Kelahiran Bayi Lumba-lumba Di Ocean Dream Samudra

image

Menurut anda lumba-lumba makhluk sejenis apa? Ya betul, jika jawabannya adalah mamalia. Mungkin ada sebagian yang memberikan jawaban yang masih keliru dengan menganggap lumba-lumba adalah sejenis ikan. Lumba-lumba adalah mamalia, karena mengandung dan melahirkan bayinya seperti manusia.

Kalau manusia mengandung selama 9 bulan, tidak demikian dengan lumba-lumba. Waktu melahirkan bayinya setelah mengandung selama 13 bulan. Ya lebih lama dibandingkan manusia. Proses melahirkannya pun berbeda dengan mamalia lainnya. Anggota tubuh yang dikeluarkan terlebih dulu pada lumba-lumba adalah bagian ekornya. Proses tersebut dikenal dengan sebutan fluke.

Konfrensi pers di under water theater

Kelahiran Bayi Lumba-lumba Di Ocean Dream Samudra

Kamis, 8 Mei kemarin saya berkesempatan melihat bayi lumba-lumba yang baru saja dilahirkan. Tepatnya pada tanggal 28 Maret 2014 yang dilahirkan dengan proses alami. Bayi lumba-lumba yang sampai dengan hari Kamis kemarin belum juga diberi nama ini dalam kondisi yang cukup sehat. Dilahirkan secara alami maksudnya melalui perkawinan antara lumba-lumba betina bernama Puji dan jantan yang bernama Rio.

Kehamilan lumba-lumba selain secara alami bisa juga melalui inseminasi buatan. Keterbatasan teknologi serta biaya yang tidak memungkinkan konservasi Ocean Dream Samudra, Ancol untuk melakukannya. Alasan tersebutlah yang menyebabkan perkembangbiakan lumba-lumba di Ancol ini terkesan lambat. Terhitung sejak tahun 1974 hingga sekarang baru beberapa 6 kali berhasil membantu persalinan dari lumba-lumba. Kelahiran bayi lumba-lumba yang terakhir ini menambah anggota keluarga di konservasi Ocean Dream Samudra, Ancol menjadi 28 ekor.

Kelahiran bayi lumba-lumba

Ocean Dream Samudra yang awalnya bernama Gelanggang Samudra digagas pertama kali oleh Ali Sadikin. Yang mencita-citakan Indonesia agar memiliki sebuah konservasi untuk binatang laut. Mengingat Indonesia sendiri adalah negara maritim. Maka gagasan tersebut diwujudkan hingga berdirilah Gelanggang Samudra di Ancol. Merupakan kawasan rekreasi dengan konsep edutainment dan konversi ex-situ lumba-lumba (dolphinarium).

Pada awalnya konservasi Gelanggang Samudra mendapatkan lumba-lumba hasil kerjasama dengan pemerintah Hawaii. Yaitu lumba-lumba air laut dan lumba-lumba air tawar. Tapi dalam perjalanannya saat ini Ocean Dream Samudra hanya memelihara dan mengembangkan lumba-lumba air laut.

Layaknya bayi manusia, bayi lumba-lumba pun akan selalu sehat bila minum asi dari induknya. Tiga bulan pertama kondisi bayi lumba-lumba pun masih sangat lemah dan butuh perhatian yang lebih dari sang induk. Bayi lumba-lumba pun perlu dikenalkan dengan makanan pendamping asi, yaitu dimulai pada bulan kesembilan.

Cara lumba-lumba memperkenalkan dan mengajarkan makan kepada bayinya adalah dengan cara memotongkan menjadi kecil ikan-ikan yang tersedia, seperti ikan kembung dan ikan layang. Lumba-lumba betina siap untuk dikawinkan saat umurnya antar 7-8 tahun. Kalau menurut umur manusia, kurang lebih umur antara 16-17 tahun.

Pada hari yang sama juga di perkenalkan untuk pertama kalinya dua buah kartu keanggotaan. Yaitu Dolphi Club untuk kartu anggotaan masuk Ocean Dream Samudra dan Doki Card untuk kartu keanggotaan masuk Atlantis Water Adventure. Hanya dengan membayar Rp. 120.000 untuk masing-masing kartu keanggotaan. Dengan Dolphi Club dan Doki Card anda dapat menikmati setiap fasilitas hiburan serta petualangan bawah air yang seru, menantang, dan mendidik.

image

Anda juga dapat membaca liputan saya sebelumnya. Pada postingan tentang petualangan di ice age arctic adventure yang berada di dufan.

6 thoughts on “Kelahiran Bayi Lumba-lumba Di Ocean Dream Samudra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>