Jalan-Jalan Ke Taman Wisata Lebah

Taman wisata lebah

Lebaran selain untuk kesempatan silaturahmi dan saling berkunjung ke sanak saudara, juga untuk jalan-jalan.

Kebetulan libur lebaran kali ini cukup panjang. Jadi bagi keluarga yang tidak mudik seperti kami, pastinya liburan lebaran dijadikan kesempatan untuk jalan-jalan.

Kamis siang, tanggal 31 Juli 2014 kami pun pergi, rencananya sih masih ingin bersilaturahmi ke tempat saudara di Bekasi. Kami ambil rute lewat Kalimalang, karena ingin mengurus kartu perdana yang hangus masa aktifnya. Selesai urusan kartu perdana, ternyata suami sudah menghubungi saudaranya yang ingin dikunjungi. Tapi ternyata orang yang akan dikunjungi seang jalan-jalan dan tidak ada di rumah.

Akhirnya kami pun memutuskan untuk jalan-jalan juga. Sudah masuk waktu Dzuhur saat kami meninggalkan Kalimalang menuju Jambore. Tiba di Jambore kami pun langsung menuju masjid yang ada di dalam kawasan Jambore. Tidak banyak yang dilakukan di Jambore, selain hanya naik delman. Itu pun karena Kakak minta naik dan jalan-jalan menggunakan delman.

Jalan-Jalan Ke Taman Wisata Lebah

Akhirnya kami memutuskan untuk naik delman, dengan tarif sebesar 35 ribu rupiah. Selesai naik delman kami pun mampir ke taman wisata lebah. Taman Wisata Lebah yang letaknya berada di kawasan Jambore, Cibubur ini menarik untuk dikunjungi. Gratis tanpa dipungut biaya. Baru kali ini kami berkesempatan masuk ke Taman Wisata Lebah. Karena selama ini hanya lewat-lewat saja. Padahal letaknya dekat dari rumah mertua yang letaknya di Pondok Ranggon.

Gazebo

Beruntung juga sih kami masuk ke Taman Wisata Lebah sekarang ini. Karena taman ini sudah memiliki goa-goa baru, yang pada tahun 2013 selesai di bangun. Jadi pemandangannya tidak membosankan seperti sebelumnya. Pertama kali memasuki taman ini akan disambut oleh 2 patung lebah besar. Yang satu lebah wanita menggunakan seragam pramuka sedang memegang bendera merah putih. Sementara patung yang satunya lagi lebah tanpa pakaian di sebelah kanan.

Selanjutnya akan ada pemandangan kotak-kotak rumah lebah di sekitar taman. Berapa jumlah rumah lebahnya sayang saya tidak sempat menghitungnya :D. Adem dan sejuk saat berada di dalam taman, mungkin karena banyak pohon-pohon besar. Sehingga menjadi payung besar bagi yang berada di bawahnya. Tidak ada hiburan selain ayunan dan perosotan untuk anak-anak.

Rumah lebah

Sebagai tempat wisata edukasi Taman Wisata Lebah ini layak untuk dikunjungi siapa saja. Terutama bagi anda yang ingin berlatih berternak lebah. Oh iya jangan sekali-kali anda membuka kotak-kotak yang berada di sekitar taman. Kalau berani anda harus siap mendapatkan sengatan dari lebah-lebah yang merasa terganggu di dalamnya.

Taman Wisata Lebah di Cibubur  ini juga cocok digunakan untuk acara kumpul-kumpul keluarga, arisan, resepsi pernikahan, dan sebagainya. Ada 3 goa yang dapat digunakan sebagai tempat kumpul dan ada gazebo yang dapat digunakan. Nama-nama goa tersebut diambil dari nama jenis lebah. Ketiga goa tersebut sebagai berikut:

1. Goa Apis Cerana
Goa apis cerana

2. Goa Apis Dorsata
Goa apis dorsata

3. Goa Apis Mellifera
Goa apis mellifera

Goa yang terakhir adalah nama lebah yang dibudidayakan oleh Taman Wisata Lebah, di Cibubur sebagai lebah madu. Bila anda ke taman ini sempatkan untuk berbelanja di tokonya atau terapi menggunakan sengatan lebah. Madu Pramuka adalah produk yang dijual di tempat ini. Namun jangan khawatir madu yang dijual adalah madu asli. Jadi selain untuk wisata dan belajar tentang lebah anda juga dapat berbelanja madu.

Toko madu pramuka

5 thoughts on “Jalan-Jalan Ke Taman Wisata Lebah

  1. Sepertinya asik banget tempatnya.. Saya cuma bisa lihat di teve aja kalau masalah pengembang biakan lebah.. Kalau di sini sihh lebahnya asli liar2. Sakitnya keterlaluan kalau sudah kena sengatan lebah.. XD

    • Lebah yang keluar sedikit dan hanya disekitar rumahnya saja. Kalau keluar semua lebahnya, pengunjungnya bakal takut diantup/sengat 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>