Pentas Seni Indonesia Firdaus di Khatulistiwa oleh SIT Permata Bunda di Jakarta

Alhamdulillah selesai sudah rangkaian acara pelepasan siswa siswi SIT Permata Bunda tahun ajaran 2018/2019. Bertempat di gelanggang remaja kecamatan Matraman atau yang lebih dikenal dengan balai rakyat. Acara yang bertepatan dengan hari pendidikan nasional 2 Mei ini dimulai pada pukul 09 pagi dan selesai pada pukul 12 lewat siang.

Secara keseluruhan acara pelepasan siswa siswi SIT Permata Bunda di Jakarta kurang lebihnya berlangsung sukses. Alhamdulillah dari awal hingga akhir acara tidak ada kejadian yang tidak diharapkan. Acara pelepasan ini dimeriahkan dengan pentas seni. Saya ikut hadir dan menonton pentas seni yang ditampilkan oleh siswa siswi SIT Permata Bunda Jakarta. Karena menunggui nona dan gadis kecil yang ikut dalam pentas seni. Hanya saja pada kesempatan kali ini–kami–orang tua pengisi acara pentas seni tidak mendapatkan undangan seperti tahun lalu.

Undangan pelepasan pelepasan siswa siswi SIT Permata Bunda tahun kedua

Sekolah Islam Terpadu (SIT) Permata Bunda memiliki 2 lokasi sekolah. Pertama ada di Jakarta sebagai pusatnya. Lokasi kedua yang merupakan cabang ada di Ciawi, Bogor. Jenjang pendidikan yang dikelola oleh SIT Permata Bunda dimulai dari tingkat playgroup, taman kanak-kanak (TKIT) hingga sekolah dasar (SDIT). Tahun 2019 merupakan tahun kedua SIT Permata Bunda di Jakarta meluluskan siswa siswinya kelas 6. Ikut senang menjadi bagian keluarga besar SIT Permata Bunda di Jakarta. Sehingga sedikit banyak mendapat kesempatan untuk melihat dan mengetahui perjalanan dari sekolah ini.

Berbeda dengan tahun lalu dan tidak seperti kebanyakan sekolah umum, yang menggunakan nama perpisahan. SIT Permata Bunda di Jakarta menamakan acara kelulusan untuk muridnya dengan pelepasan. Pastinya pihak manajemen memiliki alasan tersendiri dalam menggunakan nama pelepasan daripada perpisahan.

Sejak tahun lalu acara pelepasan siswa siswi SIT Permata Bunda di Jakarta diisi dengan pentas seni. Yang menggabungkan kegiatan pelepasannya, mulai tingkat playgroup sampai SD. Kelulusan pada tahun ini merupakan yang kedua dengan kelulusan 100% di SDIT Permata Bunda, Jakarta. Lulusan untuk tahun 2018/2019 siswa siswi SDIT Permata Bunda di Jakarta berjumlah 36 anak. Sementara untuk playgroup dan TKIT berjumlah 21 anak keseluruhan.

Indonesia Firdaus di Khatulistiwa oleh SIT Permata Bunda di Jakarta

Mengambil tema Indonesia firdaus di khatulistiwa untuk pentas seni yang ditampilkan pada acara pelepasan siswa siswi SIT Permata Bunda di Jakarta. Pengisi acara pentas seni adalah adik-adik kelas dari para wisudawan. Beberapa tarian ditampilkan oleh playgroup dan TK. Sementara adik-adik kelas 1 sampai 5 mengisi tarian, paduan suara, dan juga drama.

Dari keseluruhan acara pelepasan siswa siswi SIT Permata Bunda. Menurut saya ada 4 penampilan istimewa pentas seni Indonesia firdaus di khatulistiwa oleh SIT Permata Bunda di Jakarta, yaitu:

1. Tari Ratoh Jaroe menjadi bintang pada pentas seni Indonesia firdaus di khatulistiwa oleh SIT Permata Bunda di Jakarta. Penampilan dari siswi kelas 4 dan 5 pada ratoh jaroe mengundang para penonton untuk memberikan tepuk tangan yang meriah

Tari ratoh jaroe SDIT Permata Bunda

2. Pertama kalinya penampilan pembawa acara yang dilakukan oleh siswi kelas 3 bergantian dengan bu guru. Dengan suaranya yang cempreng membuat penonton yang mendengarnya tersenyum. Kreasi dari guru untuk melatih dan menampilkan pembawa acara cilik di acara pelepasan siswa siswi SIT Permata Bunda di Jakarta cukup kreatif. Terbukti menambah semarak pentas seni di acara pelepasan pada tahun kedua ini.

3. Pembacaan surat pendek (An-Naba’) dan menari dengan iringan lagu kun anta oleh anak berkebutuhan khusus. Merupakan siswa siswi gabungan dari kelas 1, 3, 4, dan 5

Penampilan anak berkebutuhan khusus SIT Permata Bunda Jakarta

4. Ucapan terima kasih oleh siswa siswi kepada ibu bapak gurunya. Diwakili oleh seorang siswi. Selain terima kasih ada pula doa kebaikan untuk para guru. Selama 6 tahun ini sudah membersamai dalam tumbuh kembang akademik merekaPara lulusan dan guru SDIT Permata Bunda Jakarta

Untuk kegiatan nomor 4 yang terakhir ini, mengundang suasana haru biru di dalam ruangan balai rakyat Matraman. Para ibu, guru dan orang tua murid tidak bisa membendung air matanya. Mungkin para bapak juga terharu untuk itu. Tapi sungkan dan tidak bisa menetes air mata di pentas seni Indonesia firdaus di khatulistiwa oleh SIT Permata Bunda di Jakarta

Usai sudah acara pelepasan siswa siswi SIT Permata Bunda di Jakarta. Setelah para siswa siswi yang lulus mengucapkan terima kasih dan jabat dan cium tangan takzim kepada para guru. Diikuti oleh para orang tua kepada guru.

Barokallah, buat seluruh siswa siswi SIT Permata Bunda di Jakarta yang saat ini sudah lulus. Semoga dapat mendapatkan ilmu yang lebih banyak lagi di tingkat selanjutnya. Kelak ilmu yang diperoleh dapat dimanfaatkan untuk kebaikan umat dan negeri Indonesia tercinta.

Direktur dan guru SDIT Permata Bunda Jakarta

Teruntuk para guru, terima kasih sudah mendermakan diri sebagai pendidik untuk membantu kami para orang tua. Dalam mendidik anak-anak, kelak dapat menjadi bekal bagi mereka. Saat menjadi penerus dan pemimpin untuk Indonesia.

Anda dapat membaca tulisan untuk acara pentas seni kelulusan SDIT Permata Bunda di Jakarta pada tahun 2018 yang lalu di link berikut ini.

One thought on “Pentas Seni Indonesia Firdaus di Khatulistiwa oleh SIT Permata Bunda di Jakarta

  1. Pingback: Pentas Seni Kelulusan SDIT Permata Bunda di Jakarta | Catatan KecilkuBlog Catcilku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>