Kesempatan Mendapatkan Pekerjaan Bagi Blogger

Sebagai seorang blogger, jujur saya mungkin salah satu dari sekian blogger yang jarang mendapatkan pekerjaan. Baik dari blog yang ini maupun blog yang gratisan di sebelah sana. Padahal blog gratisan itu sudah mendapatkan PR 3 dari google. Entah kenapa, saya masih belum menemukan jawaban yang pasti. Hanya mengira-ngira beberapa alternatif jawaban yang mungkin.

Pertama, yaitu saya memang jarang mengikuti acara kopdar antar blogger. Padahal dari ajang kopdar itulah biasanya informasi antar blogger akan mengalir. Baik untuk acara kopdar selanjutnya maupun informasi pekerjaan yang mungkin bisa dibagi antar teman blogger.  Kedua, sebagai blogger memang harus aktif bertanya bahkan meminta kepada teman blogger lainnya bila ingin mendapatkan pekerjaan. Pekerjaan bagi blogger tentunya tidak jauh-jauh dari menulis review tentang suatu produk atau tempat.

Kesempatan Mendapatkan Pekerjaan Bagi Blogger

Ya, saya mengakui memang masih pasif sebagai blogger. Baik untuk ikutan kopdar maupun bertanya atau meminta pekerjaan kepada sesama teman blogger. Untuk alasan pertama saya memang masih terbentur dengan waktu. Sementara untuk alasan kedua, yaitu meminta kepada teman. Saya merasa malu, sungkan, dan risih kalau untuk melakukannya. Jadilah saya hanya menunggu bola, bukan menjemput bola. Dengan sikap yang pasif sebenarnya menghambat untuk kesempatan mendapatkan pekerjaan bagi blogger. Tapi masing-masing diserahkan kembali kepada bloggernya, ingin seperti apa dalam menjalankan blognya.

Kesempatan mendapatkan pekerjaan bagi blogger, akhirnya saya dapatkan juga. Alhamdulillah pada bulan Oktober ada sebuah agensi iklan yang memberikan kesempatan dan menawarkan kepada saya. Berupa sebuah penawaran kerjasama menuliskan job review. Tentu saja penawaran tersebut tidak saya sia-siakan. Akhirnya ada juga yang melirik blog saya, batin saya girang dalam hati :D. Saya tetap bisa mempertahankan diri saya untuk tidak meminta-minta kepada siapapun.

Kesempatan kedua pun lebih dahsyat lagi, pada bulan November yang lalu. Saya mendapatkan kesempatan untuk menjadi person in charge (PIC) dalam penyelenggaraan sebuah acara yang berhubungan dengan para blogger. Tentu saja ini menjadi kesempatan besar dan tidak boleh disia-siakan. Kesempatan mendapatkan pekerjaan bagi blogger ini bisa menambah daftar pengalaman kerja di profile saya sebagai seorang blogger. Semoga juga ini dapat membuka kesempatan-kesempatan berikutnya untuk saya, agar dilirik oleh perusahaan lain. Tentunya dalam mengelola acara yang berkaitan dengan mengundang para blogger, maupun pekerjaan lainnya yang berhubungan dengan tulis menulis dan ngeblog.

Yang bisa saya catat dan simpulkan dari pengalaman sendiri agar berkesempatan mendapatkan pekerjaan bagi blogger. Menjadi seorang blogger haruslah tulus dan pantang menyerah. Niatkan dari awal kalau apa yang ditulis sesungguhnya untuk berbagi informasi dan manfaat. Kalaupun ingin mendapatkan penghasilan dari aktivitas ngeblog sah-sah saja. Namun buktikan terlebih dulu dengan tulisan-tulisan bermanfaat. Jangan pernah berharap untuk mendapatkan penghasilan, hanya dari satu dua tulisan saja. Ikutan kopdar untuk bertemu dengan blogger lain dan gabung komunitas tetaplah penting. Tujuannya tentu saja agar nama pribadi, blog, dan tulisan-tulisan di blog dikenali oleh orang lain.

10 thoughts on “Kesempatan Mendapatkan Pekerjaan Bagi Blogger

  1. Bener mbak, jangan pantang menyerah..niatin ngeblog memang untuk berbagi, Insya Allah rezeki akan datang sendiri..hehe

    terus, networking jgn lupa, karena itu penting, berteman dengan blogger2 yg suka dpt job review aktif jg di sosmed.

    Duh, kayak pakarnya aja aku ini..haha
    tp sesekali kita memang perlu mbak buat dateng kopdar.

  2. Tidak menutup kemungkinan memang kalau suatu hari nanti ada yang berminat dengan blog kita lalu kita bekerja deh sebagai bloggers pula. wiih..
    yang rajin update saja, berkualitas, dan bhay bhay hiatuss

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>