Cara Mudah Merebahkan Sapi Qurban Yang Ingin Disembelih

Hewan QurbankuHari raya Idul Adha sudah berberapa hari berlalu. Namun cerita-cerita dan pengalaman yang mungkin ada dan dialami oleh sebagian orang akan terus tersimpan dalam ingatan. Bulan Dzulhijah pun belum lah berganti menjadi bulan Muharram, masih tersisa beberapa hari lagi. Saat postingan ini dibuat yaitu sore hari Senin, tanggal masih menunjukan angka 24 di bulan Dzulhijah 1434H.

Jadi masih di bulan yang sama, kali ini saya ingin membuat postingan tentang bagaimana cara memperlakukan hewan qurban saat ingin disembelih. Mungkin tepatnya bagaimana memperlakukan hewan qurban untuk direbahkan (meminjam istilah yang digunakan oleh Daeng Mudzakkir. Dari beberapa kali saya menjadi panitia pemotongan hewan qurban. Sebagai panita konsumsi :D, masa wanita harus ikut memotong. Tidak mungkinlah, yang ada pingsan duluan saya. Saat melihat dari kejauhan para penjagal hewan qurban itu mempersiapkan hewan qurban untuk di posisi yang dirasa tepat untuk disembelih. Kok terlihat tidak memiliki rasa perikehewanan.

Terutama hewan qurban yang besar seperti sapi atau kerbau yang mendapat perlakuan kasar kalau boleh dibilang. Sapi atau kerbau ini diikat dan ditarik beberapa orang dengan kencang, bagaikan “dikeroyok”. Pengeroyokan itu tidak hanya menyakiti hewan qurbannya bahkan dapat mencelakakan si penjagal atau orang yang mengeroyok. Pernah ada kejadian saat menjadi panitia tiga tahun (seingat saya) yang lalu. Sampai ada kecelakaan dari pihak penjagalnya. Saat mengeroyok sapi untuk direbahkan, jempol si penjagal sampai putus. Karena mendapat perlawanan dari si sapi saat dikeroyok dan ditarik-tarik talinya.

Berdasarkan pengalaman tersebut dan atas dasar ijin dari pemiliknya, saya ingin membagikan sebuah video bagaimana cara mudah merebahkan sapi qurban yang ingin disembelih. Alasan saya ingin ikut menyebarkan video ini adalah, agar para penjagal, panitia penyembelihan qurban dapat belajar. Belajar memperlakukan hewan qurban yang ingin disembelih dengan perikehewanan. Para hewan itu juga memiliki perasaan sepertinya. Buktinya ada beberapa hewan qurban sampai mengeluarkan air mata, melawan atau brontak. Yang menandakan kalau mereka tidak nyaman atau mungkin ketakutan.

Semoga video di atas tersebut dapat membantu. Terima kasih buat Daeng Mudzakkir yang sudah memberikan ijin untuk menyebarkan videonya.

 

 

One thought on “Cara Mudah Merebahkan Sapi Qurban Yang Ingin Disembelih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>