Kesiapan Mengikuti Kegiatan Lomba Menulis Di Blog

Saat sedang ada kegiatan kontes atau lomba menulis di blog. Ternyata memang betul harus ada persiapan. Tidak hanya persiapan dalam hal tulis dan menulis saja. Tapi hal-hal pendukung lainnya, yang terkadang luput dari perhatian seorang blogger.

Soal tulis menulis adalah satu hal penting. Tentunya tiap blogger sudah punya caranya masing-masing. Apalagi bagi pecinta dunia tulis menulis sejati. Hal pendukung lainnya yang patut diperhatikan adalah masalah domain dan hosting.

Ini merupakan pengalaman pribadi saya dalam beberapa hari ini. Saat pekan pertama mengikuti liga blogger Indonesia musim kedua. Yang dimulai sejak tanggal 5 Januari 2014 lalu, blog catcilku tidak bisa dibuka. Awalnya saya pun tidak mengetahuinya. Senin lalu saya membuka aplikasi wordpress yang ada di android. Memang aplikasi ini saya andalkan dalam ngeblog melalui handphone.

Ada satu buah komentar yang masuk ke salah satu postingan dan ingin saya setujui. Saat di refresh ternyata tidak bisa hingga beberapa kali, masih gagal. Dipikir hanya karena masalah koneksi yang mungkin sedang lemah. Diputuskan untuk menunggu. Masih di hari yang sama saya mencoba lagi me-refresh, tetap gagal.

Mulai penasaran, saya pun mencoba mengetikan alamat blog di browser, untuk mencari tahu. Saat browser sudah berjalan, barulah diketahui kalau domain blog catcilku ini tidak dapat dibuka. Yang muncul hanya satu halaman penuh kode-kode html. Panik mulai menjalari. Gimana tidak panik, kalau hari pertama liga dimulai ternyata blog yang diikutkan liga bermasalah. Mencoba membuka web pemilik hosting tempat saya menyewa tempat, juga tidak dapat dibuka. Hanya ada pemberitahuan kalau web sedang dalam pemeliharaan. Deg..

Hari Selasa pagi pun saya mencoba lagi. Berharap ada perubahan kondisi blog catcilku. Tapi apa daya, blog catcilku masih dalam kondisi yang sama dengan hari Senin. Begitu pula dengan web milik penyedia jasa hosting. Keresahan makin menjadi. Saya pun memutuskan untuk menghubungi pihak penyedia jasa hosting. Saya coba melalui aplikasi line juga sms, tapi tidak ada balasan. Hingga malam keadaan belum ada perubahan dan tidak ada informasi apapun.

Hari ketiga, tetap sama. Line dan sms saya masih belum mendapat jawaban. Masih berusaha untuk mengendalikan keresahan. Tentu tetap berusaha untuk mencoba mencari info ke penyedia jasa hosting. Kali ini dengan cara menelepon. Tapi sayang satu hari ini pun belum dapat menghubungi dari manapun. Kepanikan tingkat tinggi sudah mulai melanda. Liga blogger Indonesia musim kedua pun sudah mulai memasuki hari ketiga. Saya dengan blog catcilku belum juga membuat satu buah postingan pun.

Terpikir ingin meminta izin pihak panitia #LBI2014 untuk mengubah blog yang akan saya ikutkan dalam liga musim kedua ini. Tapi saya masih sangat penasaran kenapa dan ada apa dengan blog catcilku ini. Hari ini–Kamis–saya pun mencoba lagi. Menghubungi penyedia jasa melalui telepon. Alhamdulillah berhasil dihubungi. Saya pun mulai menanyakan nasib blog saya, yang ternyata pada hari keempat ini malah sudah terkena suspend.

Ternyata masalahnya adalah sewa saya di penyedia hosting telah habis dan harus diperpanjang. Sayangnya saya tidak mengetahuinya, karena tidak menerima pemberitahuan. Akhirnya masalah baru setengah terselesaikan, pihak hosting bersedia me-unsuspend blog saya. Walaupun belum menerima transferan uang dari saya, Alhamdulillah. Terima kasih ya.

Berdasar pengalaman dalam empat hari inilah, saya hendak mengajak anda untuk waspada. Terhadap hal-hal yang tidak terpikirkan bahkan kadang terlupakan seperti masalah hosting. Tentunya masalah ini akan melanda blogger yang menggunakan domain dan hosting berbayar sendiri. Pengalaman tentu sangat berharga untuk diambil pelajarannya. Terutama bagi saya sendiri dan anda, terlebih bagi yang sedang ikut lomba, kontes, liga dan lain-lain. Sayangkan kalau sudah mendaftar tapi gagal hanya karena masalah sederhana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>