Catcil

Gimana Sih Caranya Jadi Pendonor Darah?

syarat donor

Gimana sih caranya jadi pendonor darah?

Alhamdulillah anda sudah tergugah menjadi pendonor darah. Caranya jadi pendonor darah tidak sulit kok. Tidak ada syarat yang memberatkan, kecuali anda harus berbadan sehat.

Bila saat ini anda berusia 17-60 tahun dengan berat badan minimal 45 kg, sudah bisa menjadi pendonor darah.

Iya dong gimana mau dikeluarin darahnya kalau anda sendiri sedang sakit. Nanti malah anda yang masuk rumah sakit. Sst… tidak semua orang dapat menjadi pendonor darah lho. Alasannya bisa jadi karena tidak mau, tidak tahu, tidak bisa, dan takut. Jadi menurut saya para pendonor darah adalah orang-orang istimewa.

Istimewa karena dengan kesadaran dirinya sendiri untuk membantu sesama yang membutuhkan. Perlu diingat: setetes darah yang anda donorkan dapat menyelamatkan satu nyawa.

Sekarang gimana sih caranya jadi pendonor darah? Persiapkan diri agar kondisi tubuh dalam keadaan bugar dan sehat. Sebaiknya tidur dan makan 3-4 jam sebelum mendonorkan darah. Jangan lupa perbanyak minum, minimal 3 gelas sebelum donor. Oh iya ini penting, jangan sampai donor dalam keadaan perut yang kosong ya. Saya pernah melakukannya dan akibatnya, anda bisa baca di postingan yang lalu di sini.

tensi Gol Darah

Kalau syarat di atas anda sudah penuhi, langsung saja anda datangi kantor PMI atau mobil-mobil yang disediakan untuk donor darah. Lakukan pendaftaran, dengan sebelumnya mengisi formulir. Yang berisikan sedikit pertanyaan tentang kemungkinan beberapa penyakit menular yang pernah diderita. Dari formulir inilah seleksi awal dilakukan. Agar darah yang akan diproses hingga siap didonorkan memang darah yang sehat.

Setelah mengisi formulir anda akan didata selanjutnya akan diberi nomor antrian. Saat pendataan inilah akan tercatat riwayat donor. Sejak awal pertama kali mendonor hingga yang terakhir kalinya. Sudah berapa kali anda mendonorkan darah juga akan tercatat dengan baik. Saat nomor antrian anda dipanggil maka akan dilakukan pengecekan tekanan darah (ditensi). Selanjutnya harus menyiapkan satu ujung jari. Untuk diambil sedikit darah, guna dicek hb dan golongan darahnya.

Ruangan donor darah

Saat dicek tensi dan hb, banyak juga calon pendonor yang gagal. Penyebabnya tensi darah yang rendah atau terlalu tinggi. Kalau di sini lolos, anda akan diwawancarai oleh dokter tentang riwayat kesehatan. Setelah rangkaian “tes seleksi” tadi berhasil dilalui, maka tibalah saatnya. Anda untuk diambil darahnya untuk didonorkan. Jumlahnya bisa 250 atau 350 cc tergantung dari berat badan pendonor.

Sebisa mungkin lakukan donor darah secara rutin, dengan interval 3 bulan sekali. Tapi bagi anda yang wanita terkadang melakukan donor darah secara rutin akan sulit. Alasannya para wanita sudah keluar darah saat haid. Terkadang kondisi tersebut mempengaruhi kondisi tubuh dan hemoglobin. Akhirnya saat pemeriksaan hb darah di awal akan ditolak.

27 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.