Daging Dan Kaki Sapi Untuk Lebaran 1435 H

Pasar Senen

Lebaran sebentar lagi, tinggal menunggu hari saja tergantung hilalnya sudah terlihat atau belum.

Diperkirakan sih lebarannya jatuh pada tanggal 28 Juli 2014. Kalau benar berarti hari ini adalah H-2 Lebaran. Seperti biasa rumah kami akan sangat sibuk. Tepatnya ibu saya sih yang sibuk untuk mempersiapkan makanan. Sebagai suguhan untuk saudara yang datang ke rumah.

Daging dan Kaki Sapi untuk Lebaran 1435 H

Sejak dua puluh tahunan lebih seingat saya, ibu selalu menyiapkan masakan yang sama dan khas saat lebaran. Yaitu soto kaki sapi. Nah untuk mempersiapkan soto kaki ini tentunya dibutuhkan 2 kaki sapi. Jadilah saya membantu membelikan daging dan kaki sapi untuk lebaran 1435 H di pasar. Kenapa harus dibeli sejak dua hari sebelum lebaran. Karena akan direbus lama dan berulang-ulang, supaya dagingnya menjadi empuk,

Adalah pasar Senen yang menjadi tujuan saya untuk membeli daging dan kaki sapi untuk lebaran 1435 H. Bingung tepatnya saat datang ke pasar ini, sebab ada perubahan. Terus terang setelah kejadian kebakaran pasar senen, baru kali ini saya berbelanja di sini. Pasar sementara yang menampung para pedagang yang kiosnya terbakar ini letaknya di bagian belakang. Jadilah saya harus bertanya lebih dulu, supaya tidak salah masuk pasar.

Pedagang ayam kampung

Saya langsung menuju los ayam kampung sebelum ke los daging sapi. Hari ini ayam kampung yang dijual ukurannya kecil-kecil, harga jual per ekornya mencapai Rp. 80.000,-. Begitu pula dengan mentok yang kebetulan sekali masih tersisa 2 ekor saja di penjual yang sama. Sementara di kios lainnya tidak ada yang menjual mentok. Mentok ukuran yang kecil juga dihargai sama dengan ayam kampungnya yaitu Rp. 80.000,-.

Selesai membeli ayam dan mentok saya pun menuju los daging sapi. Untuk menuju los daging sapi saya harus bertanya di mana letaknya, khawatir tersasar ke los daging babi. Sebab di pasar sementara ini los daging sapi letaknya terbuka dan berhadapan dengan los ayam kampung. Padahal sebelum terbakar los daging babi ini letaknya tertutup dan berada lebih nyempil.

Posisi los daging babi yang terbuka dan bercampur dengan los dagangan yang lain rupanya juga disesalkan oleh para pedagang. Terutama pedagang di los ayam kampung, karena menurut pedagang yang saya beli ayamnya. Air dari cuci dan bersihkan daging babi suka mengalir kemana-mana. Tentu saja sebagai seorang muslim, para pedagang ayam kampung merasakan jijik, selain sudah jelas kedudukannya yaitu HARAM.

Membeli Daging dan Kaki Sapi

Los daging sapi letaknya berada
lebih ke tengah dan cukup ramai pengunjung. Daging sapi merupakan salah satu komoditi yang laris dicari oleh pembeli jelang lebaran. Daging dan kaki sapi harganya tidak terpaut jauh. Bahkan di pedagang pertama yang saya datangi menawarkan 1 kaki sapi dengan harga Rp. 150.000,- dan diturunkan menjadi Rp. 130.000,-. Sementara haraga daging sapinya dihargai Rp. 120.000,-.

Pedagang kaki sapi

Sebagai seorang perempuan pastinya tidak afdol kalau tidak pakai tawar menawar. Makanya saya pun mendatangi pedagang kaki sapi yang kedua. Di pedagang ini saya mendapatkan sepasang kaki sapi yang berukuran panjang dan besar dengan harga yang cukup murah. Yaitu Rp. 100.000,- per kaki, alhamdulillah mendapatkan harga yang lebih murah.

Daging Sapi

Sementara pedagangnya sedang mengerah kulit/kikil dari tulang serta memotong tulang kaki. Saya mencari daging sapi untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Setelah menawar, saya pun mendapatkan harga Rp. 115.000,- per kilo daging. Hehe sebuah kepuasan tersendiri mendapatkan harga lebih murah Rp. 5000,- dari yang ditawarkan pedangan. Jadi hari ini saya berhasil mendapatkan daging dan kaki sapi untuk lebaran 1435 H lebih murah, Alhamdulillah.

Selesai berbelanja Daging dan kaki sapi, saya melanjutkan ingin membeli kelapa parut. Saat saya mendatangi pedagangnya ternyata antrian di kiosnya cukup banyak. Jadilah saya mengurungkan niat untuk membeli kelapa parut. Cerita tentang kelapa parut akan saya tuliskan dalam postingan tersendiri insyaallah.

Incoming search terms:

  • kaki sapi
  • harga ayam kampung pasar senen
  • jual kaki sapi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>