Gerebek Halal Bersama Halal Corner Di Sushi Miya8i

Logo halal cornerAhad kemarin saya sempat ikut acara Gerebek Halal Bersama Halal Corner Di Sushi Miya8i. Kegiatan ini digagas oleh komunitas Halal Corner. Gerebek halal sendiri adalah kegiatan yang pertama kalinya dilakukan oleh sebuah komunitas kepada sebuah restoran atau rumah makan atau perusahaan.

Sebelumnya mari saya perkenalkan terlebih dulu apa itu Halal Corner dan Gerebek Halal. Halal Corner adalah sebuah komunitas yang peduli dan berusaha mengedukasi masyarakat berbagai hal tentang halal. Berbasis dari akun twitter yang bisa anda lihat time line dan follow di @halalcorner.

Halal corner yang digagas oleh Aisha Maharani ini, mengedukasi masyarakat tidak hanya dari sosial media (twitter dan facebook). Tapi juga melakukan kegiatannya secara offline di dunia nyata. Langsung terjun ke tengah-tengah masyarakat. Tujuannya hanya satu, yaitu agar masyarakat lebih peduli lagi tentang kehalalan yang masuk ke tubuhnya.

Gerebek Halal Bersama Halal Corner Di Sushi Miya8i

Sementara Gerebek Halal adalah salah satu program kegiatan yang dilakukan oleh Halal Corner. Yang tujuannya adalah:
1. Silaturahim dengan produsen kuliner yang sudah miliki serifikat halal MUI dengan komunitas Halal Corner
2. Memperkenalkan produk halal kepada masyarakat Indonesia
3. Edukasi halal kepada masyarakat Indonesia utk memilih kuliner halal.

Restoran halal pertama yang beruntung untuk diGerebek Halal oleh komunitas Halal Corner adalah restoran Jepang Sushi Miya8i. Yang beralamat di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Alhamdulillah, Gerebek Halal Bersama Halal Corner Di Sushi Miya8i yang pertama kalinya ini berhasil diliput oleh beberapa media Islam. Diharapkan gaung atas kegiatan Gerebek Halal ini akan lebih terasa dan menjangkau luas masyarakat.

Komunitas Halal Corner dengan pemilik Sushi Miya8iRestoran Sushi Miya8i sendiri murni kepemilikannya oleh orang Indonesia. Baru tahu juga ternyata pemiliknya adalah para artis. Para artis yang telah memiliki pemahaman akan pentingnya menyajikan makanan halal. Nama yang dipilih adalah Sushi Miya8i tidak ada maksud apa-apa. Selain hanya untuk menarik perhatian saja. Sepertinya ini memang murni dilakukan oleh banyak pengusaha. Jadi jangan salah sangka dan mengkait-kaitkan dengan hal yang buruk.

 

Menurut marketingnya–mbak Usi–sendiri yang menjadi penghubung antara Halal Corner dan Sushi Miya8i. Mengatakan kalau miyabi dalam bahasa Jepang memiliki arti anggun dan mewah. Kalau anda perhatikan penulisan miyabi pada restoran Sushi Miya8i, ada yang berbeda. Huruf B pada miyabi diganti dengan angka 8. Makna dari angka 8 ini menunjukkan sebuah etos kerja yang tidak pernah terputus.

Pihak restoran Sushi Miya8i sendiri mengaku setelah memiliki sertifikat halal dari MUI pengunjungnya meningkat, terutama dari umat muslim dibandingkan sebelum memiliki sertifikat halal. Alasannya tentu bagi pencinta kuliner mengetahuinya kalau dalam masakan sushi akan sangat banyak bahan dan bumbu racikannya yang haram atau terpapar dengan barang yang haram. Kalau sudah berhubungan dengan barang haram, tentunya hukumnya jelas kalau tidak diperbolehkan dan haram untuk didekati, dipakai atau dimakan oleh umat muslim.

Saat pengurusan sertifikat halal di MUI walau memakan waktu tetap dijalani. Sebabnya agar Sushi Miya8i dapat memberikan makanan halal kepada masyarakat Indonesia. Selain itu juga agar para pemilik merasa aman akan pertanggung jawaban untuk menyajikan makanan di dunia dan akhiratnya kepada Allah Swt.

Sehingga semua saran dan masukan dari pihak MUI untuk menghilangkan beberapa menu dan bumbu yang haram diikuti. Restoran Sushi Miya8i tidak lagi mempergunakan dan menghilangkan dari menu yang dihidangkan sesuai saran dan masukan dari pihak MUI. Jadi bagi anda pencinta sushi, jangan lagi khawatir untuk makan di Sushi Miya8i karena semua makanan dan minumannya telah halal.

Gerebek Halal bersama Halal Corner ini memang baru yang pertama kalinya. Ke depannya kegiatan ini insyaallah akan terus dilakukan ke restoran atau rumah makan (pengusaha kuliner) yang ada di Indonesia. Semoga dapat menyadarkan banyak pihak utamanya kepada pengusaha kuliner untuk memberikan jaminan kehalalan atas produknya kepada masyarakat muslim di Indonesia. Begitu pula kepada umat muslim, agar sadar bahwa wajib hukumnya untuk mencari makanan dan minuman yang halal. Seperti yang pernah saya tuliskan juga di postingan ini kesadaran akan produk halal adalah keharusan.

 

 

 

 

 

3 thoughts on “Gerebek Halal Bersama Halal Corner Di Sushi Miya8i

  1. aku taunya ini usaha sushinya Tengku Wisnu nih… waktu itu dia diwawancara sama tabloid apa gitu terus dia cerita bahwa usaha dia selain main sinetron buka gerai sushi sama teman2nya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>