Launching Toko Buku Digital BukuON

Launching Toko BukuON-IM2Anda blogger atau penulis atau bukan keduanya tapi ingin membuat buku? atau hanya ingin menikmati buku sebagai pembaca dalam bentuk digital melalui gadget? Sekarang ini sudah tersedia fasilitas yang anda inginkan tersebut.

BukuON yang baru saja dilaunching pada tanggal 9 Oktober 2013 di Jakarta. Hadir untuk memenuhi kebutuhan akan kemudahan dalam menikmati buku dengan menggunakan gadget. Dengan dukungan teknologi yang menguntungkan bagi pembaca buku, penulis dan penerbit.

Adalah PT. Indosat Mega Media (IM2) yang bekerjasama dengan PT. Techbator (penyedia plarform buqu), yang membuka toko buku digital BukuON.

Tampilan aplikasi BukuON - Front Store

Kehadiran toko buku digital BukuON akan sangat membantu masyarakat. Membeli buku tidak lagi terhalang jarak, biaya, dan waktu. Cukup dengan memiliki smartphone, tablet atau laptop sudah dapat melakukan pencarian buku. Anda dipersilahkan untuk mengunduh (download) aplikasi BukuON.

“Kehadiran BukuON mendukung kebijakan ramah lingkungan karena akan menurunkan penggunaan kertas yang berarti menyelamatkan hutan” kata Hulman Sidjabat selaku Direktur Keuangan IM2. Yang kemarin melaunching BukuON.

Menjadi salah satu kelebihan toko buku digital BukuON dari toko lainnya adalah adanya fitur resumable download. Dengan fitur ini memungkinkan para pelanggan untuk melanjutkan pengunduhan (pendownloadan) dari posisi terakhir kali tanpa diulang dari awal. Baik pengunduhan berupa gambar maupun teks. Jadi pelanggan tidak perlu khawatir dengan masalah sinyal internet yang cenat cenut saat mengunduh buku yang sudah dibeli.

Unsur keamanan dalam membeli dan membaca menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh BukuON. Buku digital yang diunduh tersedia dalam format propritary, bukan pdf. Sehingga memberikan nilai tambah tersendiri bagi para penerbit dan penulis, karena file yang diterima tidak bisa digandakan dan hanya bisa dibaca dengan menggunakan aplikasi BukuON.

Dengan format proprietary yang digunakan dapat mencegah tindakan pembajakan buku. Yang selama ini menjadi kekhawatiran dari para penulis dan penerbit buku.

Dalam BukuON tersedia beberapa katalog buku yang terbagi dalam beberapa kategori/genre. Yang mempermudah pelanggan dalam melakukan pencarian dan pemilihan buku. Untuk meningkatkan kenyamanan tersedia fitur bookmarking, manajemen katalog, dan fitur membaca buku yang terdiri dari daftar isi, navigasi baik joystick untuk handset non touchscreen maupun touchscreen dengan full gesture control baik untuk handset touchscreen captive maupun resistive.

Ke depan BukuON tidak hanya mengalihkan buku cetak ke buku digital. Tapi juga memungkinkan pembaca untuk berbagi pendapat, berdiskusi, dan memberikan komentar di halaman buku. Sehingga lebih interaktif.

Saat ini sudah ada 2000 buku dengan konten lokal dan 10 buku diantaranya adalah buku dari luar negeri. Harga buku yang ditawarkan oleh BukuON saat ini berkisar dari Rp. 5000 sampai dengan Rp. 100.000. Lebih murah, karena menghilangkan biaya cetak, penyimpanan, dan distribusi yang biasanya timbul di toko buku konvensional (brick and mortar). Saat ini bahkan tersedia diskon bagi para pelanggan hingga 60,67%. Lumayan banget kan.

Supaya dapat menggunakan aplikasi BukuON, pelanggan cukup melakukan registrasi. Setelah berhasil maka akan mendapatkan PIN untuk aktivasi di aplikasi BukuON. Aplikasinya sendiri dapat digunakan di tiga perangkat untuk satu akun. Di mana ketiga perangkat tersebut dapat disinkronisasikan.

Untuk metode pembayaran dengan cara top up deposit melalui Dompetku dan transfer dari seluruh bank yang ada di Indonesia. Jumlah top up dimulai dari senilai Rp. 25.000 hingga Rp. 200.000.

BloggerIddanBukuON

Saat launchingnya, BukuON mengajak komunitas blogger untuk bekerjasama menambah khazanah buku yang ada. Ditandai dengan adanya penandatanganan MoU kerjasama BukuON dengan komunitas Blogger Reporter. Dengan adanya MoU tersebut berarti memudahkan bagi para blogger yang ingin menyalurkan tulisan-tulisannya ke dalam sebuah buku digital.

5 thoughts on “Launching Toko Buku Digital BukuON

  1. kayanya cocom banget ini saya rekomendasikan ke teman saya mb’ yang kebetulan beliau penulis buku, tapi ia bingung buat memasarkan bukunya, makasih mb’ langsung saya infokan ke teman saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>