Kesulitan yang Dihadapi Pelanggan PLN Akibat Pemadaman Listrik

Alhamdulillah lampu sudah nyala lagi tepat pada pukul 21.02 tadi. Setelah hampir 9 jam lebih listrik sempat padam. Yaitu mulai pemadaman sekitar pukul 11.50 Membuat seluruh Jakarta dan bebarapa daerah di pulau Jawa mengalami gelap gulita. Di hari Ahad, tanggal 4 Agustus 2019.

Kondisi Jakarta tanpa ada aliran listrik dari PLN membuat para penghuni dunia maya bereaksi. Terutama di jagat twitter, warganet begitu berisiknya mencuitkan #matilampu. Hingga menempati posisi pertama trending topic. Isi cuitan ada yang serius, ada pula yang iseng belaka. Sekedar ingin meramaikan tagar matilampu dengan cuitan receh 😁. Saya salah satunya, tadi sempat 4 kali ikut bercuit.

Mati lampu lagi

Dampak pemadaman listrik yang tiba-tiba tanpa ada pemberitahuan terlebih dulu itulah yang menyebabkan masyarakat bertanya-tanya. Ada apa sebenarnya? Yang termudah adalah dengan menggamit (mention) akun resmi milik PLN. Untuk mendapatkan informasi yang benar dari sumbernya langsung. Sayangnya tidak semua pertanyaan tentang padamnya listrik di Jakarta dan beberapa daerah di pulau Jawa tidak dijawab. Mungkin saking banyaknya pertanyaan dan cuitan yang masuk.

Saya dan keluarga memang tidak punya acara ke luar rumah hari ini. Hanya ibu dan anak-anak yang sempat pergi kondangan. Di sebuah gedung kantor RW yang dijadikan tempat resepsi. Lanjut silaturahim ke rumah temannya. Jadi seharian saya dan suami berduaan di rumah, karena rencananya ingin mendesain sebuah brosur. Nasib berkata lain, membuat pekerjaan yang seharusnya bisa dilakukan dan selesai jadi terbengkalai. Akibat listrik padam. Akhirnya saya hanya mencoba untuk istirahat siang dan berharap bisa tidur. Tapi gagal. Hanya berhasil rebahan di atas tempat tidur. Cukup bersyukur dengan kondisi pusing di kepala yang sejak kemarin terasa. Tidak bertambah kadar sakitnya.

Daripada tidak bisa tidur, saya memilih turun dari kasur. Menuju dapur untuk mencari makanan yang bisa dimakan. Alhamdulillah, sebelum listrik dipadamkan sepihak oleh PLN. Ibu sudah sempat memasak, jadi makanan sudah tersedia. Nikmat Tuhan yang manakah yang kau dustakan?

Makan selesai, listrik masih saja padam. Anak-anak dan ibu pun belum pulang. Makin mati gaya dengan internet yang mati hidup. Saya masih beruntung, dibandingkan dengan orang lain yang mengalami kesulitan lebih akibat listrik padam. Selama pemadaman listrik hari ini, saya mencatat beberapa kesulitan yang dihadapi pelanggan PLN akibat pemadaman listrik, yaitu:
1. Jaringan internet terganggu
2. Transaksi secara daring tidak bisa dilakukan
3. Perjalanan dengan moda transportasi umum terhambat
4. Acara resepsi pernikahan jadi berantakan

Lanjut besok ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>