Jilbabku Hak Asasiku

Jilbabku Hak AsasikuJilbab, sepertinya akan tidak ada habisnya dibahas di negeri ini. Entahlah, seharusnya jilbab menjadi hak asasi bagi setiap muslimah (baca: wanita). Tapi selalu saja menjadi tema yang bisa dijadikan sebagai perdebatan. Kalau dikembalikan lagi ke asalnya yaitu hak asasi, maka seharusnya tidak ada lagi perdebatan.

Menjadi hak asasi karena itu menjadi satu dan melekat dalam agama. Agama sendiri merupakan hak asasi yang merupakan hak yang melekat pada setiap individu. Semenjak dia terlahir ke dunia dan berlaku seumur hidup. Tidak ada orang atau siapa pun yang berhak menggugatnya.

Anehnya jilbab sering menjadi perdebatan tersendiri. Bahkan sering terdengar masih saja ada pelarangan dalam penggunaannya. Atau yang teringan ada saja syarat yang mengiringi dalam penggunaan jilbab itu. Diantara syarat yang diberlakukan dalam penggunaan jilbab adalah:

  1. Dimasukkan ke dalam kerah baju
  2. Berukuran kecil hanya sebagai penutup kepala
  3. Tidak boleh menutupi dada

Jilbabku hak asasiku

Tentunya dengan persyaratan tersebut sangat tidak dapat dibenarkan. Juga bertentangan dengan hak asasi manusia tadi. Sekali lagi jilbab bukanlah sebuah atribut keagamaan. Tapi jilbab adalah bentuk ketaatan seorang hamba atas perintah Allah Swt.

Sedih rasanya kalau di negeri yang masyoritas penduduknya beragama Islam. Tapi masih saja ada pihak-pihak yang memperdebatkan hal ini. Tidak jarang pula sebagian orang yang mengaku beragama Islam pun memperdebatkan dan mendukung pelarangan dan persayaratan yang diberlakukan terhadap jilbab.

Kalau masing-masing pihak jujur dan sadar. Maka tidak ada lagi persyaratan dan pembatasan, bahkan pelarangan yang diberlakukan. Jilbabku hak asasiku.

 

 

 

4 thoughts on “Jilbabku Hak Asasiku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.