Cerdas Menjadi Pengguna Internet

Komentar di blog.png

Pengguna internet di Indonesia mungkin memang belum banyak. Dari pengguna internet yang ada itu pun beragam tingkat pendidikan dan pemahamannya. Walau demikian cerdas menjadi pengguna internet menjadi sebuah keharusan.

Blog sebagai sebuah media di dunia maya, yang saat ini kedudukannya diakui. Bahkan kalau boleh dibilang bisa menjadi rujukan sebagian pengguna internet. Dalam mencari informasi yang lebih dapat dipercaya.

Alasannya tentu saja karena blog diisi dengan informasi yang berasal dari pengalaman pribadi pemilik blognya (blogger). Tentu akan berbeda rasanya dibandingkan dengan informasi yang berasal hanya dari sebuah press conference. Ada bumbu-bumbu emosi yang terlibat di dalam penulisan sebuah blog. Jadi sebagai blogger memang harus bisa mengakomodir semua pembaca blognya.

Perlunya cerdas menjadi pengguna internet, karena dari pengguna internet yang senang mengunjungi blog untuk mendapatkan informasi. Ternyata tidak semuanya paham dengan apa itu blog dan blogger. Bahkan terkadang tidak paham bahwa yang dituliskan dalam blog adalah sebuah pengalaman menggunakan sesuatu atau mengunjungi sesuatu. Bukan pemilik dari sesuatu atau pelaku. Kalimatnya kok jadi bikin bingung gini ya.

Mungkin kalau ada contoh lebih gampang. Pernah saya membuat sebuah postingan di blog dengan judul postingan belanja hewan peliharaan di pasar hewan Jatinegara. Alhamdulillah postingan itu berada di halaman pertama google. Pada postingan itu ada beberapa pengunjung yang meninggalkan komentar. Kebanyakan dari komentar yang ada bertanya. Isi pertanyaannya menganggap saya adalah salah satu penjual ataupun memang beraktivitas sehari-hari di pasar Jatinegara. Lucu juga waktu baca pertanyaan-pertanyaan yang ada di kolom komentar. Sekaligus bingung juga menjelaskannya kepada penanya.

Sore ini ada sebuah komentar yang masuk di postingan tersebut. Komentar terakhir inilah yang memberikan ide bagi saya untuk membuat postingan ini. Komentar yang masuk kali ini bisa dibilang mewakili perasaan saya. Isinya mengomentari para penanya lain. Yang mengajukan pertanyaan, yang saya anggap tidak tepat bila ditujukan kepada saya. Sebagai blogger yang membuat postingan, bukannya seorang pedagang yang berjualan.

Kesimpulannya tidak semua orang paham kalau blogger itu adalah penyampai informasi. Walau memang ada beberapa blogger yang juga seorang penjual. Sebagai pengguna internet sebaiknya harus lebih cerdas dalam membaca isi dari informasi yang diberikan. Baik itu dari media blog atau media utama lainnya. Sehingga kalau ingin berkomentar atau bertanya tepatnya tidak salah. Salam blogger 😀

2 thoughts on “Cerdas Menjadi Pengguna Internet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>