Diplomasi Yang Santun Dibutuhkan Dalam Menyelesaikan Konflik

Ternyata negara tetangga juga memiliki masalah sesama tetangganya yang lain. Etika pergaulan yang berlaku universal seharusnya mewajibkan saling hormat menghormati. Dengan begitu menjadi cara untuk ikut menjaga perdamaian dunia yang menjadi tujuan bersama negara-negara secara internasional.

Konflik antar negara sering terjadi, apabila terjadi salah paham dan kurangnya komunikasi diplomatik yang dilakukan. Sama halnya dengan hubungan personal, bila ada salah paham akan menimbulkan dan rawan konflik.

Menuju komunitas ASEAN 2015 diharapkan konflik yang saat ini masih terjadi seperti antara Singapura dengan Malaysia dapat diselesaikan dengan jalan diplomasi yang dilakukan kedua negara. Saling menghormati dan menghargai haruslah menjadi landasan utama dalam menyelesaikan konflik tersebut. Dengan begitu win win solution dapat dicapai.

Dengan komunitas ASEAN seharusnya tidak ada lagi kecurigaan dan konflik yang terjadi. Karena negara-negara yang tergabung dalam komunitas ASEAN bagaikan satu tubuh. Bila ada yang bahagian semua ikut merasakan, begitu sebaliknya bila ada satu bagian tubuh yang sakit maka anggota tubuh yang lain pun merasakab sakitnya.

Oleh karenanya saat ini Singapura dan Malaysia yang masih terdapat konflik segera menyelesaikannya dengan mencari solusi yang saling menyenangkan buat kedua belah pihak. Masing-masing negara pun seharusnya melibatkan seluruh warga negaranya dalam mencari solusi yang tepat dan saling menguntungkan. Pendapat dari warga negara juga ada baiknya untuk dijadikan pertimbangan dalam mengambil keputusan. Namun saat mengambil langkah awal harus sudah ditekankan bahwa keputusan yang akan diambil nantinya untuk kepentingan bersama dengan memperhatikan rasa saling menghormati dan menghargai.

Diplomasi yang santun dibutuhkan dalam menyelesaikan konflik. Dengan begitu baru bisa tercapai komunitas ASEAN yang kompak demi kemajuan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>