Ini Jariku Mana Jarimu

SelfingerPostingan ini rencananya akan saya buat pada tanggal 9 April malam atau 10 April. Tapi sayangnya blog ini mengalami kendala, dikarenakan hosting tempat saya menyewa tempat sedang melakukan maintenance.

Jadilah saya tidak berhasil membuat postingan sesuai tanggal yang saya harapkan. Baru sekarang saya membuatnya, daripada sayang tidak jadi dituliskan.

Berawal dari sebuah twit seorang teman tanggal 8 April, sehari sebelum hari pencoblosan. Isinya berbunyi “besok selfinger ah :D.” Yuhuy ini jariku mana jarimu sepertinya akan menjadi topik yang hangat dan ramai dibicarakan.

Akhirnya saya pun merencanakan pada keesokan harinya akan mengambil foto. Tentang kegiatan seputar pencoblosan kalau bisa sih dari beberapa TPS.

Rencana saya ternyata terbantu dan terwujud. Sebab di depan rumah saya dijadikan tempat pencoblosan. Tepatnya di halaman rumah milik Bu RW, karena kebetulan yang menjabat RW adalah ibu-ibu. Ada 2 buah TPS yang dibuat, keduanya berada di halaman milik Bu RW. Yaitu TPS 53 dan TPS 54.

Tempat pemungutan suara

Persiapan sudah dimulai sejak tanggal 7 April, dimulai dari pemasangan tenda biru di depan rumah Bu RW dan rumah saya. Kesibukan makin bertambah sejak tanggal 8 sore jelang malam. Kotak suara baru di antar dari kelurahan sepertinya dengan mengunakan mobil.

Kehebohan pun terjadi pada diri saya, sudah sejak pagi bersiap-siap untuk mengintip kesibukan di kedua TPS yang bersebelahan itu. Ternyata kesibukan sudah mulai sejak pukul 6 pagi lebih. Mulai dari menata kursi, meja dan mempersiapkan kotak suara. Serta papan pengumuman yang berisi nama-nama partai beserta caleg dari masing-masing partai. Tidak ketinggalan pula daftar nama para pencoblos.

Antrian pencoblosMendekati pukul 7 pagi para panitia pencoblosan sudah bersiap-siap untuk menerima tamu. Tamunya tentu saja para calon pencoblos pada pemilu 2014. Tepat pada pukul 7 pagi para calon pencoblos sudah mulai berdatangan. Satu demi satu, mereka membawa surat pemberitahuan pemungutan suara kepada pemilih (model C-6).

Kemudian model C-6 tersebut diserahkan ke meja pendaftaran untuk didata dan diberikan nomor antrian. Nantinya akan dipanggil untuk mulai melakukan pencoblosan memilih secara rahasia. Pencoblosan sendiri dilakukan di dalam bilik-bilik suara yang telah disediakan. Kalau menurut saya bukan bilik ya, karena wajah dan kaki masih terlihat. Bahkan pencoblos disebelah sepertinya bisa mengintip apa yang kita coblos :D.

Memasukan surat suara ke kotak suaraSelanjutnya kertas suara yang telah dicoblos dimasukkan kedalam kotak-kotak suara. Nantinya setelah seluruh pencoblos sudah menggunakan hak pilihnya. Kertas-kertas suara tersebut akan dihitung untuk menentukan partai mana yang akan menjadi pemenang dalam pemilu tahun 2014.

Ini Jariku Mana Jarimu

Untuk menghindari pencoblos menyalahgunakan hak pilihnya, maka diharuskan untuk mencelupkan jari ke tinta. Nah pencelupan jari ke tinta yang menjadi bukti kita telah menggunakan hak pilih ini kemudian menjadi ramai di twitter dan social media. Dengan hastag #IniJarikuManaJarimu.

Ini jariku mana jarimuTidak mau ketinggalan saya pun menjawab tantangan teman-teman di twitter. Melakuan–selfinger–foto jari sendiri, untuk kemudian diunggah ke social media. Menggunakan hastag ini jariku mana jarimu, twit saya pun dimention dan dijawab oleh beberapa teman. Kegiatan selfinger ini jariku mana jarimu, ramai dilakukan warga. Lumayan untuk mencairkan ketegangan dan buat senang-senang.

Bahkan beberapa toko dan perusahaan publik melakukan promo kepada para pencoblos. Dengan memberikan potongan harga kepada para pencoblos yang dapat menunjukan jarinya yang telah terkena tinta biru.

5 thoughts on “Ini Jariku Mana Jarimu

  1. memang benar sich..salah efek yang ditimbulkan oleh game adalah stress. jadi bukan cuma kesenangan..tapi stress juga bisa timbul..apalagi kalo tidak bisa menuntaskan game-nya..alias kalah terus….keep happy blogging always…salam dari Makassar :-)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>