Laos Membuka Kerjasama Pada Komunitas ASEAN

Berbicara tentang dunia internasional tidak akan terlepas dari yang namanya kumpulan negara-negara dan adanya kerjasama yang dilakukan oleh dua negara atau lebih. Kerjasama yang dilakukan dapat dilakukan dalam berbagai bidang, diantaranya bidang ekonomi, pariwisata, olaraga, pendidikan, dan lain sebagainya.

Saat ini Laos, Indonesia, Brunai, Vietnam, Myanmar,  Malaysia, Singapura, Philipina, Thailand, yang berada di kawasan Asia Tenggara mengadakan kerjasama dalam satu komunitas ASEAN. Kerjasama yang dilakukan diberbagai bidang dan mengatasnamakan komunitas ASEAN.

Jika posisi saya sebagai negara Laos menuju komunitas ASEAN, tentu harus berusaha dan berani untuk membuka diri. Tahun 2015 sebentar lagi tiba, yang berarti komunitas ASEAN akan segara berlaku di mana semua negara di kawasan Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN akan memiliki satu entitas dan bernama ASEAN. Sehingga akan lebih kuat bila bersaing dengan dunia internasional.

Saya sebagai negara Laos akan mengadakan kerjasama serta investasi di berbagai bidang. Sebagai awalan ada tiga kerjasama yang akan Laos anggapbpenting. Pertama, pendidikan dan teknologi informasi pertama kali. Alasannya pendidikan adalah ujung tombak suatu negara bila ingin maju. Generasi muda yang akan menjadi penerus harus dibekali dengan pendidikan sehingga dapat membekali mereka untuk membangun negara. Telekomunikasi dan informasi tentu menjadi pendukung Laos agar dapat dikenal dan mengenal dunia luar. Saat membicarakan komunitas ASEAN maka seakan satu negara, di situlah pentingnya telekomunikasi informasi untuk menghilangkan jarak antar negara.

Investasi selanjutnya dalam bermitra dan bekerjasama dengan negara lain adalah dibidang pariwisata. Jalan ini dipilih dengan alasan untuk menarik lebih banyak wisatawan asing untuk berkunjung ke Laos yang kelak memberikan pendapatan yang tinggi ke kas negara. Selain itu pariwisata juga sebagai ajang promosi gratis kepada dunia tentang Laos. Diharapkan akan memudahkan jalan untuk kerjasama dan investasi.

Yang ketiga adalah kerjasama dibidang pertahanan dan keamanan. Pertahanan dan kemanan yang kuat yang dimiliki suatu kawasan dan negara pastinya akan membuat negara tersebut akan tenang dalam membangun negaranya. Maka penting pertahanan dan keamanan ini dijaga secara bersama dengam negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara.

Selain memajukan nama Laos sebagai identitas sebuah negara sendiri, juga memiliki tanggung jawab untuk memajukan komunitas yang bernama ASEAN. Karenanya kerjasama dan kemitraan dengan kesembilan negara di kawasan ASEAN lainnya menjadi sangat penting. Saling mendukung dan saling menghormati diharapkan akan menjadi landasan utama dalam berhubungan antar negara anggota ASEAN. Menghilangkan rasa curiga dan saling sikut adalah sebuah keniscayaan.

Bila diibaratkan dengan manusia yang hidup berdampingan rukun dengan tetangga. Maka Laos pun ingin memastikan bahwa tetangga-tetangganya se Asia Tenggara dapat hidup berdampingan layaknya satu keluarga. Menuju komunitas ASEAN 2015 mari dukung mendukung untuk menyukseskan keinginan dan hajat bersama tersebut. Bersama kita bisa untuk menjadi komunitas ASEAN yang maju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>