Keuntungan Survei Tempat Wisata Edukasi

Sudah dua hari lewat tengah bulan di Desember ini, sudah sebulan lebih blognya berjamur. Jadi kali ini mau buat postingan, kebetulan ada yang mau dibagi dan ceritakan. Jelang akhir pekan nih, mungkin ada dari anda yang sedang mencari ide untuk liburan bersama anak dan keluarga. Tempat yang akan saya tuliskan kali ini, siapa tahu bisa menjadi informasi yang dibutuhkan.

Perjalanan ini saya lakukan di awal bulan kemarin, tepatnya di tanggal 5 Desember 2019. Bisa dibilang cepat, walau sempat terkena macet sedikit di Jl. Muchtar, Sawangan. Selain itu, kami juga mampir untuk makan siang di warung sop klaten pak Un. Berangkat dari Kayu Putih pukul 11.45, sampai di Sawangan, Depok sekitar pukul 13.30. Lewat tol Wiyoto Wiyono ke arah Jagorawi lanjut ambil ke arah tol Cijago. Dari aplikasi penunjuk arah, kami selanjutnya diarahkan melalui tol yang masih dalam masa uji coba. Yaitu jalan tol terusan dari Cijago menuju ke arah Margonda dan Kukusan. Tolnya masih sepi dan jarang pengemudi yang menggunakan dan melintas di atasnya. Hanya ada satu dua mobil saja yang sempat beriringan dengan kami. Terasa seperti melalui jalan di kota tua yang tidak berpenghuni 😅. Mungkin karena masih dalam masa uji coba, tarif yang harus dibayar untuk melewati tol ini sebesar 4500 rupiah. Lebih murah dibanding tarif tol dalam kota lainnya.

Saat kami sampai di lokasi terlihat ada tiga bus pengunjung yang sudah parkir. Tidak ramai bahkan cenderung sepi pengunjung. Tidak seperti tempat wisata lainnya. Tebakan saya sih, karena bukan hari libur, entahlah. Untuk anda yang menggunakan mobil pribadi area parkirnya berbeda dengan bus. Harus melalui pintu gerbang terlebih dulu. Akan ada petugas yang menanyai tujuan kedatangan anda. Di gerbang ini juga terlihat ada loket pembayaran tiket. Kemarin, kami ditanya tujuannya apa dan dipersilakan masuk. Sepertinya, dengan tujuan kami berdua untuk survei tempat, jadi tidak diminta untuk membayar tiket apapun. Selesai memarkirkan mobil, kami langsung menuju ke lobi sekaligus tempat untuk membeli tiket masuk. Kami pun mengulangi lagi alasan kedatangan kepada petugas yang berjaga. Lagi-lagi kami berdua tidak dikenai biaya masuk, hanya diminta untuk mengisi buku tamu. Sebagai bukti kunjungan dengan tujuan survei tempat.

Ya, kami memang sedang survei tempat wisata edukasi yang akan diperuntukan bagi anak-anak. Sebelumnya saya ingin menginfokan bedanya tempat wisata umum dengan wisata edukasi. Dari namanya saja sudah bisa ditebak, iyakan?. Tidak seperti tempat wisata pada umumnya. Dalam wisata edukasi ada nilai tambah yang didapatkan. Yaitu sebuah pelajaran yang bisa didapatkan dari luar kelas. Tentunya dengan cara yang mengasyikkan, apalagi kalau bukan bertamasya. Anak-anak tidak sadar kalau dirinya sedang belajar banyak hal. Pelajaran yang diberikan tergantung konsep yang ditawarkan oleh masing-masing tempat wisata edukasinya. Bisa dikatakan, sekarang ini wisata edukasi sedang naik daun. Sehingga banyak sekali tempat wisata edukasi yang dapat dipilih dengan berbagai konsep yang ditawarkan. Tinggal menyesuaikan dengan agenda pembelajaran yang ingin disampaikan ke peserta.

Keuntungan Survei Tempat Wisata Edukasi 

Penting banget ya, untuk bersenang-senang saja pakai disurvei dulu? Penting banget, datang untuk survei tempat wisata edukasi sebelum membawa rombongan anak-anak. Kalau perginya cuma dengan keluarga sendiri, tidak perlu sampai survei segala tidak masalah. Keuntungan survei tempat wisata edukasi terlebih dulu sebelum membawa rombongan adalah mendapatkan informasi tentang:

  1. Harga dan paket harga
    Walau sekarang semua informasi serba mudah didapat dengan adanya jaringan internet dan sosial media. Tapi bertanya langsung ke tempatnya lebih menenangkan, apalagi biasanya ada potongan harga yang bisa didapatkan bila membawa rombongan. Biasanya informasi seperti ini jarang ada kalau hanya cari di dunia maya
  2. Fasilitas atau permainan yang didapat
    Dari harga yang ditawarkan bisa diketahui apa saja fasilitas atau permainan apa saja yang akan didapatkan. Kalau memungkinkan ditawar atau ditukar dengan pilihan lain bisa dicoba. Bila memungkinkan tanya pula kemungkinan paket pilihan sendiri. Tapi harus dipersiapkan kemungkinan adanya tambahan biaya
  3. Lama perjalanan yang ditempuh
    Berhubung akan membawa rombongan anak-anak yang biasanya mudah bosan. Jadi akan sangat penting kalau sebagai panitia mengetahui lama perjalanan yang akan ditempuh. Akan melalui jalan yang lebar atau sempit, berapa titik kemacetan. Sehingga dapat diantisipasi kemungkinan jalur alternatif yang bisa dipilih. Informasi ini akan membantu saat pemilihan jenis kendaraan. Apakah akan menggunakan mobil, elf, bus tanggung, atau bus besar.
  4. Situasi dan kondisi di tempat wisata
    Saat survei, anda bisa melihat situasi dan kondisi tempat wisata edukasi secara langsung. Jadi bisa memperkirakan medan yang akan ditempuh oleh anak-anak. Apakah melalui jalan naik turun, terjal, rumput, tanah berbatu, berair, dan sebagainya. Dengan begitu panitia dapat mempersiapkan anak-anak untuk membawa baju ganti misalnya. Mengantisipasi bila baju yang dipakai kotor atau basah.

Tempat wisata Edukasi D'Kandang Amazing Farm

Setelah mengetahui keuntungan survei tempat wisata edukasi terlebih dulu sebelum membawa rombongan nantinya. Sekarang giliran saya bercerita tempat wisata yang sudah didatangi untuk disurvei. Kesempatan kali ini saya datang ke Depok, tepatnya ke daerah Sawangan. Tempat wisata edukasi yang disurvei adalah D’Kandang Amazing Farm. Yang memiliki konsep wisata pertanian dan peternakan yang menyenangkan. Di sini anak bisa belajar sambil bermain. Lengkap dalam satu lokasi, mainnya dapat belajarnya juga ada. Tidak hanya rombongan dari sekolah atau komunitas, D’Kandang juga melayani pengunjung perorangan. Harga tiket masuk tentu akan berbeda antara perorangan dan rombongan. Kalau prorangan tiket masuknya Rp. 20 ribu, belum termasuk tiket wahana ya. Setiap wahana nantinya akan dikenai biaya lagi.

Tiket masuk wahana di D'Kandang

D’Kandang menyediakan beberapa wahana yang bisa dijadikan tempat bermain, yaitu: memberi pakan ternak (kelinci/ayam/bebek/domba), menyusui cempe, memerah susu sapi, tangkap ikan, menunggang kerbau, flying fox, hydroponic kids, berkuda, ATV, fun archery, membuat tanah liat, melukis layang-layang, delman kda, boneka potty, melukis topi caping, membuat kokedama, melukis kaos anak, melukis kaos dewasa, paint ball. Masing-masing wahana tiket masuk per orangnya bervariasi antara 20 ribu, 25 ribu, 30 ribu, 35 ribu, 40 ribu, 50 ribu, dan 70 ribu. Tiket termahal sampai dengan 225 ribu per orang untuk bermain paint ball. Sementara untuk paket ada beberapa yang ditawarkan, disesuaikan dengan tingkatan usianya. Diantaranya ada paket dengan harga mulai dari 120 ribu – 135 ribu untuk anak TK-SD dan harga 140 ribu untuk paket bagi anak SMP-SMA.

Di lahan seluas 7 hektar yang terbagi menjadi 3 area permainan, yaitu outbond, pertanian, dan peternakan. D’Kandang memberikan pengalaman wisata edukasi pertanian dan peternakan yang komplet. Saya sendiri dibuat kagum dengan konsep yang dibuat oleh D’Kandang. Sayangnya saat berkeliling untuk melihat beberapa area dan wahana, kami tidak didampingi oleh petugasnya. Ada untung dan ruginya. Untungnya, kami bebas untuk berkeliling dan melihat-lihat semua area yang ada. Hanya saja ruginya, kalau ada yang ingin ditanyakan jadi tidak bisa langsung bertanya ke petugas.

Anda jangan sampai keliru seperti saya ya, karena D’Kandang Amazing Farm dengan Kandank Jurank Doank adalah tempat yang berbeda. D’Kandang yang kami datangi untuk survei adalah milik dari ibu Creatna Ella Yustisia (maaf kalau ada kesalahan penulisan nama) atau yang lebih dikenal dengan panggilan ibu Inong. Jangan terkecoh juga ya, ibu Inong bukan asli Aceh, melainkan berasal dari Jepera. Selain untuk wisata edukasi D’Kandang di bawah yayasan yang menaunginya, ternyata memiliki rumah belajar (ma’had). Yang memiliki nama Rumah Belajar D’Kandang Himmatul Ummah yang mendidik anak-anak calon hafidz. Keren ya. Informasi pada paragraf terakhir ini merupakan salah satu keuntungan survei tempat wisata edukasi yang saya dapatkan.

53 thoughts on “Keuntungan Survei Tempat Wisata Edukasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.