Jangan Pernah Menyamakan Dua Orang Yang Berbeda

Jangan Pernah Menyamakan Dua Orang Yang Berbeda

Sumber: bobo.kidnesia.com

Tidak ada satu makhluk di bumi ini yang sama, bahkan yang kembar identik sekali pun. Jadi jangan pernah senang bila ada orang yang bilang ke anda kalau anda mirip atau sama dengan orang lain. Kalau menurut saya itu sebuah perbuatan yang tidak menyenangkan, kalau sampai disama-samakan dengan orang lain. Apalagi kalau disama-samakannya sampai dilakukan berulang bahkan setiap hari. Contoh kalimatnya begini:

  1. Cin, kok sama sih sama dia mukanya
  2. Ega kok mirip banget sama Lira
  3. Eh, kembar ya kamu sama sapa tuh orang yang di sana
  4. Kamu adek kakak ya sama Wati

Duh, saya saat ini mengalaminya disama-samakan dengan orang lain. Serius, langsung kesel. Terlebih orang yang menyamakan saya dengan “orang lain” itu, langsung sok akrab. Padahal saya tidak kenal sama sekali dengan pria itu. Ada juga seolah-olah menganggap saya sama sikap dan sifatnya dengan “orang lain” itu.

Jangan Pernah Menyamakan Dua Orang Yang Berbeda

Mungkin kalau disamakan dengan “orang lain” yang lebih baik masih lumayan enak, tapi kalau kondisi sebaliknya. Rugi seribu persen deh. Postingan ini saya buat untuk mengingatkan saya sendiri dan mungkin anda yang mengunjungi blog ini. Jangan pernah menyamakan dua orang yang berbeda, seolah-olah sama atau mirip. Kalau pun sampai anda menemukan ada dua orang yang berbeda tapi terlihat sama atau mirip. Cukup dalam hati saja mengatakan sama atau miripnya. Alasannya berikut ini:

  1. Manusia diciptakan tidak ada yang sama: jadi kalau sampai disama-samakan kok rasanya seperti merendahkan Sang Pencipta. Yang sudah menciptakan seluruh makhluknya dengan kesempurnaan
  2. Kualitas setiap orang berbeda: sifat, kecerdasan, penampilan, gaya, dan kepribadian tiap orang pastinya beda. Jadi kalau yang kurang baik disamakan dengan yang baik tentu untung besar, tapi kalau sebaliknya tentu akan rugi besar. Setidaknya akan timbul rasa tidak nyaman
  3. Menjadi sebuah penghinaan atau ejekan kalau disamakan dengan orang lain: ini berlaku kalau anda langsung sok kenal dan sok akrab dengan orang yang anda samakan dengan “orang lain”.

Jadi jangan pernah menyamakan dua orang yang berbeda. Apalagi kalau sampai langsung sok kenal sok akrab. Kalau sampai anda berani menyamakan orang, hati-hati saja kalau sampai dimarahi oleh orang yang anda sama-samakan tersebut. Mulai sekarang, lihat lebih teliti orang yang ingin anda samakan tersebut. Awali dari wajah, penampilan, gaya bicara, cara jalan, dan sebagainya. Sudah sangat jelas, pasti anda tidak akan menemukan hal yang sama. Pada dua orang yang memang jelas-jelas berbeda.

Sampai detik ini saya masih cukup sabar dengan orang yang menyama-nyamakan saya dengan “orang lain”. Yang saya lakukan hanya memasang muka sangat tidak bersahabat dengan orang itu. Tapi kalau sampai ada yang berani kurang ajar, baik perkataan dan sikapnya kepada saya. Tentu saja saya akan bertindak. Semoga tidak akan terjadi.

2 thoughts on “Jangan Pernah Menyamakan Dua Orang Yang Berbeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>