sementara 2 orang menjaga di malam hari. Yang 1 orang lagi mendapat jatah libur.Selamat untuk pemerintah DKI Jakarta yang sudah menyediakan RPTRA Utan Kayu Selatan untuk tempat bermain dan beraktivitas warga.

Incoming search terms:

  • RPTRA d utan kayu selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.