Karangan Bunga Duka Cita Perlukah?

Karangan Bunga Duka Cita Perlukah?

Apa yang sempat terpikir oleh anda saat melihat sebuah karangan bunga besar di depan sebuah rumah? Anda mungkin akan menjawab, ya tergantung apa jenis bunganya atau ucapan yang terdapat di dalamnya.

Karangan bunga duka citaBisa sebuah ucapan selamat (berita bahagia) atau ucapan belasungkawa (berita duka cita). Memang karangan bunga akan tergantung dari bunga yang disusunnya dan apa kalimat yang dituliskan di dalamnya. Ada yang menganggap menerima karangan bunga penting ada yang sebaliknya.

Dari karangan bunga duka cita yang terpajang akan terlihat kehebatan (prestige) seseorang atau sebuah perusahaan. Semakin banyak karangan bunga yang terpajang di depan rumah akan semakin tinggi sebuah pengakuan terhadap orang yang menerima karangan bunga tersebut. Tapi betulkah seperti itu? Silahkan anda jawab sendiri :)

Kali ini saya hanya ingin membahas tentang karangan bunga duka cita. Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi saat ayah mertua pada bulan 28 April yang lalu meninggal dunia. Kalau menurut saya dan keluarga sih tidak penting dengan adanya karangan bunga. Alasannya karangan bunga itu tidak bermanfaat. Bahkan cenderung menjadi mubazir setelah beberapa hari.

Bisa jadi pula dari karangan bunga yang bertumpuk itu akan menimbulkan masalah baru bagi keluarga yang menerimanya. Masalah bagaimana karangan bunga yang menumpuk itu dibuang. Tentunya harus mengeluarkan dana lagi untuk membuang karangan bunga tersebut.

Mubazir karena bunga itu akan layu dan tidak dapat digunakan, hanya akan memenuhi halaman depan rumah saja. Yang tidak lain akhirnya menjadi sebuah sampah belaka. Mungkin akan lebih bermanfaat kalau ucapan belasungkawa dapat diwujudkan dalam bentuk lain. Selain karangan bunga duka cita tentunya.

Uang, ya saya langsung menyebutkan dengan uang. Karena uang jauh lebih bermanfaat bagi si penerima. Bisa saja keluarga yang ditinggalkan adalah dari keluarga yang tidak mampu. Kebetulan orang yang meninggal adalah salah satu karyawan dari sebuah perusahaan yang begitu memperhatikan seluruh karyawannya. Tidak peduli apa kedudukannya pasti akan dikirimi karangan bunga duka cita.

Nah, akan sangat bermanfaat sekali bentuk ucapan duka cita diberikan dalam bentuk uang. Karena uang dapat digunakan sebagai kebutuhan bagi si ahli waris yang ditinggalkan oleh keluarganya. Entah itu untuk mengurus mayat hingga dikubur, menyewa ambulan, membantu membayar kekurangan biaya pengobatan, dan sebagainya.

Memang bagi perusahaan tidak akan terlihat oleh pihak lain apabila memberikan dalam bentuk uang. Tidak seperti karangan bunga duka cita yang dapat terpampang nama perusahaan. Jadi, bukankah bentuk uang lebih membantu dan bermanfaat?

Tapi lagi-lagi, tergantung kepada niat awal, apakah ingin membantu atau ingin terlihat hebat saja. Bila tetap ingin memberikan karangan bunga duka cita ya silahkan saja tapi kalau ingin membantu dalam bentuk lain silahkan juga. Demikian postingan kali ini, hanya ingin berbagi saja mudah-mudahan ada manfaatnya.

2 thoughts on “Karangan Bunga Duka Cita Perlukah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>