Glamping di Mongolian Camp

Glamping apa sih artinya? Sebelumnya saya beri tahu terlebih dulu ya kepanjangannya dari glamping, yaitu glamorous camping. Jadi arti bebas glamping menurut saya kurang lebih kemping mewah. Kemping kok ada yang mewah, dari mananya bisa disebut mewah. Yang saya tahu dari dengar orang bercerita tentang kemping sepertinya tidak ada kesan kemewahan dalam kegiatan kemping. Di mana mewahnya saat kemping? Semua fasilitas yang biasa ada menyertai kita langsung tidak tersedia saat kemping. Kalau tidur yang biasanya berada di dalam rumah dan di atas Kasur yang empuk sementara saat kemping harus menggunakan tenda tanpa ada kasur. Biasanya makan sudah ada di meja makan (tentu ada proses membeli dan memasak terlebih dulu) sementara kemping makan seadanya. Begitu pula kegiatan MCK—mandi cuci kakus–dilakukan seadanya di sungai dan di alam terbuka.

Area The Highland Park Resort

Ada kemping ada glamping, mereka adalah sejenis tapi beda. Beda kemping dan glamping di mananya? Di harga dan di fasilitas tentunya. Bila glamping berarti anda seperti layaknya “kemping” namun dengan fasilitas yang sama seperti hotel atau penginapan. Ada kelasnya ada harga yang harus dibayarkan sesuai fasilitas yang ingin didapatkan. Hanya saja kalau di hotel atau penginapan berbentuk kamar seperti biasanya, sementara glamping kamar yang didapatkan berbentuk seperti tenda. Penasaran? Lanjut saja membacanya ya.

Seumur-umur saya memang belum pernah kemping, walau ingin sekali merasakan kemping itu seperti apa. Tapi apa boleh dikata sejak dulu tidak diizinkan oleh ibu. Demi bisa merasakan seperti apa rasanya kemping, saya langsung menjawab mau, waktu ditawari jalan-jalan eh glamping oleh saudara. Cuma waktu pertama kali dengar kata glamping, bingung juga dengan istilahnya. Tapi malas untuk tanya macam-macam atau cari info di google. Tunggu saja pas hari H nya dan abaikan rasa penasarannya untuk sementara waktu.

Baru kali ini saya jalan-jalan–untuk pergi glamping–bukan di akhir pekan (liburan), melainkan di hari Rabu dan Kamis pekan lalu tepatnya. Berhubung bukan hari libur dan waktunya anak-anak masih harus sekolah, jadi kami putuskan untuk berangkat siang hari yaitu sekitar pukul 11 siang. Berangkat setelah menjemput anak-anak dari sekolah setelah minta izin ke gurunya agar pulang lebih cepat daripada biasanya. Ssstt… jangan ditiru ya, mengajak anak pergi berlibur (jalan-jalan) bukan di hari libur :).

Posisi glamping yang dituju berada di kota yang bersebelahan dengan Jakarta. Tidak jauh–Bogor—dan tidak membutuhkan waktu yang lama di perjalanan, hanya satu setengah jam waktu tempuhnya bila menggunakan kendaraan pribadi. Entah karena bukan hari libur atau memang kondisi jalanan setiap harinya lengang seperti saat kami melakukan perjalanan. Alhamdulillah, kami tidak mengalami kemacetan sepanjang perjalanan, lancar. Oh iya kalaupun tidak menggunakan kendaraan pribadi, perjalanan menuju ketempat glamping yang terletak di kota Bogor ini bisa juga ditempuh menggunakan angkutan umum. Dari Jakarta anda bisa menggunakan kereta (commuter line) atau bus untuk sampai ke kota Bogor. Kemudian melanjutkan menggunakan angkutan nomor 03 Jurusan Bogor-Ciapus. Nanti anda akan diturunkan tepat di depan gerbang pintu masuknya.

Glamping di Mongolian Camp

Yup, akhirnya saya dan anak-anak bisa merasakan glamping di Mongolian Camp yang berada di The Highland Park Resort . Setelah menempuh perjalanan satu setengah jam ditemani oleh gerimis yang menyenangkan. Akhirnya sampai juga di highland park resort. Tepatnya area glamping ini berada di desa Ciapus, Bogor dekat dan searah dengan area Curug Nangka dan Curug Luhur. Saya masih akan membuat tulisan lainnya, tentang cerita di Curug Luhur. Tunggu saja ya akan segera tayang di blog catcilku ini.

Superior camp Apache campHawa sejuk dan dingin segera menyambut kedatangan kami yang ingin glamping di Mongolian Camp. Sangat berbeda dengan di Jakarta yang panas. Selesai check in, kami langsung diantar ke kamar dengan menggunakan golf car menuju tenda kami di Mongolian Camp. Pertama kalinya sampai di area camp terasa sekali ada sesuatu yang beda dibandingkan dengan hotel atau penginapan lainnya. Rasanya seperti kemping sesungguhnya, ada tendanya dan berada di alam dekat dengan kaki gunung. Selama glamping di The Highland Park Resort-Mongolian pemandangannya segar dan sejuk, yaitu Gunung Salak. Di pagi hari dapat melihat kabut tebal yang menyelimuti gunung lalu berangsur-angsur menghilang tertiup oleh angin.

Ada dekat gunung yang berkabut tentu saja membuat hawa dingin menembus kulit, terlebih bagi anda yang tidak kuat dengan hawa dingin. Tapi jangan khawatir, fasilitas glamping dapat anda manfaatkan seperti air hangat bila ingin membersihkan badan. Glamping sangat cocok bagi anda yang ingin berbulan madu pertama atau hanya sekedar ingin berlibur dan melepas lelah bersama keluarga. Anak-anak pasti akan betah berlama-lama glamping di The Highland Park Resort-Mongolian Camp. Karena mereka dapat memanfaatkan kolam renang serta area bermain yang disediakan. Sayangnya kolam renang masih belum dikemas dengan apik. Mungkin kalau sedikit ada perbaikan akan menambah daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Selain untuk tempat berlibur glamping di The Highland Park Resort-Mongolian Camp juga cocok untuk acara kantor seperti rapat, family gathering, atau capacity building.

Taman bunga Gazebo Area menembak Area bermain untuk anak Tree house camp

Beberapa fasilitas yang disediakan untuk para pengunjung glamping diantaranya tempat bermain untuk anak yang bersebelahan dengan kandang rusa dan aneka burung. Kolam renang, area untuk flying fox, area menembak, game station, mini golf, dan area untuk berkuda. Bagi anda yang hobi mancing juga dapat menyalurkannya di area fun fishing atau hanya sekedar melihat-lihat taman bunga. Dengan area seluas 11 ha, The Highland Park Resort-Mongolian Camp cukup layak untuk anda jadikan pilihan berglamping ria bersama keluarga atau teman-teman. Apalagi secara keseluruhan di tempat glamping ini ada 85 glamping yang disediakan, diantaranya tree house dan apace camp. Termasuk juga ada barak yang dapat digunakan untuk 20 orang dalam satu tenda.

Untuk anda yang tidak kuat hawa dingin siap-siap bawa jaket ya, karena dingiiiiin kalau malam hari. Tidur dalam tenda mewah di The Highland Park Resort-Mongolian Camp terasa seperti kemping beneran. Gimana tidak suara angin yang kencang yang kencang terdengar sepanjang malam. Terlebih selama kami glamping hujan turun–sejak menginjakkan kaki di mongolian camp–alhamdulillah tidak deras.

Bagaimana tertarik untuk kemping mewah bersama keluarga?

4 thoughts on “Glamping di Mongolian Camp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>